uefau17.com

Resep Cilok Setan Asal Indonesia Viral di Malaysia, Tingkat Pedasnya Jadi Sorotan - Lifestyle

, Jakarta - Selayaknya orang Indonesia familiar dengan kuliner Malaysia, masyarakat Negeri Jiran juga mengenal cukup banyak sajian Nusantara. Sementara nasi padang, soto, dan bakso sudah lebih dulu akrab di lidah mereka, ada satu resep yang tengah viral, yakni cilok setan.

Melansir Says, Kamis, 13 Juni 2023, sebuah video yang viral di media sosial menampilkan pemilik akun TikTok bernama Norreen bersama asisten rumah tangganya menjabarkan resep cilok setan. Banyak orang yang terpukau dengan cara pembuatan cilok.

Namun, yang paling menarik perhatian adalah level kepedasan sambal yang dibuat. Setelah menyontek resep tersebut, banyak warganet mengaku berkeringat saat memakan jajanan kaki lima asal Bandung, Jawa Barat tersebut. Sebagai panduan, berikut resep cilok setan yang bisa Anda sontek:

Bahan-bahan:

Secukupnya air

2 siung bawang putih, cincang

2 sdm tepung tapioka (aci)

2 sdm tepung terigu

1 sdt garam

1 sdt kaldu ayam

20 gram daun bawang, cincang

500 gram daging ayam cincang

Bahan sambal setan:

2 siung bawang merah

2 buah cabai merah

6 buah cabai rawit

1 siung bawang putih, cincang

2 sdm saus sambal

 1 sdt kecap manis

1/2 sdt garam

1/2 sdt gula

 

Cara membuat cilok setan:

  1. Masukkan air ke dalam panci bersama bawang putih yang sudah dicincang. Masak sampai air mendidih, lalu matikan api dan sisihkan.
  2. Di wadah lain, masukkan tepung terigu, garam, tepung tapioka, daging ayam, daun bawang, dan kaldu, aduk rata. Bentuk adonan jadi bulat cukup kecil.
  3. Panaskan air, lalu masak cilok hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
  4. Buat sambal setan: ulek kasar bawang merah, cabai merah, cabai rawit, dan bawang putih.
  5. Panaskan minyak, lalu goreng bahan hingga harum.
  6. Bumbui dengan saus sambal, kecap manis, garam, dan gula. Koreksi rasa, lalu matikan api. Sajikan bersama cilok dengan cara dicocol atau diaduk rata.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengundang Berbagai Komentar

Video Norreen, yang sudah mencatat 2,7 juta penayangan, mengundang berbagai komentar. "Kalau di Indonesia ini namanya cilok mercon kak," kata salah satu warganet yang sepertinya berasal dari Indonesia. "Makanan Indo pedas-pedas," sahut pengguna lain.

"Penasaran sepedes apa. Tapi kalo dibikin sendiri, kayaknya bisa disesuaiin mau sepedes apa," tulis seseorang. "Saya kayaknya harus sedia susu kalo makan ini. Pasti enak, tapi pasti juga pedes," timpal pengguna berbeda.

Tidak hanya jajanan Indonesia yang mengejutkan warga Malaysia, tren sebaliknya sempat terjadi jelang Lebaran tahun ini. "Penistaan croissant belum berenti juga. Sekarang ada yang namanya CROIPAT = Croissant Ketupat 👏👏👏," begitulah bunyi komentar viral di X, dulunya Twitter, terkait kreasi jajanan yang akhirnya menuai pro kontra warganet.

Beberapa menganggap penganan yang dirilis jelang momen Lebaran 2024 ini "lucu" dan "menarik dicoba." Dari mana sebenarnya asal kreasi pastry tersebut? Melansir Says, 2 April 2024, croipat merupakan kreasi sebuah toko roti Malaysia bernama Olios Home Cafe. 

 

3 dari 4 halaman

Kreasi Ketupat nan Unik

Bisnis yang berlokasi di Sungai Buloh, Selangor ini sukses menarik perhatian karena kreativitas kue Raya mereka. Kulit kue yang dibuat dengan adonan ala croissant seolah ditenun menyerupai ketupat, dengan pinggiran berwarna hijau dan diisi rendang daging sapi.

Menambahkan sentuhan berbeda dari koleksi kue Lebaran, setiap croipat dijual seharga 14 ringgit (sekitar Rp47 ribu) per buah. Kafe ini juga menawarkan menu spesial Ramadan, termasuk kue Coco Cashew, Tart Nenas dengan selai buatan sendiri, Pistachio London, dan set parsel kue Lebaran. Selain croipat baru mereka, kafe ini terkenal dengan crombolonis, kombinasi croissant dan bombolonis.

Kue seharga 12 ringgit (sekitar Rp40 ribu) itu hadir dalam tiga isian berbeda: berry, cokelat, dan pistachio. Kafe itu juga menawarkan kue-kue lain, seperti butter croissants, cinnamon pecan caramel, double pain au chocolat, cream brûlée danish, Crombo Cookie (perpaduan antara cromboloni dan kue), serta berbagai pasta dan hidangan utama lain.

4 dari 4 halaman

Rombongan Tentara AS Borong Cilok

Sebelum Malaysia, rombongan Tentara Angkatan Darat Amerika Serikat sudah lebih dulu dibuat penasaran oleh cilok. Kejadian menggelitik ini diunggah akun Instagram @infokomando.official pada 10 Januari 2023.

"Mumpung ada di Indonesia borong cilok sebanyak-banyaknya. Tentara dari U.S. Army (25th ID) Angkatan Darat Amerika Serikat mengantri beli siomay dan batagor Bandung. Saking senangnya sampai ada yang mulutnya terisi penuh cilok," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Para tentara AS yang terlihat punya postur tubuh besar dan wajah garang ini terlihat senyum-senyum saat mengantre. Video itu juga menampilkan ekspresi kegirangan mereka saat berhasil memegang jajanan yang ditunggu. Tangan dan mulut mereka tampak penuh menikmati jajanan tersebut. 

Salah satu warganet berpendapat hal itu jadi cara TNI untuk memberi kesan positif bagi para tentara AS. "Terima kasih TNI telah membuat US. ARMY terkesan dengan Indonesia yg mungkin tidak mereka dapatkan pada saat latihan dengan negara lain. Darat, Laut & Udara TNI Jaya," komentar seorang pengguna.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat