uefau17.com

Pelajar SMK Jember Ditawari Beasiswa Usai Videonya Nyanyikan Lagu Mandarin Viral di China - Lifestyle

, Jakarta - Sebuah video di media sosial menarik perhatian karena memperlihatkan sejumlah pelajar di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menyanyikan lagu Mandarin. Usai video itu viral, beberapa pelajar yang ada di dalam video tersebut dikabarkan mendapatkan banyak tawaran beasiswa karena kemampuannya dalam berbahasa Mandarin.

Informasi itu salah satunya diketahui dari akun Instagram @balikpapan_pos pada Senin, 27 Mei 2024. Video itu menampilkan sejumlah pelajar yang secara fasih melantunkan lagu dari Bahasa Mandarin.

Terlihat tujuh siswa-siswi dan seorang guru menyanyikan lagu Mandarin secara bergantian. Lantunan suara merdu itu diketahui berasal dari para siswa-siswi dan guru dari SMK 1 Pancasila, Ambulu, Jember, Jawa Timur.

Bukan sekadar fasih melantunkan lagu dengan Bahasa Mandarin bak penyanyi asli dari China, mereka juga bernyanyi dengan suara yang indah dan merdu. Tak heran jika kemampuan mereka mendapat banyak pujian. 

Guru mata pelajaran Bahasa Mandarin, Sufa’ati, mengatakan anak didiknya tidak butuh waktu lama untuk belajar bahasa warga Tiongkok itu, termasuk mempelajari lagu-lagunya.

"Saya mengajarnya kelas 1, 2, 3 itu bersambung, jadi yang kelas 3 itu sudah mahir. Terus untuk menyanyi itu hanya butuh 2 jam. Anak-anak sudah pintar nyanyi, coba nyanyi lagu Mandarin, judulnya laoshi, saya beri kasih lagu ini lho, judulnya kamu cari di You Tube, coba dipelajari,” terangnya.

"Kemudian syairnya itu saya tulis, kemudian ini dihafalin, itu kira-kira 2 hari, setelah itu waktu take hanya 2 jam, jadi," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tawaran Kuliah di China

Video itu kemudian dibagikan ulang di berbagai akun media sosial lainnya, bahkan hingga viral ke negeri China. Itu pula yang membuat mereka ditawari beasiswa untuk kuliah di negara berjuluk Negeri Tirai Bambu itu.

Menurut Sufa’ati, mereka dapat tawaran belajar gratis di universitas di Guangzhou dan di Guangxi untuk program S-1. Tawaran beasiswa pendidikan itu telah melalui pembicaraan dengan pihak yayasan. Belum diketahui dengan pasti apakah tawaran beasiswa itu diterima itu tidak. Sontak saja aksi menyanyi para pelajar Jember yang viral itu pun sukses menarik perhatian warganet.

"Gw sbg keturunan chinese pas liat video ini lgsng tertampar.. casing doang chinese tp gk ngerti mandarin Kalian semua yg ada di video hebat loh!" komentar seorang warganet.

"Pleasee siapapun tolong like komenku mau balik lagi liat ibu gurunya nyanyiii," sahut yang lainnya.

"Lagu mandarin itu susah bgt lo artikulasi nya,” timpal warganet yang lain.

"Bisa dicoba ni nyanyi ini didepan koko penjual hp, siapa tau bisa dpt potongan diskon 70 %," canda warganet lain.

"100% buat gurunya. Guru yg bgs, menciptakan murid yg bagus jg,” ujar warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Bahasa Paling Unik di Dunia

Bahasa Mandarin termasuk salah satu bahasa yang paling unik di dunia, dengan karakteristik dan fitur menarik yang membedakannya dari bahasa-bahasa lain. Dirangkum dari berbagai sumber, Bahasa Mandarin menggunakan karakter Hanzi, yang merupakan karakter logografik yang mewakili kata-kata dan frasa.

Setiap karakter memiliki makna sendiri, dan ada ribuan karakter yang digunakan dalam bahasa Mandarin, diperkirakan lebih dari 10.000. Ini menjadikan bahasa ini unik dalam hal sistem penulisan.

Melansir dari kanal Regional , 28 Oktober 2024, Bahasa Mandarin adalah bahasa tonal, yang berarti bahwa arti kata dapat berubah tergantung pada nada atau intonasi pengucapannya. Terdapat empat nada dalam bahasa Mandarin, sehingga pengucapan dengan nada salah dapat mengubah arti kata secara drastis.

Bahasa Mandarin memiliki struktur kalimat yang berbeda dari banyak bahasa lain. Kalimat biasanya dibentuk dengan urutan subjek-predikat-objek, dan kata kerja tidak mengalami perubahan bentuk berdasarkan waktu atau aspek.

Sebaliknya, partikel dan konteks digunakan untuk menyampaikan informasi waktu. Untuk membantu pembelajaran bahasa Mandarin, pinyin digunakan, yaitu sistem romanisasi yang menggunakan huruf Latin untuk menuliskan pengucapan kata-kata Mandarin.

4 dari 4 halaman

Bahasa Mandarin Punya Banyak Ungkapan dan Peribahasa

Hal ini mempermudah pelajar bahasa asing dalam memahami pengucapan karakter Hanzi. Bahasa Mandarin memiliki jumlah kosakata yang sangat besar. Ini mencakup beragam kata-kata dan frasa untuk mengungkapkan konsep yang mungkin tidak ada pada bahasa-bahasa lain.

Bahasa Mandarin juga memiliki kaitan erat dengan budaya dan sejarah Tiongkok. Karakter Hanzi sering memiliki makna sejarah dan kultural yang dalam, yang membuatnya menjadi bagian integral dari identitas Tiongkok.

Bahasa Mandarin menggunakan karakter Hanzi yang kadang-kadang memiliki karakteristik simbolik atau ideografis, yakni karakter tersebut mencerminkan makna konseptual, seperti matahari atau bulan. Bahasa Mandarin memiliki banyak ungkapan dan peribahasa yang kaya maknanya, yang menggambarkan pemikiran, budaya, dan sejarah Tiongkok.

Inilah beberapa aspek keunikan bahasa Mandarin yang menjadikannya bahasa yang menarik dan mendalam. Kombinasi antara sistem penulisan karakteristik, tonalitas, dan kaya budaya Tiongkok menjadikan bahasa ini menjadi salah satu yang paling menarik untuk dipelajari di dunia.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat