uefau17.com

Portal Dublin-New York Kembali Dibuka Usai Insiden Tak Senonoh, Kini Diawasi dan Jam Operasional Dibatasi - Lifestyle

, Jakarta - Portal Dublin-New York telah dibuka kembali setelah ditutup sementara karena sederet insiden "perilaku cabul", termasuk aksi kreator OnlyFans yang membuka atasannya di depan kamera. Mengutip BBC pada Selasa, 21 Mei 2024, siaran langsung yang memungkinkan pengguna di setiap kota untuk bertemu dan berinteraksi tersebut, sebelumnya dimatikan pada Selasa, 14 Mei 2024, kurang dari seminggu setelah dibuka pertama kali. Sebuah pesan di layar kosong tertulis: "Portal tertidur - segera kembalikan".

Dewan Kota Dublin mengatakan siaran langsung akan berlangsung dalam beberapa minggu mendatang mulai pukul 11.00 hingga 21.00 waktu setempat di Dublin dan mulai pukul 06.00 hingga 16.00 waktu setempat di New York. Dalam sebuah pernyataan, dewan mengatakan atraksi tersebut telah menarik puluhan ribu pengunjung dan menerima hampir dua miliar tayangan online selama beroperasi.

"Sebagian besar orang yang telah mengunjungi patung portal telah merasakan kegembiraan dan keterhubungan yang mengundang orang untuk memiliki karya seni publik ini," kata pernyataan itu.

Hal ini juga mengingatkan masyarakat bahwa portal video siaran langsung tersebut tidak dimaksudkan untuk disentuh atau diinjak. "Kami telah mengambil langkah-langkah untuk membatasi orang-orang yang menginjak portal dan mendekatkan ponsel ke lensa kamera," tambah pernyataan itu.

"Tim Portals.org telah menerapkan solusi berbasis jarak. Sekarang, jika ada orang yang menginjak portal dan menghalangi kamera, siaran langsung menjadi kabur bagi semua orang di kedua sisi Atlantik."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sebelumnya Ditutup karena Perilaku Tidak Pantas Pengunjung

Portal ini merupakan visi dari seniman dan pengusaha, Lituania Benediktas Gylys, yang dirancang untuk menyatukan orang-orang dan memungkinkan mereka berbagi pengalaman yang sama. Mengutip TechCruch, setelah dibuka awal Mei ini, sebagian besar orang yang mengunjungi portal di kedua sisi Atlantik saling melambai, membawa anak-anak dan hewan peliharaan mereka, serta saling menyapa.

Namun, ada segelintir orang yang berperilaku buruk, termasuk model OnlyFans. Beberapa orang di pihak Dublin mengacungkan swastika dan gambar Menara Kembar yang terbakar, dan yang menjadi masalah utamanya adalah orang-orang yang memasang kamera langsung ke kamera Portal. Hal tersebut tentunya menghalangi orang-orang yang mengunjungi instalasi untuk melihat apa yang ada di sisi lain.

Kepala Kemitraan di portals.org, Nicolas Klaus, mengatakan bahwa mereka terkejut dengan perilaku tersebut karena mereka belum pernah mengalami hal semacam itu pada instalasi Portal sebelumnya, yaitu antara Lituania dan Polandia. Warga New York dan Dublin membawa suasana berbeda.

"Ada beberapa perilaku yang tidak ideal. Anda melihat ini ketika seseorang memperlihatkan gambar 9/11, yang kami tidak tahu apa sebenarnya niat orang itu, tapi itu menjengkelkan," kata Klaus kepada TechCrunch. 

3 dari 4 halaman

Melanggar Semangat Artistik Pameran

Menurut Nicolas, perilaku itu melanggar semangat artistik pameran. "Tujuan artistiknya adalah untuk menyediakan jendela di mana orang dapat terhubung. Jika seseorang memblokir seluruh layar hanya dengan meletakkan tangannya di kamera Portal, proyek tersebut seharusnya tidak dilakukan."

Melihat kejadian tersebut, akhirnya para pejabat di kedua pihak memutuskan akan lebih baik jika portal tersebut beristirahat sejenak. Sejumlah langkah yang dilakukan pihak penyelenggara, antara lain membangun pagar tidak permanen di sekeliling Portal agar masyarakat tidak bisa langsung menaikinya. Mereka kini juga memiliki satu atau dua orang yang memandu pengunjung untuk mencoba dan mendorong interaksi yang lebih bersahabat.

Selain itu, salah satu cara untuk memperbaikinya juga adalah dengan menggunakan perangkat lunak untuk mencegah orang memblokir kamera. Video Window, perusahaan di balik perangkat lunak yang menjalankan Portal, hadir dengan solusi yang saat ini sedang dirancang saat Portal sedang dalam masa jeda untuk mencegah orang melakukan hal tersebut.

4 dari 4 halaman

Belum Ada Insiden Baru

CEO Video Window, Daryl Hutchings, mengatakan perangkat lunak ini dirancang untuk menggunakan pengatur waktu, sehingga tidak menjadi masalah untuk mengatur jam operasional. Namun, menemukan cara untuk mencegah orang mendekatkan ponsel mereka ke kamera Portal adalah hal yang lebih sulit.

"Jika ponsel atau tangan seseorang menghalangi pandangan kamera selama jangka waktu tertentu, pada dasarnya kami akan segera memburamkan rekaman kamera lokal, dan itu berarti sisi jauh akan melihat gambar buram. Dan kemudian di tampilan lokal, kami juga mengaburkannya," kata Hutchings. 

Hal ini bertujuan untuk menunjukkan kepada siapapun yang melakukannya bahwa mereka tidak seharusnya memblokir kamera. Pembuatnya sedang bereksperimen dengan jumlah waktu untuk memburamkannya, tetapi sejak Portal dibuka kembali pada Minggu, 19 Mei 2024, belum ada insiden yang memicu pemburaman tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa pagar dan pemandu manusia membantu mendorong interaksi yang lebih positif seperti yang diharapkan dan diinginkan oleh para desainer.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat