uefau17.com

Deretan Potret Pangeran Abdul Mateen dari Brunei Darussalam Saat Menikahi Anisha Rosnah - Lifestyle

, Jakarta - Pernikahan Brunei yang paling dinantikan akhirnya terlaksana. Pangeran Abdul Mateen sah menjadi suami Anisha Rosnah setelah akad nikah dilaksanakan Kamis siang  (11/1/2024).

Diketahui Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah menikah di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Sebelumnya kedua mempelai telah melaksanakan berbagai prosesi adat yang sudah ratusan tahun dilestarikan.

"Prince Mateen and Dayang Anisha Rosnah are a married couple today. Alhamdulillah. Allah Peliharakan Pengantin Diraja ♥️(Pangeran Mateen dan Dayang Anisha Rosnah sudah resmi menikah hari ini. Alhamdulillah Allah menjaga Pengantin Diraja," tulis akun Instagram @tmski.updates dalam unggahannya, Kamis (11/2/2024).

Pernikahan pangeran tampan yang merupakan anak Hassanal Bolkiah ibni Omar Ali Saifuddien III, Sultan Brunei yang telah bertakhta sejak 1967 itu menjadi perhatian publik. Tak hanya dari masyarakat Brunei tapi juga di Indonesia. 

Pangeran Mateen menikahi Anisha yang merupakan cucu salah satu penasihat khusus sultan, Pehin Dato Isa. Diketahui Pangeran Mateen dan Anisha 

Momen bahagia putra dari Sultan Brunei itu pun menjadi sorotan karena masih akan berlangsung serangkaian acara hingga 16 Januari 2024 sebagai penutup. Simak sederet potret Pangeran Abdul Mateen dari Kesultanan Brunei yang menikahi Anisha Rosnah dari berbagai sumber.

1. Busana Putih Saat Akad Nikah

Pangeran Mateen terlihat memakai busana berwana putih dengan benang perak, dipadukan dengan penutup kepala putih. Ia duduk di hadapan penghulu mengucapkan ijab qabul dengan lancar, meski raut wajahnya terlihat tegang.

"Saya terima nikahnya dengan mahar 1.000 ringgit tunai," ucap Pangeran Mateen sembari menjabat tangan. Bila dirupiahkan, mahar itu nilainya setara Rp11,725 juta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Momen Pangeran Mateen Menuju Lokasi Akad Nikah

Pangeran berusia 32 tahun itu tiba di masjid tempat akad nikah dengan menggunakan mobil Rolls Royce hitam. Tampak ia memasuki masjid lalu duduk dan mengucapkan janji nikah.

Setelah itu, ia kemudian bersalaman dengan keluarganya, termasuk dengan ayahnya, Sultan Brunei Hasanal Bolkiah. Sementara, sosok Anisha belum terlihat dalam sederet unggahan video maupun foto di akun tersebut.  

3. Saat Majlis Istiadat Berbedak

Di potret ketiga, terlihat saat Majlis Istiadat Berbedak Pengantin Diraja atau upacara pembedaan kerajaan. Pangeran Mateen mengenakan warna merah yang gemilang.

Di kesempatan tersebut, kedua calon pengantin tampil memesona mengenakan busana kreasi songket Brunei berwarna merah keemasan. Aksesori serba emas nan serasi, termasuk headpiece Anisha, pun melengkapi penampilan pasangan tersebut. Momen itu salah satunya dibagikan desainer Malaysia, Teh Firdaus, yang juga merancang pakaian calon mempelai wanita di acara pengajian khatam AlQuan, awal minggu ini.  

 

3 dari 4 halaman

4. Momen Keluarga Kerajaan Memberkati

Di momen itu, kedua mempelai duduk di atas mimbar kerajaan di Istana Nurul Imam. Kemudian Yang Mulia dan anggota keluarga kerajaan memberkati pasangan tersebut dengan mengolesi keduanya dengan pasta berwarna dan minyak wangi sebagai bagian dari tradisi Brunei-Melayu yang telah berusia berabad-abad. 

Di beberapa versi, pasta bedak ini juga dioleskan ke seluruh tubuh pasangan oleh anggota keluarga masing-masing. Ritual ini melambangkan kesuburan dan kekayaan. 

Diketahui Pangeran Mateen dan Anisha Rosha bukan pasangan Kerajaan Brunei pertama yang menjalani prosesi adat berbedak. Tahun lalu, Putri Azemah juga tampak melakukannya.

Putri Azemah menikah dengan sepupu pertamanya, Pangeran Bahar ibni Jefri Bolkiah, pada Januari 2023, yang ditandai pula dengan perayaan selama 10 hari. Perayaan pernikahan ini juga menjadi upaya pihak kerajaan untuk melestarikan tradisi mereka yang sudah beberapa generasi dilakukan. 

 

4 dari 4 halaman

5. Menantikan Jamuan Kerajaan

Disebutkan bahwa, setelah akad nikah akan diadakan jamuan makan kerajaan dengan tamu-tamu yang datang dari seluruh dunia pada Minggu, 14 Januari 2024. Sebuah parade pun akan berlangsung di ibu kota Brunei, Bandar Seri Begawan, sebelum perayaan tersebut berakhir pada 16 Januari 2024.

Publik pun bertanya-tanya siapa saja undangan yang akan menghadiri pernikahan kerajaan itu. Pangeran Mateen dan ayahnya Hassanal Bolkiah, Sultan Brunei, sempat menghadiri penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla, serta pemakaman Ratu Elizabeth.

Diharapkan setidaknya satu anggota keluarga Kerajaan Inggris akan bergabung dalam perayaan tersebut. Sultan juga hadir di pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada 2011. 

Tempat jamuan yang berlokasi di Istana Nurul Iman terbilang istimewa. Tempat itu berada di tepi Sungai Brunei, beberapa kilometer di selatan ibu kota Brunei.

Dari kejauhan, tampak istana ini adalah bangunan besar berwarna putih dengan kubah dan menara emas. Pemandangan istana yang menakjubkan terbuka dari Taman Persiaran Damuan di dekatnya. Atap bangunan yang melengkung dan kubah emas besar masjid istana menjulang di atas pepohonan hijau.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat