uefau17.com

Prosesi Pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah Akan Berlangsung 10 Hari, Siapa Tamu Kerajaan yang Akan Hadir? - Lifestyle

, Jakarta - Pernikahan kerajaan antara Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah hanya tinggal menghitung hari. Pihak Kerajaan Brunei Darussalam pun membocorkan agenda prosesi hari bahagia pasangan itu ke publik.

Mengutip Hello Magazine, Jumat (5/1/2024), akad nikah akan berlangsung pada Kamis, 11 Januari 2024. Namun, rangkaian prosesinya akan memakan waktu hingga 10 hari, yakni pada 7--16 Januari 2024.

Prosesi pernikahan Mateen dan Anisha Rosnah itu akan dimulai dengan lamaran kerajaan pada 7 Januari 2024 yang dimeriahkan dengan pertunjukan para musisi kerajaan. Sementara, akad nikah akan berlangsung beberapa hari kemudian di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien.

Pada 14 Januari 2024, pasangan pengantin baru itu akan menggelar pesta resepsi yang diikuti dengan perjamuan kerajaan berkilauan dan parade yang akan mengundang tamu dari seluruh dunia. Hingga saat ini, pihak Kerajaan Brunei Darussalam belum mengumumkan daftar tamu mereka.

Namun, media Inggris itu berharap pasangan Kate Middleton dan Pangeran William akan menghadiri acara kerajaan tersebut, seperti halnya mereka menghadiri pesta pernikahan Putra Mahkota Yordania pada 1 Juni 2023. Pasalnya, Sultan dan Permaisuri Brunei Darussalam sempat menghadiri upacara pernikahan Kate dan William pada 2011.

Kabar pernikahan Abdul Mateen dan Anisha telah disampaikan Sultan Hassanal Bolkiah sejak Oktober 2023. Tiga bulan kemudian, tepatnya di awal Januari 2024, Mateen mengunggah fotonya bersama Isa saat mengucapkan selamat tahun baru di akun Instagramnya. Isa yang berdiri di sampingnya terlihat memakai cincin pertunangan bermata berlian yang besar.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pasangan Impian Pangeran Mateen

Pangeran Abdul Mateen merupakan pilot helikopter di Angkatan Udara Kerajaan Brunei. Ia adalah anak ke-10 Sultan Hassanal Bolkiah dengan mantan istri keduanya, Paduka Seri Hajah Mariam Hj Abdul Aziz. Meskipun Instagramnya dipenuhi dengan perjalanan mewah dan acara olahraga, dia mengaku sebagai pria sederhana.

"Saya suka bersantai ketika saya tidak berolahraga atau bertuga. Anggap saja aku suka waktu luangku dan aku suka menghabiskannya bersama teman-teman dekatku, bersantai dan menonton film," kata Mateen ketika diwawancari GQ Thailand. Ia pun menggambarkan dirinya sebagai orang yang "lucu", "aneh tapi dalam arti yang baik", dan "manis dan sederhana".

Ketika ditanya kualitas apa yang dia cari dari seorang pasangan, dia menjawab, "Saya akan mengatakan seseorang yang tulus dan nyata. Seseorang yang sangat sederhana, itulah yang saya sukai."

Sosok Anisha dianggap mewakili sosok itu. Ia adalah cucu perempuan Penasihat Khusus Sultan, Pehin Dato Isa. Ia dilaporkan mengelola merek fesyen Silk Collective dan memiliki perusahaan wisata Authentirary bersama temannya.

3 dari 4 halaman

Profil Calon Istri Pangeran Mateen

Dilansir dari laman 8days.sg dan berbagai sumber lainnya, Anisha Isa bernama lengkap Dayang Anisha Rosnah binti Adam. Ia dikenal dengan nama Dayang Anisha Rosnah Isa-Kalebic atau Anisha Isa.

Anisha lahir pada 9 November 1994. Ia adalah cucu dari penasihat khusus sultan di Kesultanan Brunei Darussalam, yaitu Pehin Dato Awang Isa Bin Awang Ibrahim. Selain itu, kakeknya juga dikenal sebagai pendiri maskapai Royal Brunei Airlines.

Pada 1968, sang kakek diangkat menjadi Wakil Jaksa Agung, kemudian pada 1970 diangkat Wakil Menteri Besar. Dari 1971 hingga 2005, ia diangkat menjadi Penasihat Umum Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam.

Anisha pernah kuliah di Inggris. Ia adalah jebolan Universitas Bath Inggris. Ia diketahui memiliki hobi traveling ke berbagai negara seperti yang terlihat dalam sejumlah unggahan di media sosial. Wanita berusia 29 tahun itu sudah mengenal Pangeran Mateen sejak lama. Hal itu terjadi karena kakak Anisha, yakni Danial Ceen Isa Kalebic, merupakan teman dari Pangeran Mateen.

4 dari 4 halaman

Pernikahan Kakak Pangeran Mateen

Sebelumnya, kakak Pangeran Mateen, anak perempuan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Putri Azemah Bolkiah, resmi menikah dengan sepupunya, Pangeran Muda Bahar. Mempelai pria merupakan putra Pangeran Jefri Bolkiah, yang merupakan adik bungsu Sultan Hassanal Bolkiah.

Pernikahan mewah ini dilaksanakan selama sembilan hari pada 8--16 Januari 2023 di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Pasangan tersebut menyelenggarakan akad nikah pada 12 Januari 2023, disusul resepsi selama dua hari, yaitu 15 dan 16 Januari 2023.

Melansir Histoires Royales, Jumat, 20 Januari 2023, mahkota yang digunakan Putri Azemah selama momen istimewa itu dihiasi potongan berlian berbentuk pir. Spesialis perhiasan kerajaan setuju bahwa tiara ini baru pertama kali ditampilkan ke depan publik.

Aksesoris lain yang dipakai Putri Azemah adalah satu set perhiasan berlian. Tidak seperti Putri Fadzillah yang menggunakan kalung besar, Putri Azemah memilih perhiasan berlian yang lebih kecil untuk menghiasi lehernya. Ia juga memakai sepasang anting dan cincin berbentuk hati yang besar.

Perhiasan dan tiara berlian yang dikenakannya juga senada dengan gaun panjang full payet berwarna putih. Melengkapi keseluruhan tampilan sebagai pengantin wanita, ia memegang buket bunga palsu berhias berlian.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat