uefau17.com

Heboh Obat yang Diklaim Anti-Penuaan untuk Anjing Diprediksi Bakal Rilis pada 2026 - Lifestyle

, Jakarta - Obat yang diklaim dapat memperpanjang umur atau anti-penuaan anjing ras besar hampir disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (AS) (FDA). Hal ini berdasarkan pengumuman minggu lalu oleh perusahaan bioteknologi San Francisco Loyal, perusahaan di balik obat tersebut.

Dikutip New York Post, Selasa (12/12/2023), saat ini, tidak ada obat hewan yang disetujui FDA atau disetujui secara bersyarat untuk tujuan ini. "Ada 25 juta anjing ras besar di AS saja, itu berarti 25 juta anjing dapat kami bantu untuk hidup lebih lama, dan dengan kualitas hidup yang lebih baik," kata CEO dan pendiri Loyal, Celine Halioua, dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke Fox News Digital.

Perusahaan mengklaim obat LOY-001 dapat membantu memperlambat proses terkait usia pada anjing yang beratnya 40 pon (18,1 kg) atau lebih. Obat ini bekerja dengan berinteraksi dengan hormon yang disebut IGF-1 yang mempercepat proses penuaan.

Ini dirancang untuk mencegah penyakit anjing yang berkaitan dengan usia, daripada menunggu sampai gejalanya muncul, menurut juru bicara Loyal. "Pendekatan Loyal mewakili paradigma yang berbeda, menggunakan pemahaman kami tentang mekanisme yang mendasari penuaan untuk mengurangi risiko penyakit-penyakit ini," kata perusahaan itu dalam rilis yang dikirimkan ke Fox News Digital.

Pekan lalu, produsen obat tersebut mengumumkan bahwa LOY-001 telah menyelesaikan hambatan awal dengan FDA. Hal tersebut menandakan bahwa data sejauh ini menunjukkan potensi efektivitas obat tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses 4 Tahun

Namun, masih banyak pencapaian yang harus diraih sebelum obat tersebut sepenuhnya disetujui dan dapat dipasarkan. Hal ini termasuk penyelesaian uji klinis besar-besaran dan peninjauan data keselamatan dan manufaktur.

Sejauh ini, proses empat tahun tersebut telah mencakup studi intervensi LOY-001 dalam model penuaan anjing yang diterima FDA dan studi observasional (tanpa obat) terhadap 451 anjing, menurut situs web Loyal. "Pencapaian hari ini adalah bagian penting dari permohonan Loyal untuk mendapatkan persetujuan bersyarat," kata perusahaan itu dalam siaran persnya.

"Ini berarti FDA setuju bahwa LOY-001 memiliki ekspektasi efektivitas yang masuk akal," lanjut pernyataan itu. "Setelah FDA menyetujui paket data manufaktur dan keamanan Loyal, Loyal dapat memasarkan obat tersebut untuk memperpanjang umur populasi anjing target."

"Persetujuan bersyarat berlaku hingga lima tahun, selama waktu tersebut Loyal akan mengumpulkan data efektivitas yang tersisa dan mengajukan persetujuan penuh," lanjut pihaknya. 

Umur rata-rata anjing adalah sekitar 10 hingga 13 tahun, dengan ras yang lebih besar menua lebih cepat dan memiliki harapan hidup yang lebih pendek, menurut dokter hewan yang berbicara dengan Fox News Digital. Beberapa orang percaya bahwa hal ini disebabkan oleh pembiakan selektif, yang dapat meningkatkan ukuran dan perkembangan anjing. 

3 dari 4 halaman

Kata Dokter Hewan

Ivana Crnec, dokter hewan di yayasan Veterinarians.org yang berbasis di Texas, mengatakan kepada Fox News Digital bahwa ukuran tubuh dan tingkat pertumbuhan adalah faktor kunci yang memengaruhi umur panjang seekor anjing. Hormon pemacu pertumbuhan IGF-1 -diyakini berperan dalam mempercepat penuaan dan mengurangi umur- ditemukan pada tingkat yang jauh lebih tinggi pada anjing besar dibandingkan dengan anjing ras kecil.

Obat eksperimental baru ini menargetkan hormon pemacu pertumbuhan ini untuk mengurangi kadarnya. "Menurut pendapat profesional saya, obat ini merupakan terobosan," kata Crnec, pihak yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

"Masih perlu menunggu dan melihat hasil serta potensi efek sampingnya, namun sejauh ini LOY-001 cukup menjanjikan," lanjutnya. "Fakta bahwa FDA menggambarkan obat tersebut memiliki 'ekspektasi yang masuk akal akan efektivitasnya' mengungkapkan banyak hal tentang potensinya."

Dengan memperlambat efek penuaan pada fungsi vital, obat ini "secara tidak langsung akan memberikan dampak positif pada kualitas hidup ras anjing besar," kata Crnec kepada Fox News Digital.

4 dari 4 halaman

Diprediksi Rilis pada 2026

Dokter hewan lain mengatakan mereka sangat optimis. "Kedengarannya terlalu muluk-muluk untuk menjadi kenyataan," Jeffrey Krasnoff, dokter hewan di Rumah Sakit Hewan Brookville di Long Island, berkomentar kepada Fox News Digital tentang obat eksperimental tersebut.

"Saya ingin sekali melihat penelitiannya. Akan luar biasa jika hal ini benar-benar membuat perbedaan dalam umur panjang teman-teman anjing besar kita," tambahnya.

Obat ini diberikan melalui suntikan oleh dokter hewan setiap tiga hingga enam bulan, namun perusahaan tersebut sedang mengerjakan pil harian, menurut situs web Loyal. LOY-001 diprediksi akan tersedia pada 2026, tergantung pada persetujuan FDA atas data manufaktur dan keamanan Loyal.

Dikutip dari laman resminya, Loyal for Dogs, Loyal memiliki misi yang berbunyi, "Misi kami adalah membantu anjing di mana pun hidup lebih lama dan lebih sehat. Loyal adalah perusahaan kedokteran hewan tahap klinis yang mengembangkan obat-obatan yang dimaksudkan untuk memperpanjang kesehatan dan umur anjing."

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat