uefau17.com

Hati-hati, Curi Kucing dan Anjing di 2 Negara Ini Bakal Dipenjara 5 Tahun - Global

, Inggris - Sebuah tindak pidana baru yang disebut "penculikan hewan peliharaan" akan diberlakukan pada Agustus 2024 mendatang di Inggris dan Irlandia Utara, setelah undang-undang tersebut disahkan pada hari terakhir Parlemen.

Melansir dari BBC, Senin (10/6/2024), rencana undang-undang baru untuk menangani penyelundupan anak anjing dan mengatasi serangan anjing terhadap ternak tidak sempat dibahas dan tidak akan menjadi undang-undang.

Kelompok kesejahteraan hewan mengatakan bahwa mereka akan mendesak pemerintah berikutnya untuk mengambil tindakan.

Rancangan Undang-Undang Penculikan Hewan Peliharaan (The Pet Abduction Bill) dijadwalkan menerima Persetujuan Kerajaan (Royal Assent), dengan undang-undang yang akan diberlakukan pada bulan Agustus 2024.

Undang-undang ini akan menjadikan pencurian atau penahanan kucing dan anjing sebagai tindak pidana.

Di bawah undang-undang baru ini, siapa pun yang dinyatakan bersalah akan menghadapi denda atau hukuman penjara maksimal lima tahun.

Saat ini, hewan peliharaan dianggap sebagai properti dalam hukum dan pencurian hewan peliharaan diatur oleh Undang-Undang Pencurian 1968. Undang-undang ini juga serupa dengan yang diberlakukan di Skotlandia.

Para pendukung pembentukan tindak pidana baru ini mengatakan bahwa hal ini akan mengakui dampak emosional yang disebabkan oleh pencurian hewan peliharaan, dan akan membantu membangun gambaran yang lebih baik tentang skala pencurian hewan peliharaan. 

Annabel Berdy selaku Petugas Senior Advokasi dan Hubungan Pemerintah untuk Cats Protection, mengatakan bahwa kurangnya perlindungan hukum khusus untuk hewan peliharaan telah memungkinkan para pelaku "bebas menargetkan hewan yang sangat dicintai untuk keuntungan mereka sendiri".

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diharapkan Akan Membuat Perubahan Besar

Annabel Berdy mengatakan bahwa undang-undang Penculikan Hewan Peliharaan "bisa menjadi salah satu undang-undang kesejahteraan hewan paling signifikan dalam beberapa waktu terakhir dan akan membuat perbedaan besar bagi banyak pemilik dan hewan peliharaan mereka yang sangat dicintai".

Kelompok kesejahteraan hewan telah menyatakan kekhawatiran bahwa dua rancangan undang-undang lainnya tidak sempat dibahas di Parlemen kali ini.

Salah satu RUU yang diajukan oleh Anggota Parlemen dari Partai Konservatif, Selaine Saxby, yang akan menaikkan usia minimum anjing yang boleh dibawa masuk ke negara ini, adalah salah satu RUU yang tidak sempat dibahas.

Harriet Main, manajer urusan publik untuk RSPCA, mengatakan bahwa "celah hukum" telah "disalahgunakan selama bertahun-tahun oleh orang-orang yang mencari uang cepat dari eksploitasi hewan" dan mengatakan bahwa badan amal tersebut akan mendesak pemerintah Inggris berikutnya untuk memastikan masalah ini segera "kembali ke agenda".

3 dari 4 halaman

RUU Mengenai Serangan Hewan Ternak

Mantan Menteri Lingkungan Therese Coffet, yang sekarang menjadi Anggota Parlemen biasa, telah mengajukan RUU yang akan memberikan kekuatan lebih besar kepada polisi untuk menuntut pemilik anjing atas serangan terhadap hewan ternak di Inggris dan Wales.

Livestock worrying atau perilaku anjing yang mencakup menggonggong, mengejar, menggigit, dan membunuh, sudah dinyatakan ilegal.

Namun, kepala eksekutif National Sheep Association, Phil Stocker, mengatakan bahwa mendapatkan hukuman adalah hal yang sulit.

Stocker mengatakan keputusan tersebut "mengecewakan" tetapi berharap itu akan menjadi "penundaan daripada kegagalan" karena dia mengatakan bahwa baik Partai Buruh maupun Partai Konservatif berbagi "kekhawatiran tentang kerusakan yang dapat dilakukan oleh anjing peliharaan terhadap ternak".

4 dari 4 halaman

Apa Itu Pet Abduction Bill?

Penculikan hewan peliharaan mulai 24 Mei 2024 menjadi tindak pidana setelah RUU Penculikan Hewan Peliharaan menerima Persetujuan Kerajaan.

Di bawah Undang-Undang Penculikan Hewan Peliharaan 2024, yang merupakan RUU Anggota Swasta yang disponsori oleh Anna Firth MP dan Lord Black of Brentwood serta didukung oleh Pemerintah, siapa pun yang terbukti bersalah mencuri hewan peliharaan di Inggris atau Irlandia Utara akan menghadapi hukuman penjara hingga lima tahun, denda, atau keduanya.

Seperti dikutip dari gov.uk, undang-undang baru ini mengakui bahwa kucing dan anjing bukanlah benda mati tetapi makhluk yang mampu mengalami kesusahan dan trauma emosional lainnya ketika mereka dicuri dari pemilik atau penjaga mereka.

Bukti dari Gugus Tugas Pencurian Hewan Peliharaan menunjukkan bahwa sekitar 2.000 anjing dan lebih dari 400 kejahatan pencurian kucing dilaporkan ke polisi pada tahun 2020, menyebabkan kesusahan yang cukup besar bagi pemilik dan hewan peliharaan mereka.

Dengan perkiraan 28% orang dewasa di Inggris memiliki anjing dan 24% memiliki kucing, pencurian hewan peliharaan menjadi perhatian utama publik.

Dukungan untuk undang-undang ini membangun tindakan yang lebih luas untuk melindungi hewan peliharaan dari pencurian, termasuk mewajibkan pemasangan mikrochip pada kucing mulai 10 Juni 2024. Ini akan membuat lebih mudah bagi hewan peliharaan yang hilang, tersesat, atau dicuri untuk dipertemukan kembali dengan pemiliknya dan dikembalikan ke rumah dengan aman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat