uefau17.com

Wisman Meninggal Saat Berwisata di Pantai Kelingking Bali Diduga Kelelahan, Tour Guide Diminta Lebih Perhatikan Kondisi Wisatawan - Lifestyle

, Jakarta - Seorang wisatawan mancanegara (wisman) asal Brasil meninggal dunia saat berwisata ke Pantai Kelingking di Desa Bungamekar, Kecamatan Nusa Penida, Bali, Kamis, 16 November 2023. Pria bernama Antonio itu pingsan di toilet dan saat dibawa ke rumah sakit, ia dinyatakan telah meninggal dunia.

Sang pemandu atau tour guide dikabarkan sempat melarang Antonio dan istirnya turun ke tebing. Namun Antonio bersikeras untuk turun ke bawah tebing. Karena terus memaksa, sang pemandu mengizinkan kedua tamu yang diantarnya turun ke tebing.

Antonio dan istrinya sempat melakukan aktivitas berenang di Pantai Kelingking dan mereka kembali ke parkiran. Setelah itu Antonio ke toilet untuk mandi, karena saat itu cuaca sangat panas. Namun setelah mandi, Antonio tiba-tiba pingsan di dekat toilet. Setelah ditemukan dan dibawa ke rumah sakit terdekat, pria paruh baya itu ternyata meninggal dunia.

Kejadian itu mendapat perhatian dari Kementerian Pariwisata dan Ekomomi Kreatif (Kemenparekraf). Menurut Menteri Pariwisata dan Ekomomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaag Salahuddin Uno menyataka bela sungkawa dan keprihatinan atas peristiwa itu.

"Kejadian seperti ini sudah pernah terjadi di Pantai Kelingking Bali, jadi kalau dibilang berwisata ke sana disebut wisata ekstrem kita belum bisa menyimpulkan seperti. Kita harus lihat dan perhatikan lagi kondisinya seperti apa," ujar |Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar secara hybrid, Senin (20/11/2023).

"Tapi terlepas dari kondisinya, yang tak kalah pentin adalah peranan tour guide atau pemandu wisata di sana. Kami mengimbau agar para tour guide ini bisa lebih memperhatikan kondisi kesehatan dan fisik para wisatwan yang dipandunya. |Soal umur memang urusan Tuhan kita tak bisa mengatur, tapi setidaknya bisa mencegah agar tidak terjadi kemungkinan terburuk," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berfoto di Tebing Pantai Kelingking

Dalam kondisi tertentu, seperti saat cuaca ekstrem seperti sekarang ini, menurut pria yang biasa disapa Sandi ini, penting untuk memperhatikan kondisi kesehatan, termasuk saat berwisata di Pantai Kelingking yang mungkin terasa cukup melelahkan bagi sejumlah orang.

Selain itu ada spot-spot yang cukup berbahaya seperti keberadaan beberaap tebing di pinggir pantai yang sering digunakan untuk berfoto, padahal kegiatan itu cukup berbahaya dan sudah beberapa kali ada turis yang terluka karena jatuh dari tebing.

Di tahun lalu, seorang turis asing di Bali selamat setelah terjatuh dari tebing besar. Pria itu berpose untuk foto di tepi tebing saat berada di Pantai Kelingking, Nusa Penida sebelum mencoba membalikkan badan dan jatuh sekitar 130 kaki di bawah.

Polisi mengatakan seorang pemandu wisata mengambil foto pria itu di tujuan wisata populer sebelum aksinya menjadi bumerang. Media setempat melaporkan bahwa telah dilakukan layanan darurat tetapi terhalang oleh medan berbahaya di sekitar tebing.

 

3 dari 4 halaman

Insiden di Pantai Kelingking

Mengutip dari New York Post, Minggu, 27 November 2022, unit Siaga Pencarian dan Penyelamatan Nusa Penida mengatakan operator berusaha mencapai pria itu dengan perahu tetapi terhalang oleh ombak. Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada mengatakan seorang penyelamat berhasil turun dari tebing dan menarik pria itu.

Pria itu dibawa ke rumah sakit karena menderita cedera kaki yang serius. Insiden itu terjadi empat hari setelah seorang turis Amerika meninggal saat berlibur di Indonesia. Wanita berusia 35 tahun itu jatuh dari sisi kolam renang tanpa batas saat mencoba berjalan di sekitar bagian lain dari struktur batuan tebing tersebut, lapor media setempat.

Wanita itu dilaporkan jatuh dari ketinggian 15 meter dan mendarat di sebuah kolam di bawahnya. Staf hotel dan tamu di The Sankara Suites and Villa segera bergegas membantunya tetapi tidak tertolong lagi sebelum ambulans tiba.

Di sisi lain, keindahan Pantai Kelingking atau Kelingking Beach di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali tak perlu diragukan lagi dan bahkan sudah mendunia. Pada Maret lalu, pantai tersebut kembali masuk ke dalam daftar pantai terbaik di dunia 2023 atau Best Beaches in The World 2023.

4 dari 4 halaman

Pantai Kelingking Termasuk Terbaik di Dunia

Pantai Kelingking berada di peringkat ke-16 dari 25 pantai terbaik di dunia 2023 berdasarkan dari pemeringkatan yang dilakukan oleh TripAdvisor.Daftar ini merupakan bagian dari penghargaan Travelers' Choice Awards 2023 dari situs perjalanan TripAdvisor.

"Penghargaan Travelers’ Choice dari TripAdvisor ini sebelumnya juga kami terima di tahun 2019 sebagai pantai terbaik di Dunia, dan terbaik ke 2 di Asia," kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melalui siaran pers, Selasa, 28 Maret 2023, dikutip dari kanal Regional .“Kami bersyukur tahun ini Pantai Kelingking kembali mendapatkan predikat pantai terbaik dunia dari para wisatawan seluruh dunia," lanjutnya.

Situs TripAdvisor sendiri adalah sebuah situs wisata terbesar di dunia yang membantu wisatawan dalam merencanakan dan memesan perjalanan wisata mereka

"Tagline Pulau Nusa Penida yang kami sematkan yaitu The Blue Paradise Island sangat menggambarkan keindahan pulau Nusa Penida terutama Kelingking Beach, hal ini yang mungkin menjadikan para wisatawan terpukau oleh keindahan perairan biru yang jernih dan juga petualangan bawah lautnya," jelas Bupati Suwirta.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat