uefau17.com

Penjelasan Ahli Gizi, Alasan Sup Ayam Bisa Meringankan Flu? - Lifestyle

, Jakarta - Kita semua pernah mendengar pepatah lama tentang sup ayam yang juga berfungsi sebagai obat. Tetapi apakah sup ayam benar-benar dapat membantu meringankan gejala pilek, terutama saat ini di musim gugur dan menjelang musim dingin?

Mengutip laman NY Post, Minggu, 12 November 2023, Fox News Digital menghubungi para ahli untuk memberikan masukan tentang apakah makanan rumahan klasik ini memiliki kekuatan penyembuhan. Meskipun tidak benar-benar menyembuhkan pilek, sup ayam dapat membantu meringankan beberapa gejala yang muncul bersamaan dengan pilek atau flu, kata Kara Collier, ahli gizi diet terdaftar dan salah satu pendiri Nutrisense di Chicago.

"Sayuran dan bumbu, seperti bawang putih dan rempah-rempah, yang dimasukkan ke dalam sup ayam juga dapat menyediakan mineral penting, antioksidan, dan asam amino yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh kita," katanya kepada Fox News Digital.

Khususnya, ayam adalah sumber asam amino sistein yang sangat baik, yang telah terbukti membantu mengencerkan lendir dan membantu Anda mengatasi gejala pilek dan flu. "Kaldu yang menjadi bahan dasar sup ayam juga dapat menyediakan cairan dan elektrolit yang membantu tubuh melawan infeksi," kata Collier.

"Strategi hidrasi rutin Anda mungkin tidak menggugah selera atau mungkin tidak memenuhi kebutuhan Anda saat Anda merasa tidak enak badan, jadi mengonsumsi sesuatu yang menenangkan dan mudah dikonsumsi akan membuat perbedaan," katanya lagi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sup Ayam Memiliki Zat Gizi yang Dibutuhkan Orang Sakit

Kaldu hangat itu sendiri juga dapat membantu membuka saluran hidung dan tenggorokan yang tersumbat, sehingga membantu mengatasi gejala pilek dan flu dengan lebih baik. Selain itu, sup ayam adalah cara mudah untuk mendapatkan zat gizi mikro, zat gizi makro, dan cairan penting saat Anda sakit dan mungkin tidak berselera terhadap makanan lain.

"Sup ayam bisa menjadi cara yang mudah dan menenangkan untuk mendapatkan protein, karbohidrat, dan sayuran ketika kita terbatas," kata Collier. 

Andrew Petersen, seorang dokter di Forum Health di Utah, mencatat bahwa kaldu ayam penuh dengan protein dan peptida yang dapat memberikan dorongan energi untuk fungsi kekebalan yang memadai. "Sup ayam buatan sendiri yang sehat biasanya mengandung sayuran seperti wortel, seledri, dan bawang bombay," katanya kepada Fox News Digital.​Kirim masukanPanel sampingHistoriTersimpanBeri kontribusi

Ia menyambung, "Dalam sup, bahan-bahan ini dimasak dengan baik sehingga mudah dicerna, dan ini penting ketika seseorang sakit."

 

3 dari 4 halaman

Asam Amino dan Vitamin B

Antara asam amino dan vitamin B yang ditemukan dalam kaldu serta vitamin dan mineral dalam sayuran, sup ayam adalah pilihan yang baik untuk membantu seseorang pulih lebih cepat dari pilek atau flu, kata Peterson.

"Ini jauh lebih bermanfaat daripada makanan sederhana berkarbohidrat dengan gula berlebih yang akan memperburuk peradangan yang disebabkan oleh penyakit virus,” katanya. 

Makanan lain yang membantu mengatasi pilek dan fluSelain sup ayam, Collier menyebutkan beberapa makanan lain yang dapat membantu meringankan gejala pilek dan flu sebagai berikut:

  1. Kaldu apa pun bermanfaat karena cairan dan elektrolitnya – terutama kaldu tulang, yang juga mengandung kolagen dan asam amino yang membantu mendukung penyembuhan.
  2. Buah jeruk mengandung mikronutrien yang ditawarkan, khususnya vitamin C untuk mendukung kekebalan tubuh.Buah-buahan lain, seperti pisang dan beri, mengandung serat, mineral, dan antioksidan.
  3. Bawang putih dan jahe membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh. 
4 dari 4 halaman

Minuman Teh Hangat

Sumber asam lemak omega-3, seperti salmon, juga disebutkan dapat membantu mengurangi peradangan.  Kemudian minuman seperti teh panas bertindak sebagai dekongestan alami.

"Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah kadar glukosa cenderung lebih tinggi ketika seseorang merasa tidak sehat, kata Collier.

“Saat kita sakit, tubuh kita melepaskan hormon yang membantu meningkatkan respon imun kita,” katanya.

“Pergeseran hormon ini menyebabkan kita menghasilkan lebih banyak glukosa dan menjadi sedikit kurang sensitif terhadap insulin. Meskipun hal ini penting untuk melawan infeksi, hal ini sering kali menyebabkan nilai glukosa lebih tinggi dari normal.”

Oleh karena itu, dia merekomendasikan untuk mewaspadai jumlah karbohidrat dan minuman manis yang Anda konsumsi saat sakit.

“Jika bisa, jaga keseimbangan mie dalam kuah mie ayam Anda dengan menambahkan banyak ayam dan sayuran, dan coba padukan buah-buahan Anda dengan sedikit protein untuk menjaga glukosa (dan tingkat energi) tetap stabil,” kata Collier.​

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat