uefau17.com

4 Peselancar Australia Berhasil Selamat Usai 37 Jam Terombang-ambing di Laut Indonesia - Lifestyle

, Jakarta - Empat peselancar Australia hanyut di laut selama 37 jam setelah kapal yang mereka tumpangi terbalik di lepas pantai Indonesia. Keempat peselancar Australia tersebut sempat hilang hingga akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat.

Dikutip dari The Guardian, Selasa, 15 Agustus 2023, ayah dari salah satu peselancar Australia berbicara tentang cobaan berat selama 37 jam itu. Ia menyebut bahwa putranya "sangat ketakutan" saat dia melayang di atas papan selancar sepanjang malam.

Elliot Foote, pacarnya Steph Weisse dan teman-temannya Will Teagle dan Jordan Short berada di sebuah perahu kecil yang terbalik di laut saat terjadi badai di dekat pulau Pinang di lepas pantai Aceh pada Minggu malam, 13 Agustus 2023. Mereka semua selamat setelah hanyut di laut Indonesia selama hampir dua hari.

Sementara, tiga awak Indonesia juga berada di kapal, salah satunya masih hilang pada Selasa sore, 15 Agustus 2023. Ayah Foote, Peter Foote, mengatakan rasanya seperti "kematian dalam keluarga" ketika mengetahui putranya hilang di laut.

"Itu sangat menegangkan," katanya, Selasa, 15 Agustus 2023. "Tapi semuanya baik-baik saja sekarang. Ini hal bertahan hidup yang luar biasa. Dia terlihat agak berantakan tapi dia baik-baik saja. Dia hanya mengalami beberapa luka di sisi tubuhnya, mungkin dari kapal."

Peter mengatakan kapal itu dihantam gelombang besar selama "badai yang sangat buruk" dan semua orang terlempar ke air. "Mereka semua mengambil perangkat pelampung dan papan selancar dan mereka berkerumun bersama," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembalinya Para Peselancar

"Tapi Elliot memutuskan untuk mendayung dan mencari bantuan. Dia mengira sebuah pulau berada di arah tertentu dan berangkat. Dia sangat ketakutan. Dia hanyut di papan selancar sendirian selama satu setengah hari dan hatiku hancur mendengar betapa takutnya dia," ungkap Peter.

Ia menambahkan, "Pada malam hari dia hanyut sendirian di lautan dan warnanya hitam pekat."

Yang lainnya dijemput oleh nakhoda katamaran oleh seorang Australia yang tinggal di wilayah tersebut, tetapi Elliot tidak ditemukan selama beberapa jam setelah itu. Peter berkata Elliot tertarik pada kesehatan dan kebugaran, yang kemungkinan besar membantunya bertahan hidup.

"Dia melakukan teknik pernapasan, dia berpuasa, mandi es dan saya pikir itu membantunya bertahan hidup," katanya. "Dia berada di papan selancar selama 37 jam."

Peter berkata Elliot dan teman-temannya akan tetap tinggal selama sisa perjalanan selancar mereka, meskipun ada cobaan berat. "Dia bersama teman-teman terbaiknya, cuacanya bagus dan ombaknya fantastis," katanya.

3 dari 4 halaman

Satu Kru WNI Masih Hilang

"Orang-orang terus bertanya kepada saya di rumah sakit mana dia berada. Tidak ada dari mereka yang pergi ke rumah sakit. Mereka kembali ke resor," ungkap Peter.

Peter mengatakan dirinya telah diberitahu bahwa satu anggota kru masih hilang. Dalam sebuah video yang diterbitkan oleh ABC, Elliot menggambarkan melihat teman-temannya saat dia mendayung menuju sebuah pulau.

"Aku bisa melihat pulau kecil ini dan aku berkata 'oh, itu temanku, ada Steph, Jordy dan Will," katanya. "Mereka melambai dan mereka berkata, 'Footey!'"

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri dan Perdagangan mengonfirmasi bahwa empat warga Australia yang dilaporkan hilang telah ditemukan dan dalam keadaan aman. "Dua dari tiga ABK WNI juga sudah ditemukan. Pikiran kami bersama keluarga anggota kru ketiga, untuk siapa pencarian dilanjutkan," kata juru bicara itu.

Pihaknya melanjutkan, "Pemerintah Australia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak berwenang Indonesia dan pihak lain yang terlibat dalam upaya pencarian dan penyelamatan."

4 dari 4 halaman

Peselancar Hawaii Mikala Jones Meninggal

Sebelumnya, Mikala Jones, peselancar asal Hawaii, meninggal dunia pada Minggu, 9 Juli 2023, setelah mengalami cedera serius saat berselancar di Indonesia. Dilansir dari Daily Mail, Senin, 10 Juli 2023, Mikala (44) sedang berselancar di perairan Kepulauan Mentawai, Indonesia, ketika dilaporkan bahwa arteri femoralisnya terputus.

Ia pun banyak kehilangan darah hingga meninggal dunia. Detail tentang kejadian ini masih belum jelas, tetapi rekan-rekan peselancar terkenal dan putri Mikala telah mengungkapkan penghormatan terakhir mereka kepada pria tersebut.

Putri Mikala, Isabella, berbagi beberapa foto menyentuh dirinya dan ayahnya bersama-sama di Instagram pribadinya @isabellajones__. Dia menjelaskan bahwa ayahnya mengalami kecelakaan selancar yang parah dan tidak selamat. Dia mengaku masih belum memercayai ayahnya sudah tiada.

"Aku sangat tidak percaya sekarang, ini tidak terasa nyata. aku sangat mencintaimu ayah dan aku berharap bisa memberimu satu pelukan terakhir," tulis Isabella membuka kalimatnya.

Isabella juga memberikan penghormatan kepada ayahnya. "Aku berharap bisa memberitahumu lagi betapa aku mencintaimu dan terima kasih telah menjadi ayah terbaik. Aku berharap ayah masih di sini bersama kami, ayah belum seharusnya pergi. Ini terlalu cepat."

"Hidup tidak akan pernah sama tanpamu. Aku sangat merindukanmu, aku akan melakukan apa saja untuk mendapatkan satu momen lagi, bahkan jika kita berdebat dan kemudian tertawa terbahak-bahak," Isabella melanjutkan.

"Terima kasih telah mengajari aku begitu banyak pelajaran hidup, dan selalu ada untukku. Aku berharap ayah masih di sini bersama kami sekarang. Aku akan selalu memikirkanmu ayah," Isabella menyelesaikan kalimatnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat