uefau17.com

Menyiasati Bujet Katering Pernikahan, Makanan Tetap Enak Tamu Undangan Ikut Senang - Lifestyle

, Jakarta - Anggaran untuk katering biasanya menyerap bujet hampir setengah dari biaya pernikahan. Calon pengantin akan memilah menu hingga membatasi jumlah undangan agar bisa menghemat pengeluaran.

Namun sebenarnya masih ada pertimbangan lain yang membuat bujet katering pernikahan bisa disiasati. Senior Financial  Consultant dari ZAP Finance, Tia Wibowo mengatakan membatasi tamu adalah hal pertama yang jadi pertimbangan.

"Besaran biaya katering tergantung dengan jumlah tamu yang diundang. Namun, jika memang anggaran terbatas maka harus pintar-pintar memilih tamu undangan," sebut Tia dalam wawancara tertulis dengan Liputan6, Jumat, 29 Juli 2023.

Setelah menentukan jumlah tamu undangan, calon pengantin juga harus menghitung jumlah porsi hidangan yang harus disiapkan. Ia menyarankan agar menyederhananya dengan mengalikan dua jumlah tamu undangan kemudian kurangi 10 persen untuk kemungkinan tamu yang tidak hadir.

Tia menurutkan, saat mengurangi bujet katering kualitas makanan dan rasanya tetap bisa menyenangkan hati tamu undangan. Menurutnya bila bujet terbatas selain mengurangi jumlah undangan, dapat disiasati juga dengan mengadakan acara pada jam tertentu, seperti saat tea time.

"Batasi jenis makanan namun mengenyangkan juga bisa menjadi salah satu solusi mengurangi anggaran," saran Tia.

Melakukan test food terlebih dulu juga menjadi cara, agar didapatkan makanan berkualitas sesuai selera pengantin agar tidak mengecewakan tamu. Selain itu ternyata menurutnya ada pilihan untuk mencari katering yang baru mulai merintis, karena biasanya harganya masih bersahabat dan menawarkan promo menarik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Survei Katering Pernikahan

Lebih lanjut Tia juga menyarankan agar melakukan kunjungan ke kantor dan dapur katering. "Tujuannya adalah agar tahu kapasitas katering pernikahan prasmanan," sambungnya.

Dari sini Anda bisa melihat bagaimana pihak katering menangani konsumsi para tamu, mulai dari dapur, tim atau juru masak yang diperbantukan saat acara, hingga gudang penyimpanan makanan dan peralatan yang dipakai. Hal ini dilakukan untuk memastikan vendor berpengalaman dalam menangani acara pernikahan

Lebih spesifik lagi biasanya katering pernikahan memiliki banyak penawaran harga dan paket untuk bisa membandingkan dari setiap vendor katering pernikahan. Lalu diskusikan dengan pasangan, dan keluarga tentang harga catering pernikahan yang sesuai dengan bujet, variasi menu serta fasilitas lainnya.

"Tidak ada salahnya juga kalau melakukan riset dari hasil review klien vendor pernikahan," katanya lagi. 

Sementara itu, ada kalanya saat calon pengantin tidak memilih vendor yang merupakan rekanan pemilik gedung. Hal ini tetap bisa disiasasi dengan memilih katering yang harganya lebih bersahabat meski akan membayar biaya tambahan ke pemilik gedung.

Jika opsi menyewa vendor katering masih di luar bujet, maka acara pernikahan dapat dilaksanakan dirumah dengan memasak sendiri oleh saudara dan tetangga. Tapi bandingkan lagi biaya memasak sendiri dengan melakukan survei harga katering dari beberapa vendor.

 

3 dari 4 halaman

Alternatif Menu Porsian

Dari segi pilihan menu, harga karering akan sangat berpengaruh. Seperti menu nasi sebaiknya dikurangi, karena kebanyakan orang akan lebih suka makan gubukan lantaran jarang dikonsumsi setiap hari. Sementara untuk penyediaan minuman, air putih sebenarnya cukup karena para orangtua umumnya tidak mengambil minuman bersoda.

Tia juga memberikan alternatif menu porsian atau ala carte yang bisa membuat tradisi resepsi bisa sangat ramah di dompet. "Di Solo ada tradisi menghidangkan sajian resepsi secara porsian. Penyajian yang sering disebut dengan nama Piring Terbang ini lebih bisa diutak-atik bujetnya," sebutnya lagi.

Namanya piring terbang karena makanan dihidangkan per piring, lalu disajikan satu per satu oleh pelayan. Konsep tersebut menurutnya seperti di resto Barat, ada makanan pembuka hingga pencuci mulut. 

Dengan berbagai konsep yang ia tawarkan, calon pengantin tetap harus memerhatikan cara penyajian makanan, kualitasnya dan kecukupan konsumsi untuk para tamu undangan. 

 

 

4 dari 4 halaman

Bisa Menawar Harga ke Pemilik Katering

RBB Catering adalah salah satu penyedia jasa katering pernikahan yang memiliki berbagai pilihan paket sesuai bujet calon pengantin. Usaha katering yang berlokasi di Bogor ini biasa menyediakan katering untuk acara pernikahan di rumah maupun gedung. 

"Harga paket kita mulai dari 40 ribu (rupiah) per pax, ini dengan pilihan menu yang sederhana," sebut Endil Syahrudin, Pemilik RBB Catering saat wawancara melalui sambungan telepon dengan , Jumat, 29 Juli 2023.

Ada pula pilihan paket Rp50.000 per pax hingga Rp70.000 per pax yang menunya lebih variatif lagi. Untuk menu Rp40.000 per pax terdiri dari nasi, satu lauk pilihan (ikan, ayan, daging), sup, bihun atau menu sayuran, puding dan buah potong, kerupuk, termasuk air mineral. 

Meski sudah terbilang murah, harga tersebut menurut Endil masih sering ditawar oleh calon konsumennya. Menurutnya untuk mendapatkan harga sesuai bujet, sebaiknya membicarakan juga dengan pihak katering agar mendapat solusi. Menu apa saja yang diinginkan dengan alternatif menu sehingga meski harganya murah, penyajian maupun rasa tetap akan disukai para tamu. 

Namun yang terpenting lagi komunikasi antara calon pengantin dan pihak katering diperlukan supaya jangan sampai konsumsi untuk para tamu kurang saar acara resepsi. "Selalu dilebihkan (porsinya), kadang ada juga yang lupa untuk menghitung porsi keluarga di luar tamu undangan," jelasnya.

Biasanya pun jika calon konsumennya berasal dari rekomendasi pengguna jasa RBB Catering sebelumnya, maka akan diberi tambahan diskon. "Biasanya kita kasih bonus sarapan pagi untuk keluarga mempelai," tutupnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat