uefau17.com

Viral Mahasiswa Indonesia Telaten Bantu Dampingi Jemaah Haji Lansia, Warganet Sebut Menantu Idaman - Lifestyle

, Jakarta - Video seorang mahasiswa Indonesia yang membantu jemaah haji berkursi roda di Makkah tengah viral di lini massa, salah satunya di TikTok. Terlihat dalam video singkat, pemuda usia awal 20 tahunan itu mendorong kursi roda seorang jemaah haji lansia yang tengah melaksanakan ritual ibadah haji.

Terdengar bagaimana ia membantu lansia tersebut saat melafazkan bacaan. "Telaten banget dia membimbing lansia," tulis akun @solsof_official di TikTok, dikutip Rabu, 5 Juli 2023.

Dalam video juga nampak jemaah haji lainnya yang mengamati bagaimana telatennya mahasiswa tersebut mendampingi haji sambil ikut berjalan mengelilingi Ka'bah. Video tersebut mendapatkan sekitar 213,3 ribu tanda suka dan 3405 lebih komentar hingga berita ini ditulis.

"Dia seorang mahasiswa dari Indonesia yang kuliah di Maroko yang ditugaskan untuk mendampingi jemaah haji... MasyaAllah tabakarallah bener-bener amanah," tulis seorang warganet.

"Calon mantu idaman, sholawatin dulu ah," sambung warganet lain.

"MasyaAllah anak sholeh, calon menantu idaman tabarokallah," komentar yang lain.

"Mamah gua kalo dibawain mantu kayak gini, kayaknya minggu depan langsung nikah," celoteh yang lain.

"MasyaAllah pahala mu luar biasa kk... aaminn," komentar warganet.

"Tetap semangat adik ini bawa jemaah untuk tawaf semoga adik selalu diberikan kesehatan ya, Allahu akbar," sambung warganet lagi.

"Ya Allah berlinang air mata semoga lelah mu jadi indah pada waktunya," warganet lain mendoakan sang mahasiswa yang membantu jemaah haji lansia tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gendong Ibu Saat Sa'i

Sebelumnya, seorang pemuda asal Makassar seolah mengulang kejadian kisah ibunda Hajar dan Nabi Ismail saat peristiwa haji. Tapi kali ini bedanya sang anak yang menggendong ibunya untuk melakukan sa'i dari Safa ke Marwah.

Bukit Shafa dan Marwah adalah dua bukit yang terletak di Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi tempat melaksanakan ibadah sa'i dalam ritual ibadah haji dan umrah. Yaitu Muntu Lallo yang pergi haji bersama ibundanya. Saat sedang sa'i di Bukit Shafa dan Marwah sang ibu tiba-tiba merasa kelelahan karena faktor usia.

"Ibu yang bernama Rosimah Tuni ini tak sanggup lagi berjalan jauh," ungkap pembuat konten @yukhaji, dikutip Senin, Juli 2023.

Tanpa ragu, sang anak tanpa pikir lagi menggendong ibunya. Momen itu sangat membuat haru, karena bisa dibayangkan bagaimana seorang anak bisa menggendong ibunya saat menjadi tamu Allah di Tanah Suci.

Hal yang lebih luar biasa, jarak antara Bukit Shafa dan Marwah itu sekitar 450 meter. Sehingga ketika bolak-balik sebanyak 7 kali, maka jaraknya jadi 3,1 km.  

3 dari 4 halaman

Sejarah Bukit Shafa dan Marwah

Tetapi Muntu merasa apa yang dilakukannya masih belum sebanding dengan teriakan ibunya sekali saja saat melahirkannya. "Hal ini jadi bukti bahwa dia sangat mencintai ibunya," kata sang konten kreator.

Video tersebut telah disukai oleh 50,7 ribu lebih pengguna dan mendapatkan komentar dari ribuan pengguna TikTok. Di antaranya memuji sikap sang anak.

"Masya Allah dia sedang membawa surganya," kata seorang warganet. 

"Bapak itu sedang menggendong surganya," sambung warganet lagi.

"Pentingnya haji sama anak biar ada apa-apa langsung tanggap," celoteh yang lain. 

Mengutip dari kanal Hot , 4 Maret 2023, Shafa Marwah merupakan istilah yang kerap disebutkan dalam Islam. Safa Marwah merupakan dua bukit yang terletak di Masjidil Haram di Kota Mekkah, Arab Saudi tempat ibadah sa'i dalam ritual haji dan umroh.

Bukit Shafa dan Marwah ini merupakan  tempat suci maupun bersejarah bagi umat Islam. Sejarah terbentuknya bukit Shafa dan Marwah ini bahkan dijelaskan di berbagai buku, hadis dan Al-Qur'an. Kedua bukit tersebut sangat erat kaitannya dengan cerita Nabi Ismail.

4 dari 4 halaman

Erat dengan Kisah Nabi Ismail

Kedua bukit tersebut erat kaitannya dengan kisah Nabi Ismail yang merupakan putra dari Nabi Ibrahim, sang ibu Siti Hajar, serta kemunculan sumur zamzam. Berikut tentang Shafa dan Marwah juga disebut dalam AlQuran:

"Sesungguhnya Shofa dan Marwah adalah sebagian dari syiar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitulloh atau berumroh, maka tiada dosa baginya mengerjakan sa'i antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui." (Q.S. Al-Baqarah:158) 

Adapun rangkaian puncak ibadah haji 1444 H/2023 M sudah selesai. Jemaah haji Indonesia secara bertahap dipulangkan ke Tanah Air mulai 4 Juli 2023 kemarin.

"Kepulangan jemaah haji Indonesia akan dimulai 4 Juli 2023. Ada 18 kloter yang akan dipulangkan pada hari pertama pemulangan jemaah, mulai pukul 00.05 sampai 23.10 waktu Arab Saudi," sebut Kepala Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Bandara, Haryanto, ketika ditemui di Makkah, Minggu, 2 Juli 2023.

Jemaah kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Batam (BTH-01) jadi yang pertama kali dipulangkan ke Tanah Air lewat Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Mereka diberangkatkan dari hotelnya di Makkah paling lambat delapan jam sebelum jadwal penerbangannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat