uefau17.com

Apa Itu Summa Cum Laude, Predikat Tertinggi yang Disandang Beby Tsabina Usai Lulus Kuliah? - Lifestyle

, Jakarta - Kebahagiaan tengah menyelimuti aktris Beby Tsabina. Perjuangan selama empat tahun menempuh pendidikan di bangku universitas pun telah dilalui Beby Tsabina hingga mantap lulus dengan predikat summa cum laude.

Dikutip dari Indeed, Senin, 1 Mei 2023, summa cum laude adalah puncak penghargaan kehormatan Latin yang diterjemahkan menjadi "dengan kehormatan tertinggi". Biasanya diberikan kepada 1--5 persen lulusan terbaik. Summa cum laude adalah predikat tertinggi yang sangat mengesankan yang akan membuat Anda menonjol dari rekan-rekan setelah lulus.

Selain summa cum laude, penghargaan Latin lainnya adalah cum laude dan magna cum laude. Cum laude adalah frasa Latin yang berarti "dengan pujian", dan jika Anda mendapatkan gelar ini, itu berarti Anda lulus sebagai siswa teladan.

Seperti penghargaan akademik lainnya, universitas biasanya membutuhkan IPK tinggi untuk mendapatkan penghargaan ini. Bergantung pada persyaratan universitas atau perguruan tinggi, mereka dapat menentukan IPK yang tepat yang Anda butuhkan atau melihat peringkat Anda dibandingkan dengan rekan-rekan Anda.

Untuk lulus cum laude, Anda biasanya harus berada di setidaknya 30 persen teratas secara akademis. Untuk meraih predikat ini, biasanya IPK yang ditetapkan antara 3,5--3,7.

Magna cum laude adalah penghargaan Latin lainnya yang diterjemahkan menjadi "dengan kehormatan besar". Biasanya predikat ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah mencapai keunggulan akademik tetapi tidak termasuk dalam lulusan eselon atas.

Predikat ini biasanya pujian yang diperoleh 10 persen hingga 15 persen siswa teratas, meskipun ini juga dapat bervariasi menurut universitas dan program studi siswa. Untuk meraih predikat ini, biasanya IPK yang ditetapkan antara 3,8--3,9.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebahagiaan Beby Tsabina

Beby Tsabina tak dapat menutupi rasa bahagia dan bangganya telah lulus dengan predikat tertinggi, summa cum laude. Sederet momen dalam rangkaian potret pun ia bagikan melalui akun Instagram pribadinya yang terverifikasi.

"Alhamdulillah, Lulus!," demikian kata-kata pembuka dalam kolom keterangan unggahan pada Senin (1/5/2023) tersebut.

"3 years in Jakarta International College and 1 last year in Western Michigan University. 4 years flew by, mulai dari di jakarta memulai kuliah dengan sistem online dikarenakan pandemi sampai akhirnya bisa merasakan langsung university experience di US," lanjut aktris pemain film "Dear Nathan" tersebut.

Beby menambahkan bahwa kata-kata tidak dapat menggambarkan seberapa banyak hal yang telah ia pelajari dari pengalaman ini. Ia menyebut tak mudah rasanya memutuskan untuk belajar di luar negeri dan meninggalkan sejenak karier di Indonesia.

"Tapi, alhamdulillah dari awal sampai sekarang jalannya selalu dimudahkan dan ditambah bisa lulus dengan summa cum laude," terang Beby.

3 dari 4 halaman

Banjir Ucapan Selamat

"I'm grateful and thankful for everything that has happend to me through out this experience (Saya bersyukur dan berterima kasih atas semua yang telah terjadi pada saya selama pengalaman ini)," demikian tutup Beby Tsabina.

Setelah membagikan momen bahagia itu, kolom komentar unggahan Beby dibanjiri ucapan selamat, termasuk dari deretan pesohor negeri. "Congrats Beby.. @bebytsabina terbaik selalu untukmu , selamat juga buat mama @linda_darmawan03 salam buat keluarga semua♥️," tulis musisi Yovie Widianto.

"Congratulations Beby!" tulis Chelsea Islan. "Beby kerennnn, congrats sayanggg❤️❤️," tulis Felicya Angelista.

"Congraaaats!!!!" tulis Marsha Timothy. "Beby selamat yaa !! So proud of your new title and achievements! ❤️," tulis Acha Septriasa.

"Congrats cantik  proud of you," tulis Donna Agnesia. "So proud of youuuuu Bebyyy❤️❤️❤️❤️," ucap Rossa.

"congratulations!," tulis Zee JKT48. "yeeeesssss! congratzz beb!," tulis Pangeran Lantang. "Congraduation adikk cantikk," tulis Debi Sagita. "Waaaaa Slaamaatttt," demikian tulis aktor Tora Sudiro.

4 dari 4 halaman

Potret Bareng Orangtua

Di antara rangkaian potret, ada pula unggahan yang mengabadikan Beby Tsabina dengan orangtua tercinta. Keluarga Beby kompak berbalut batik yang dikenakan baik di kain dan sang ayah menggunakan kemeja batik lengan panjang.

Beby yang diapit oleh ayah dan ibunya tampak semringah. Ketiganya begitu bahagia dengan pencapaian yang diraih oleh aktris muda tersebut.

"couldn't made it here without your unconditional love and support, pa & ma (tidak bisa sampai di sini tanpa cinta dan dukungan tanpa syaratmu, pa & ma)," demikian bunyi keterangan unggahan tersebut.

Sementara di unggahan yang berbeda, Beby terlihat berpotret dengan kebaya birunya yang indah. Ia memadukan kebaya tersebut dengan kain batik, sepatu hak tinggi, dan rambutnya ditata updo.

"Officially, Cut Putri Tshabina, B.B.A," tulisnya singkat atas pencapaian akademiknya tersebut.

Deretan pesohor kembali mengucapkan selamat kepada Beby, "Congrats Beby! ❤️," tulis Ify Alyssa. "Congratsss bebbbbb," tulis Oza Rangkuti. "Congratsss beby," tulis Angel Lisandi.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat