uefau17.com

6 Fakta Menarik Trinidad dan Tobago, Asal Cabai Terpedas di Dunia - Lifestyle

, Jakarta - Trinidad dan Tobago adalah negara kepulauan di tenggara Hindia Barat. Negara ini terdiri dari dua pulau utama yaitu Trinidad dan Tobago, serta beberapa pulau kecil.

Membentuk dua penghubung paling selatan di rantai Karibia, Trinidad dan Tobago terletak dekat dengan benua Amerika Selatan, timur laut Venezuela dan barat laut Guyana. Trinidad, jauh lebih besar dari dua pulau utama, memiliki luas sekitar 4.800 km persegi. Sementara Tobago, jauh lebih kecil, dengan luas sekitar 300 km persegi, terletak 20 mil (30 km) di timur laut Trinidad.

Mengutip dari Britannica, Senin 20 Februari 2023, Tobago Kecil terletak sekitar satu mil dari pantai timur laut Tobago. Pulau itu disebut Pulau Burung Cendrawasih, Little Tobago pernah tercatat sebagai satu-satunya habitat liar burung cendrawasih yang lebih besar di luar Papua, namun burung itu tidak lagi ditemukan di sana. Selain itu cabai terpedas di dunia, Moruga Scorpion berasal dari Trinidad dan Tobago.

Trinidad dan Tobago memperoleh kemerdekaan dari Britania Raya pada 1962 dan memperoleh keanggotaan di Persemakmuran dan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun yang sama. Trinidad dan Tobago kemudian menjadi republik pada 1976.

Ibu kota Trinidad dan Tobago adalah Port of Spain yang terletak di pantai barat laut Trinidad. Masih banyak hal mengenai Trinidad dan Tobago, berikut enam fakta menarik Trinidad dan Tobago yang dirangkum pada Senin, 20 Februari 2023.

1. Sistem Pemerintahan

Konstitusi Trinidad dan Tobago yang merdeka, pertama kali diumumkan sebagai British Order in Council (1962). Gubernur jenderal yang ditunjuk oleh raja Inggris, kabinet, dan Parlemen bikameral, yang terdiri dari Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat.

Namun berdasarkan konstitusi yang diadopsi pada 1976, Trinidad dan Tobago adalah sebuah republik. Kepala negara adalah presiden yang dipilih oleh Parlemen. Perdana menteri merupakan kepala pemerintahan. Presiden menunjuk perdana menteri dari DPR yang biasanya selalu memimpin partai mayoritas.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sejarah Saat Ditemukan Christopher Columbus

Saat Christopher Columbus mencapai Trinidad pada abad ke-14 dalam pelayaran ketiganya, pulau itu dihuni oleh kelompok suku berbahasa Arawakan yang berasal dari wilayah delta Sungai Orinoco dan sejumlah kecil penutur bahasa Karibia. Di abad ke-16 banyak orang Trinidad yang merupakan Orang India ditangkap oleh pedagang budak Spanyol dan dikirim untuk bekerja di aset milik Spanyol.

Tetapi dalam perkembangannya Trinidad secara resmi diserahkan ke Inggris pada 1802. Saat ini sebuah kelompok yang disebut Santa Rosa Caribs dari Arima mengklaim sebagai keturunan sebagian dari penduduk asli dan berusaha untuk menjaga warisan mereka tetap hidup. Tobago dihuni oleh orang Indian berbahasa Karibia saat orang Eropa pertama kali tiba di sana. 

3. Etnis Keturunan Budak

Susunan etnis Trinidad didominasi oleh dua kelompok keturunan budak yang nenek moyangnya dibawa untuk bekerja di perkebunan kapas dan gula mulai akhir abad ke-18. Orang Indo-Trinidad, atau orang India Timur yang leluhur utamanya adalah buruh yang berimigrasi dari anak benua India sebagai pekerja perkebunan.

Orang-orang dari etnis campuran merupakan kelompok ketiga yang sedikit lebih kecil. Migran dari Spanyol dan negara-negara Eropa lainnya, Afrika, Asia Timur dan Tenggara dan Timur Tengah semuanya berkontribusi pada komposisi etnis.

Meskipun bahasa Inggris adalah bahasa resmi, kebanyakan orang berbicara bahasa Inggris Trinidad, bahasa kreol. Beberapa kelompok, kebanyakan di daerah pedesaan, berbicara bahasa kreol yang berasal dari Prancis, Spanyol, atau Hindi.

 

3 dari 4 halaman

4. Wisata Sejarah dan Pantai

Sekitar 40 menit berkendara ke timur laut dari Port of Spain, Maracas Bay adalah salah satu pantai paling terkenal di Trinidad. Sebuah teluk yang dalam melindungi palang pasir emas yang dikelilingi pohon palem, salah satu pantai terindah.

Pigeon Point, Tobago Banyak yang menganggap pantai pasir putih dan laut Pigeon Point adalah pantai yang paling indah di Tobago. Juga dikenal sebagai Pigeon Point Heritage Park, hamparan pasir karang pantai yang populer ini membutuhkan biaya masuk dan mencakup bar makanan ringan, toko, ruang ganti, dan tempat duduk yang tertutupi jerami.

Kursi berjemur juga tersedia untuk disewa. Perahu berangkat dari sini untuk perjalanan snorkeling ke Buccoo Reef dan berenang di Kolam nilon, sebuah gundukan pasir lepas pantai setinggi satu meter, dengan air pirus sebening kristal, yang terlihat seperti kolam renang raksasa.

Selain wisata pantai, ibu kotanya yang merupakan pusat bisnis juga menawarkan banyak arsitektur bergaya kolonial serta beberapa hal yang harus dilakukan turis jika Anda tinggal di sini selama beberapa hari. Arsitektur bergaya Renaissance mengesankan terdapat di gedung Parlemen Gedung Merah di Woodford Square, dan "Magnificent Seven," ada pula deretan mansion elegan di sepanjang ruang hijau yang luas di Queen's Park Savannah.

5. Terkenal dengan Satwa Burung Ibis

Burung ibis merah adalah burung nasional Trinidad dan Tobago. Hewan ini dapat dilihat di Caroni Bird Sanctuary, tepat di selatan Port of Spain.

Tempat ini juga memiliki tempat tur kapal sore berlayar ke muara untuk mencari burung-burung berwarna nyala yang spektakuler ini ketika mereka turun ke pohon-pohon dalam kelompok besar. Daerah ini kaya akan keanekaragaman hayati, dan wisatawan juga dapat melihat banyak spesies satwa liar lainnya seperti kuntul, kuntul, burung cormorant, pohon boas, trenggiling, dan caiman. Wisata memancing dan fotografi juga tersedia.

4 dari 4 halaman

6. Kuliner Khas Trinidad dan Tobago

Mengutip dari Taste Atlas, Senin, 20 Februari 2023, Pelau adalah masakan trinidad gurih yang terdiri dari daging seperti daging sapi atau ayam yang dipadukan dengan nasi, sayuran, bumbu segar, dan santan.

Daging secara tradisional dicokelatkan dengan gula sebelum dicampur dengan bahan lain. Hidangan ini biasanya dimasak dalam satu panci, sehingga ideal untuk pesta dan piknik. Hidangan sering disajikan dengan salad, saus pedas, atau chutney di sampingnya.

Selain itu ada Pholourie, hidangan pembuka Trinidad atau camilan yang disiapkan secara tradisional dan disajikan pada pertemuan keagamaan atau pesta ulang tahun. Gorengan ini dibuat dengan adonan kacang polong yang dibumbui dengan cabai dan berbagai bumbu.

Adonan diteteskan ke dalam minyak panas dan digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Pholouries juga dapat ditemukan di banyak toko roti di seluruh pulau. Makanan ringan biasanya disajikan dengan saus atau chutney di sampingnya.

Untuk kudapannya, Goolab jamoon merupakan suguhan Trinidad dan Tobago yang dikembangkan di bawah pengaruh masakan India. Gorengan ini terdiri dari susu, tepung, ghee, air, dan kapulaga bubuk.

Goreng hingga berwarna cokelat keemasan lalu tiriskan, gorengan diolesi sirup manis yang terdiri dari gula, air, dan jahe. Goolab jamoon sangat populer selama Diwali. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat