uefau17.com

6 Fakta Menarik Grenada, Pusat Kapal Pesiar Berlabuh di Karibia Timur - Lifestyle

, Jakarta - Grenada yang dikenal dengan nama Isle of Spice merupakan negara pulau di Hindia Barat. Negara ini adalah pulau paling selatan dari busur utara-selatan Antilles Kecil, terletak di Laut Karibia timur sekitar 160 km di utara pantai Venezuela.

Mengutip dari Britannica, Minggu 19 Februari 2023, ibu kota Grenada adalah St. George's yang terletak di pantai barat daya yang juga merupakan pelabuhan utama. Negara ini memiliki pelabuhan alami yang bagus, dan rumah-rumah berwarna pastelnya yang indah menjulang di lereng bukit dari tepi pantai. St. George's adalah pusat tempat kapal pesiar dan perahu sewaan di Karibia timur. 

Pada 1974, Grenada memperoleh kemerdekaan dalam Persemakmuran dan keanggotaan di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Grenada menjadi negara yang pertama dari enam Negara Asosiasi Hindia Barat yang melakukannya.

Grenada berasal dari gunung berapi, dengan punggung gunung yang membentang ke utara dan selatan sebagai lereng yang lebih curam ke barat dan kemiringan yang lebih bertahap ke timur dan tenggara. Titik tertinggi Grenada adalah Gunung St. Catherine 2.757 mdpl di bagian utara pedalaman.

Masih banyak hal mengenai Grenada selain letak geografisnya. Berikut enam fakta menarik Grenada yang dirangkum pada Minggu, 19 Februari 2023.

1. Sebagian Besar Penduduk dari Etnis Afrika

Sebagian besar penduduknya berkulit hitam, berasal dari budak Afrika dan ada sebagian besar mulatto dan campuran lainnya. Ada juga minoritas kecil orang India Timur, keturunan buruh kontrak yang dibawa untuk menggantikan budak yang dibebaskan yaitu keturunan pemukim Prancis dan Inggris kuno dan imigran baru dari Amerika Utara dan Eropa.

Meskipun bahasa Inggris adalah bahasa yang diterima, suatu bentuk logat masih dituturkan oleh orang tua di pedesaan. Hampir setengah dari populasi adalah Protestan. Lebih dari sepertiga adalah Katolik Roma dan sebagian kecil tetapi signifikan dari populasi memeluk agama Rastafarian dan Yehuwa.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Grenada Ditemukan Columbus

Grenada terlihat oleh Christopher Columbus pada 1498, ketika ia berlayar melewati pulau itu tanpa mendarat dan memberinya nama Concepción. Asal usul nama Grenada hingga kini masih belum jelas.

Setelah orang Eropa pertama kali menemukannya, Grenada didominasi selama 150 tahun oleh orang-orang Carib yang suka berperang, yang sebelumnya membunuh Arawak yang lebih damai. Pada 1609 para pedagang Inggris berusaha untuk membentuk sebuah pemukiman, tetapi orang Karib memaksa mereka untuk pergi.pemukiman Prancis

3. Mengalami Masa Emansipasi Budak

Awalnya Gubernur Prancis Martinique, Jacques-Dyel du Parquet membeli Grenada dari sebuah perusahaan Prancis pada 1650 dan mendirikan pemukiman di St. George's. Grenada tetap menjadi bagian Prancis hingga 1762, ketika menyerah kepada Inggris. Wilayah itu secara resmi diserahkan ke Inggris pada 1763 oleh Perjanjian Paris.

Pada 1779 itu direbut kembali oleh Prancis, tetapi dikembalikan ke Inggris pada 1783. Di akhir abad ke-18 Inggris mengimpor sejumlah besar budak dari Afrika untuk bekerja di perkebunan gula.

Selama 1795 dan 1796, ketika kebijakan Prancis mendukung penghapusan perbudakan, terjadi pemberontakan melawan pemerintahan Inggris, dipimpin oleh seorang penanam Prancis dan didukung oleh Prancis di Martinik. Pemberontak membantai sejumlah orang Inggris, termasuk letnan gubernur, tetapi pemberontakan berhasil dipadamkan. Emansipasi budak akhirnya berlaku pada 1833.

3 dari 4 halaman

4. Penghasil Pala Terbesar Kedua

Ternyata bukan Indonesia saja yang terkenal dengan rempah pala hingga membuat para penjajah Portugis dan Belanda datang mengarungi samudera. Grenada mengandalkan komoditas pala untuk menopang perekonomian mereka adalah pala.

Sebanyak 20 persen pala yang ada di dunia berasal dari negara ini. Disebutkan bahwa hanya Indonesia yang dapat mengungguli produktivitas Grenada dalam menghasilkan pala. Terkenalnya pala di Grenada membuat kulinernya ikut terpengaruh dengan satu sajian dessert es krim pala yang terkenal di kalangan para warga lokal. 

5. Pariwisata Grenada 

Grenada sebagai tempat berlabuh kapal pesiar memiliki banyak tempat wisata menarik. Salah satunya Sandy Island dengan hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit dengan naik perahu. 

Menariknya, pantai di pulau ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut berwarna biru jernih. Terdapat juga cagar alam yang di dalamnya terdapat banyak pohon palem.

Tak sekadar berenang, menyelam dan naik speed boat juga merupakan aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di sini. Selain itu ada Pantai Levera sebagai salah satu pantai terindah yang ada di Grenada. Air lautnya terkenal berwarna biru bening dengan pasir coklat keemasan yang memukau.

Pemandangan pantai di sini semakin indah dengan banyaknya pohon palem yang berjejer rapi di tepi pantai. Disarankan berkunjung pada bulan Maret hingga Agustus, karena akan berkesempatan melihat kedatangan penyu yang bertelur kemudian kembali lagi ke lautan.

4 dari 4 halaman

6. Kuliner Grenada

Mengutip dari Taste Atlas, Minggu 19 Februari 2023, Chicken Stew Grenadian merupakan hidangan tradisional Karibia yang berasal dari Grenada. Biasanya dibuat dengan kombinasi ceker ayam, kaldu ayam, saus tomat, bawang merah, bawang putih, paprika, wortel, gula, garam, merica, bubuk kari, oregano, dan bubuk paprika.

Ayam, wortel, bawang bombay, paprika, dan bawang bombay dibumbui dengan paprika, oregano, garam, merica, dan bubuk kari, lalu direbus dengan gula dan direbus dalam kaldu ayam dan sedikit saus tomat. Rebusan dibiarkan mendidih hingga ayam menjadi sangat empuk hingga daging terlepas dari tulangnya.

Setelah selesai, rebusan ini secara tradisional diberi ketumbar dan disajikan apa adanya atau di atas nasi putih. Dianjurkan untuk memasangkan hidangan dengan segelas jus coklat kemerah-merahan.

Selain itu untuk kulinernya Oil Down juga menjadi hidangan nasional Grenada. Hidangan sederhana dari negara sederhana ini adalah makanan di satu panci beraroma yang terdiri dari sayuran lokal, umbi tepung, pisang hijau, daging asin, dan campuran berbagai bumbu.

Semua bahan digabungkan dalam panci besar dan dimasak dalam santan, memberi nama hidangan tersebut, merujuk pada santan yang mendidih dan diserap oleh semua bahan lainnya hingga hanya minyak kelapa yang tersisa di dasar panci. Persiapan hidangan ini sama pentingnya dengan hidangan itu sendiri, karena secara tradisional dimasak di atas api terbuka di pantai tempat keluarga menghabiskan sepanjang hari.

Saat memasak semua orang ikut membantu sehingga perasaan komunal sejati muncul saat hidangan dimasak selama beberapa waktu. jam. Hidangan dan pesta komunal memberikan contoh bagus dari budaya Karibia terbaik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat