uefau17.com

Yuk, Kenali Sustainable Beauty dan Cara Menerapkannya! - Lifestyle

, Jakarta Munculnya beberapa tren di media sosial mulai dari mode pakaian, gaya hidup hingga kecantikan yang kini semakin berkembang. Hadirnya produk kecantikan yang berkembang seperti makeup maupun skincare, tentu akan menimbulkan masalah bagi lingkungan sekitar seperti limbah plastik. Well, atas kesadaran itulah muncul new tren yang saat ini banyak diminati beauty enthusiast, yaitu Sustainable Beauty.

Kenali sustainable beauty nggak hanya menjadi tren terkini lho, tetapi juga penting bagi kesehatan kulit. Oleh karena itu, demi menerapkan pola hidup yang ramah lingkungan, penting sekali untuk kenali sustainable beauty lebih dekat. Berikut sederet tips dan alasan mengapa pentingnya menjadikan rutinitas kecantikan lebih sustainable. Yuk, simak!

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenali si New Tren : Sustainable Beauty

Sustainable Beauty merupakan konsep atau aktivitas penggunaan kecantikan tentang memilih skincare dan makeup yang aman bagi makhluk hidup serta ramah lingkungan. Nggak hanya penggunaan kemasan yang minim plastik, tapi harus mempertimbangkan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya agar tetap aman untuk lingkungan. 

Dilansir dari elle.com, menjelaskan bahwa tujuan utama bisnis kecantikan adalah untuk memungkinkan planet dan masyarakatnya berkembang. So, bergerak dan kenali sustainable beauty adalah hal yang penting demi kepentingan bumi di masa mendatang. Tapi, kenapa ya sustainable beauty tuh penting banget untuk jangka panjang? Yuk, cari tahu di bawah ini.

3 dari 4 halaman

Alasan Beralih Produk Ramah Lingkungan

1. Vegan dan cruelty-free

Produk kecantikan ramah lingkungan memegang erat konsep vegan​ dan cruelty​ free​. Vegan artinya produk tersebut tidak mengandung bahan apapun yang berasal dari hewan. Baik itu bahan yang dihasilkan, maupun bahan yang terkandung dari bagian tubuh hewan. Sementara itu sebuah produk disebut cruelty-free​ jika sepanjang proses produksinya tidak melakukan uji coba terhadap hewan sama sekali. Baik produk akhirnya, maupun bahan-bahannya.

Hal tersebut akan menjadi suatu alasan bahwa standardisasi itu penting dalam pembuatan produk sustainable beauty. Jangan sampai bahan dengan klaim alami dan natural yang berasal dari alam, namun ternyata proses pembuatannya bertentangan dengan isu etis dan lingkungan. So, sebagai konsumen yang pintar penting sekali untuk riset dan kenali dari sustainable beauty untuk membeli produk kecantikan yang ramah lingkungan. 

2. Manfaat Jangka Panjang

Seringkali bahan-bahan kimia dalam produk kecantikan menimbulkan berbagai masalah iritasi, alergi, dan ketergantungan bagi pemakainya. Paparan bahan kimia dalam jangka panjang akan meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti sakit kepala, ketidakseimbangan hormon, hingga kanker.

Dengan itu penting sekali untuk beralih ke produk yang sudah sustainable beauty, karena diformulasi dari bahan-bahan yang alami. Inilah alasannya mengapa produk sustainable beauty tidak berbahaya bagi tubuh dan memiliki manfaat yang jangka panjang. Dibandingkan bahan sintetik yang sebagian besarnya berasal dari turunan minyak bumi (tidak sustainable), bahan yang natural tentu memiliki beberapa keunggulan dari segi manfaatnya.

4 dari 4 halaman

Tips Memulai Sustainable Beauty

1. Hindari Beauty Tools Sekali Pakai!

Beralih ke produk yang dapat digunakan kembali adalah tips paling ampuh untuk menuju pola hidup lebih ramah lingkungan. Dengan cara itu dapat mengurangi limbah yang ada di sekitar lingkungan. Di dunia kecantikan sendiri, kamu bisa menggunakan beauty tools berupa kapas yang bisa digunakan kembali alias reusable cotton pad untuk menghapus makeup dan mengaplikasikan toner.

Nggak hanya itu, kamu harus mulai terbiasa menggunakan brush makeup yang dapat dicuci dan digunakan kembali daripada menggunakan spons dan aplikator sekali pakai.

2. Manfaatkan Kemasan Produk Kecantikan dengan Benar

Setelah produk kecantikan yang kamu gunakan benar-benar habis, kamu dapat menyalurkannya ke komunitas atau tempat yang dapat mendaur ulang produk bekas kemasan tersebut. Kamu juga bisa lho menggunakan botol bekas skincare sebagai pot tanaman atau kreasi DIY lainnya.

3. Cari Tahu Produk Ramah Lingkungan

Ketika ingin mulai beralih ke produk baru yang ramah lingkungan, penting sekali untuk melakukan riset dan kenali sustainable beauty lebih dulu. Perbanyak informasi dari berbagai sumber terkait produk-produk dengan klaim ramah lingkungan. Cari tahu juga kandungannya, apakah memang aman untuk kulit dan lingkungan. 

Nggak hanya itu, lakukan riset mengenai proses produksi dan kemasan yang digunakan. Sebaiknya, pilihlah produk dengan kemasan bebas plastik, bisa didaur ulang, ataupun hasil daur ulang. Oh iya, penting juga lho untuk memastikan produk tersebut harus bebas dari uji coba pada hewan.

So, itulah penjelasan mengenai sustainable beauty dan tips cara untuk menerapkannya. Yuk, tunggu apalagi kenali sustainable beauty lebih dekat dan pastikan kamu menggunakan produk kecantikan yang ramah lingkungan, ya!

 

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat