uefau17.com

Makna 3 Suvenir Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, dari Midodareni hingga Resepsi - Lifestyle

, Jakarta - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dinyatakan sah sebagai pasangan suami istri pada Sabtu, 10 Desember 2022. Berbagai prosesi pernikahan adat Jawa pun dilalui dari siraman, midodareni, hingga ngunduh mantu.

Ribuan tamu undangan yang hadir tak pulang tanpa buah tangan. Keluarga Kaesang dan Erina sudah menyiapkan tiga jenis suvenir untuk masing-masing acara, yaitu midodareni, akad nikah, dan resepsi pernikahan yang mengundang tamu VVIP.

Menurut Anaria Souvenir, penyedia suvenir pernikahan Kaesang dan Erina, pada Senin (12/12/2022), suvenir yang dipilih Kaesang dan Erina untuk tamu acara midodareni adalah candle crystal jar. Lilin aromaterapi ditaruh dalam wadah kristal kaca yang memberikan kesan mewah dan elegan.

Lilin itu ditaburi bunga kecil berwarna-warni yang menambah kesan estetis. Lilin, kata Ria Saktia, pemilik usaha Anaria Souvenir, melambangkan harapan dan bimbingan dan mewakili kehidupan, kebijaksanaan, dan kepemimpinan. 

Lilin juga kerap menjadi simbol pengorbanan, yang artinya rela berkorban satu sama lain untuk masa depan yang lebih sempurna. Diharapkan dengan suvenir ini, kedua pasangan dapat saling membimbing dan rela berkorban satu sama lain. 

Pihaknya menambahkan aksen wax seal pada kartu ucapan terima kasih untuk memberikan aksen adat Jawa yang kental. Suvenir pernikahan tersebut dimasukkan dan dibungkus menggunakan boks hijau. 

Suvenir kedua ditujukan untuk tamu undangan akad nikah Kaesang dan Erina yang berlangsung di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo pada Sabtu, 10 Desember 2022. Bentuknya kali ini berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makna Suvenir Akad Nikah

Ika menyebut, pasangan Kaesang dan Erina kembali memilih suvenir yang sederhana tetapi tetap berkesan mewah dan elegan. Satu set cangkir beserta teko jadi pilihan. Perabot rumah tangga itu diumpamakan seperti hati manusia.

Ujung teko yang terlihat seperti mulut manusia dengan air yang keluar dari teko menceriminkan ucapan dan sikap, dalam pernikahan, maknanya seperti  menuangkan isi hati melalui ucapan. Ucapan yang dimaksud adalah janji pernikahan yang pernah disebutkan saat ijab kabul. Sedangkan, cangkir merupakan simbol menyambut atau menerima apa yang telah dituangkan dari teko.

Pada teko berwarna putih itu dihiasi huruf inisial kedua pasangan. Sementara, pada cangkir berwarna hijau diberi sentuhan motif bunga anggrek berwarna kombinasi hijau tua dan emas yang memancarkan kesan elegan. Penentuan motif dan bentuk dipertimbangkan secara matang. Motif tersebut disebut melambangkan akhir yang indah dari sebuah penantian. 

Masih ada suvenir ketiga yang ternyata dipilih khusus oleh Iriana Jokowi, ibunda Kaesang. Apa wujudnya?

3 dari 4 halaman

Makna Suvenir Resepsi Pernikahan

Ria mengungkapkan bahwa Iriana Jokowi terjun langsung memilihkan jenis suvenir resepsi VIP. Menurut dia, Iriana memilih suvenir tersebut berdasarkan manfaat, bukan semata faktor harga.

"Suvenir yang dipilih berdasarkan preferensi ibu Iriana, yaitu dilihat dari nilai manfaat, kemudian nilai estetikanya," ujar Ria.

Suvenir yang dipilih adalah butterfly soap dispenser, yang pastinya memiliki manfaat untuk setiap tamu undangan. Botol sabun itu sengaja dipilih warna putih dan kemudian diberi aksen gambar kupu-kupu yang memberikan kesan mewah dan elegan. 

"Kupu-kupu melambangkan perjalanan yang penuh perjuangan hingga mencapai bentuk yang indah," ujar Ria saat menghubungi lewat pesan pada Minggu, 11 Desember 2022. 

Untuk mendukung kesan elegan pada suvenir, pemberian warna emas pada box merupakan pilihan yang tepat. Sementara, tulisan inisial nama yang dibingkai menunjukkan kesan simpel. 

Acara resepsi ngunduh mantu digelar dalam dua sesi, yakni siang dan malam. Sejumlah tamu penting menghadiri acara pernikahan tersebut, seperti Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, hingga Pangeran Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Khalid bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

4 dari 4 halaman

Pernikahan Kaesang dan Erina

Prosesi akad nikah Kaesang Pangarep dimulai pada pukul 13.00 WIB. Kakak Erina, Allen Adam Rinaldy Gudono menjadi wali nasab dari pihak mempelai perempuan saat menikahkan adiknya dengan putra bungsu Presiden Jokowi.

Akad nikah itu disaksikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mewakili pihak keluarga Presiden Jokowi dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno mewakili pihak keluarga Erina. Kaesang yang mengenakan beskap berwarna putih lengkap dengan blangkon mengucapkan ijab kabul dengan lancar tanpa pengulangan. Melansir dari Regional, , Kaesang memberikan seperangkat alat salat, uang Rp300 ribu, dan empat logam mulia seberat 10,12, 20, dan 22 gram sebagai mahar pernikahan. 

Sementara itu, prosesi ngunduh mantu Kaesang dan Erina akan digelar di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Minggu, 11 Desember 2022. Usai prosesi ngunduh mantu, kedua mempelai dikirab dengan kereta kencana menuju Pura Mangkunegaran Solo. Di sana dilakukan tasyakuran atau resepsi pernikahan yang dihadiri ribuan tamu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat