uefau17.com

Kota Busan Berwarna Ungu, Sambut BTS dan Penggemar - Lifestyle

, Jakarta - Kota terbesar kedua di Korea, Busan, dibanjiri warna ungu, menyambut boyband K-pop BTS dan penggemar globalnya. Ungu adalah lambang warna BTS, yang akan memeriahkan konser "Yet to Come in Busan" secara gratis di Stadion Utama Asiad di timur laut Busan pada Sabtu, 15 Oktober 2022 untuk mendukung upaya kota tersebut menjadi tuan rumah World Expo 2030.

Mengutip The Korean Times, Sabtu (15/10/2022), Busan memasang 600 lampu ungu di sepanjang jalan dekat tempat konser dengan harapan mereka akan mendapatkan julukan, "BTS Road." Itu juga menerangi tempat-tempat wisata utama kota seperti Gunung Hwangnyeong, Menara Busan dan Jembatan Pelabuhan Busan dengan warna ungu sebagai bagian dari acara pencahayaan khusus yang akan berlangsung hingga 17 Oktober.

Konser mendatang juga akan disiarkan langsung di layar besar yang dipasang di tempat parkir luar ruangan terminal internasional Pelabuhan Busan, mengundang sekitar 10 ribu penonton. Tak lama setelah konser selesai, kota pelabuhan itu berencana menggelar pertunjukan drone di Pantai Gwangalli pada pukul 9 malam.

"Kami berharap semua pengunjung kami menikmati pemandangan ungu kota kami dan menemukan permata tersembunyinya," kata Walikota Busan Park Heong-joon. "Kami akan menjadikan konser mendatang sebagai acara yang akan hidup di hati orang-orang."

Pada hari konser BTS, Busan akan mengerahkan sekitar seribu pegawai negeri dan pekerja lainnya untuk memandu orang banyak di Stadion Utama Asiad, dan menurunkan sekitar 200 penerjemah ke pusat transportasi umum utama. Kota ini akan meningkatkan pemantauan pendirian penginapan dan restoran untuk mencegah mereka dari pengunjung yang berlebihan, yang diproyeksikan menjadi sekitar 100 ribu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rangkaian Acara

Perusahaan manajemen BTS, HYBE, telah menyiapkan serangkaian acara yang dapat dinikmati penggemar sebelum dan sesudah konser septet, sebagai bagian dari proyek "The City". Proyek ini bermaksud untuk memperkaya pengalaman penggemar dengan mengubah seluruh kota menjadi "taman bertema BTS," dan itu berhasil menandai dimulainya di Las Vegas pada bulan April lalu.

Begitu penggemar BTS tiba di Busan, mereka dapat langsung mengunjungi pameran foto "2020 BTS EXHIBITION: Proof in BUSAN" di Haeundae LCT dan membeli barang-barang terkait BTS di toko merchandise resmi di cabang Lotte Department Store utama Busan. Kemudian, mereka dapat mengunjungi Lotte World Adventure Busan yang telah disulap menjadi taman hiburan bertema BTS, sebelum beristirahat di hotel bertema BTS seperti Paradise Hotel, Grand Josun dan Park Hyatt.

"Konser mendatang sejalan dengan rilisan BTS pada bulan Juni, 'Proof', yang mencatat sejarah grup," kata HYBE dalam sebuah pernyataan. "Para anggota akan menampilkan beberapa lagu hits mereka yang paling terkenal yang tidak hanya untuk penggemar mereka, tetapi juga menyambut non-penggemar untuk bernyanyi bersama. Pertunjukan ini akan mampu menarik minat orang-orang di Busan dan World Expo 2030 juga."

Bersamaan dengan Piala Dunia dan Olimpiade, World Expo adalah salah satu acara internasional terbesar. Korea dan Arab Saudi, antara lain, telah mengajukan tawaran untuk mengadakan acara tersebut pada tahun 2030 dan pemenang finalnya akan diumumkan pada bulan November tahun depan.

3 dari 4 halaman

Bukan Konser Biasa

Konser Yet To Come di hadapan sekitar 50.000 ARMY, sebutan bagi penggemar BTS bukanlah konser biasa. Konser gratis BTS ini menjadi salah satu cara sekaligus obsesi Busan dan pemerintah Korea Selatan agar bisa menjadi tuan rumah World Expo 2030.

Beberapa waktu lalu, Hybe --- agensi yang menaungi BTS --- merilis pernyataan mengenai konser grup vokal Bangtan Boys di World Expo 2030 Busan, Korea Selatan. 

Dalam HYBE menegaskan bahwa BTS akan tampil tanpa bayaran dalam konser kali. Ini juga upaya mewujudkan harapan mereka di masa lalu untuk membuat konser gratis bersama penggemarnya.

Di samping itu, hal ini juga merupakan salah satu partisipasi BTS dalam acara-acara nasional. Korea Selatan akan melakukan segalanya. Busan, kota terpadat kedua di Korea Selatan, bahkan sudah meminta pemerintah untuk membebaskan ketujuh anggota BTS dari wajib militer sehingga mereka bisa menjadi wajah dari penawaran expo.

 

4 dari 4 halaman

Didanai Sponsor

Konglomerat bisnis besar membiayai kampanye iklan besar-besaran mempromosikannya. Para pemimpin negara pun mendorong Korea Selatan menjadi negara ketujuh di dunia yang menjadi tuan rumah ketiga acara besar global selama bertahun-tahun, yang mereka yakini sebagai kunci untuk meningkatkan profil globalnya dan membangun soft power.

Mereka merebut Piala Dunia sepak bola pada 2002, serta Olimpiade pada musim panas 1988 dan musim dingin 2018. World Expo, yang diadakan selama enam bulan setiap lima tahun, akan menjadi hadiah terakhir.

Mengutip Washington Post pada Sabtu (15/10/2022), promosi mereka menghadapi berbagai tantangan. Konser ini membawa mimpi buruk untuk kota ini, dan jajak pendapat menunjukkan bahwa 3,4 juta penduduk Busan tidak menyukai upaya tersebut.

Acara ini dimulai pada 1851 sebagai perayaan budaya dan inovasi dari seluruh dunia. Bagi negara-negara yang baru berkembang, gelaran ini melambangkan kehadiran mereka di peringkat atas negara-negara, kata Nicholas J. Cull, seorang ahli diplomasi publik di University of Southern California.

Bagi mereka yang memiliki reputasi yang lebih kuat, hal ini dapat berfungsi sebagai pengingat akan status mereka. Korea Selatan lebih dekat dengan kategori kedua itu. Korea Selatan merupakan negara dengan ekonomi terbesar ke-10 di dunia, dan Busan adalah kota konvensi yang populer dan rumah bagi Festival Film Internasional Busan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat