uefau17.com

Top 3 Berita Hari Ini: Saat Sepeda Jadi Benang Merah World Bicycle Day dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia - Lifestyle

, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang peringaran World Bicycle Day atau Hari Sepeda Sedunia dilakukan bersamaan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. World Bicycle Day sendiri jatuh pada 3 Juni, dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau Work Environment Day pada 5 Juni.

Sepeda dianggap sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan, maka ada seruan untuk memperingatinya bersama dengan tema "Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia". 

Lebih dari seribu pesepeda dari berbagai komunitas di Jadetabek mengikuti Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerja sama dengan Bike to Work (B2W), Minggu, 5 Juni 2022. Berita kedua yang banyak menarik perhatian adalah tentang Kabupaten Bener Meriah di Aceh, Indonesia.

Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran Kabupaten Aceh Tengah berdasarkan Undang-Undang No. 41 Tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Bener Meriah di Provinsi Aceh. Penduduk terbesar di wilayah ini adalah suku Gayo, suku Aceh, dan suku Jawa. Bahasa Gayo, bahasa Aceh, dan bahasa Jawa dipakai oleh sebagian besar penduduk selain bahasa Indonesia.

Di Bener Meriah terdapat bandara Rembele yang melayani Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Berita ketiga yang banyak diminati adalah tentang rencana naiknya harga tiket masuk Borobudur dari Rp50 ribu menjadi Rp750 ribu untuk wistawan nusantara yang tengah ramai jadi perbincangan.

Lalu, bagaimana dengan harga tiket yang ditetapkan pada warisan budaya dunia UNESCO lainnya seperti Angkor Wat dan Machu Picchu?Sebelumnya, kabar rencana kenaikan tiket masuk Borobudur disampaikan Menteri Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi Luhut, Binsar Pandjaitan.

Ia melanjutkan, langkah tersebut dilakukan guna menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya Nusantara. Ketiga bahasan itu terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Berikut ringkasannya. 

Saat Sepeda Jadi Benang Merah World Bicycle Day dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Peringatan World Bicycle Day atau Hari Sepeda Sedunia dilakukan bersamaan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. World Bicycle Day sendiri jatuh pada 3 Juni, dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau Work Environment Day pada 5 Juni.

Sepeda dianggap sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan, maka ada seruan untuk memperingatinya bersama dengan tema "Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia". Aksi serentak bersepeda di seluruh kota di Indonesia ini dilakukan untuk memperingati World Bicycle Day dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022.

Selanjutnya…

6 Fakta Menarik Bener Meriah, Penghasil Kopi Arabika Gayo yang Sudah Diakui Dunia

Bener Meriah adalah kabupaten di Aceh, Indonesia, yang diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri pada 7 Januari 2004. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran Kabupaten Aceh Tengah berdasarkan Undang-Undang No. 41 Tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Bener Meriah di Provinsi Aceh.

Kabupaten Bener Meriah yang beribu kota di Simpang Tiga Redelong memiliki luas 1.454,09 km persegi. Terbagi menjadi 10 Kecamatan dan 233 desa. Jumlah penduduknya 148.616 jiwa pada 2012.

Selanjutnya… 

Cara Angkor Wat dan Machu Picchu Dirawat, Harga Tiket Mahal Seperti Rencana di Candi Borobudur Jadi Jaminan?

Kabar rencana naiknya harga tiket masuk Borobudur dari Rp50 ribu menjadi Rp750 ribu untuk wistawan nusantara (wisnus) tengah ramai jadi perbincangan. Berangkat dari itu, bagaimana dengan harga tiket yang ditetapkan pada warisan budaya dunia UNESCO lainnya seperti Angkor Wat dan Machu Picchu?

Sebelumnya, kabar rencana kenaikan tiket masuk Borobudur disampaikan Menteri Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi Luhut, Binsar Pandjaitan, melalui keterangan dalam unggahan Instagram pribadi pada Sabtu, 4 Juni 2022. "Kami juga sepakat dan berencana membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5000 rupiah saja. Sedangkan untuk masuk ke Kawasan Candi akan akan tetap mengikuti harga yang sudah berlaku," tulis Luhut.

Selanjutnya…

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat