uefau17.com

Langkah-Langkah Memijat Diri Sendiri untuk Mengurangi Stres - Lifestyle

, Jakarta - Pentingnya sentuhan tidak lagi bisa disangkal. Sentuhan, termasuk pijatan, juga telah terbukti mengurangi stres, memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, mengatur pencernaan, dan membantu berempati.

Demi rutinitas sehari-hari yang menenangkan, setiap orang bisa memijat diri sendiri, dari ujung kepala hingga kaki. Simak panduan langkah-langkahnya, seperti dilansir dari The Good Trade, Rabu, 2 Maret 2022.

Bersiap-siap

Terapis pijat berlisensi Butch Phelps, menyarankan mengambil pendekatan lebih sederhana. Ia berkata, "Ada beberapa kesalahpahaman yang buruk tentang pijatan, seperti menggunakan rolling pin atau benda keras lain untuk memaksa otot melepaskan ketegangan."

"Yang benar, pijatan harus mencakup pelepasan dengan lebih sedikit tekanan fisik," ia menambahkan. Phelps menjelaskan bahwa jika terlalu banyak tekanan diterapkan, tubuh secara alami akan melawan rasa sakit dengan mengontraksikan otot-otot, sehingga membuat pijatan lebih sulit dinikmati dan memberi kelegaan yang nyata.

Elemen lain yang perlu dipertimbangkan adalah lingkungan sekitar. Menurut Amy LeBlanc, terapis pijat bersertifikat dan pendiri Finding Balance, suasana itu penting. "Luangkan waktu untuk menciptakan suasana yang tepat di rumah," katanya.

"Buat suasana ruangan sesantai mungkin. Meredupkan (cahaya). Mainkan musik yang lembut dan menenangkan. Ambil beberapa bantal dan selimut. Pertimbangkan beberapa aromaterapi," imbuh LeBlanc.

Pemijatan juga bisa dilakukan menggunakan minyak. Salah dua rekomendasinya adalah keluaran merek Mustika Ratu. Minyak Zaitun Serbaguna, dalam keterangan yang diterima , beberapa waktu lalu, disebut "lebih dari sekedar minyak pijat dan memiliki ragam manfaat dari ujung kepala hingga kaki."

Bahan-bahan utamanya terdiri dari zaitun, biji mojokeling, aromatic essential rose, dan jasmine oil. Saat saya coba untuk memijat bagian leher, minyak ini memberi aroma menenangkan, juga tidak meninggalkan kesan lengket di kulit.

Pilihan lainnya adalah Minyak Zaitun Lemongrass. Minyak pijat ini diklaim memberi efek hangat, yang benar saja saat saya aplikasikan untuk memijat bagian lengan, dan aroma merelaksasi. Seperti varian sebelumnya, minyak pijat ini juga mudah meresap dan tidak lengket.

Bahan-bahan minyak pijatnya terdiri dari minyak zaitun, serai, cajuput leaf oil, vitamin E, dan aromatic essential oil. Formulasi ini dijelaskan sanggup melembapkan kulit, menghangatkan dan melancarkan peredaran darah, menutrisi kulit, serta merelaksasi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Memijat Kepala

Oleskan sedikit minyak pijat agar tidak "menyeret kulit," kata aromaterapis bersertifikat yang berbasis di Inggris, Alison Angold. Ia menyarankan untuk melakukan gerakan menyapu ke atas, menggunakan telapak tangan untuk leher dan jari penuh untuk pipi.

Di atas dan di sepanjang rahang, serta di dahi, buat lingkaran dengan lembut menggunakan ujung jari. Kemudian untuk bagian dahi, gunakan seluruh tangan untuk mengelusnya dari tengah ke samping.

Cubit dengan lembut atau cukup tekan titik-titik di sepanjang alis, dan gunakan jari manis untuk membuat lingkaran di bawah mata. Angold mengatakan gerakan-gerakan ini akan membantu meredakan ketegangan, mengangkat kulit, terutama pada rahang, meredakan alis yang berkerut, serta membantu mengurangi sakit kepala.

Untuk memijat kulit kepala, gunakan satu tangan untuk menopang satu sisi kepala, lalu gunakan ujung jari untuk menciptakan "gesekan," kata Angold. Ini tidak hanya akan melepaskan ketegangan di kulit kepala, tapi juga merangsang sirkulasi ke folikel rambut untuk mendorong pertumbuhan.

3 dari 6 halaman

Lengan, Tangan, Pundak, dan Leher

Untuk mulai memijat bahu dan leher, terapis pijat prenatal dan pendiri spa Glow Birth & Body, Sara Lyon, menawarkan sarannya. Gunakan jari-jari di atas otot bahu yang besar dan putar jari di atasnya, sehingga bisa merasakan serat di bawah kulit Anda, katanya.

Untuk menambah kedalaman teknik, turunkan telinga Anda ke bahu yang berlawanan untuk meregangkan otot trapezius sambil terus memijat area tersebut. Angold menyarankan agar beristirahat di permukaan yang nyaman untuk memijat lengan bawah yang sering terlupakan.

Lalu, gunakan telapak tangan atau lengan bawah yang berlawanan untuk melakukan sapuan-sapuan dari pergelangan tangan hingga siku. Untuk lengan atas, Angold mengatakan untuk berulang kali "menggenggam" dengan tangan yang berlawanan sambil bergerak ke atas menuju bahu.

Sementara dalam merawat tangan, gunakan ibu jari yang berlawanan untuk membuat lingkaran di bagian atas tangan dan di telapak tangan. Kemudian, pijat setiap jari dan tarik perlahan ke bawah.

4 dari 6 halaman

Memijat Kaki

Lyon mencatat bahwa kaki punya titik-titik tekanan untuk merawat seluruh tubuh dan pikiran. Langkah pemijatan yang ditawarkannya adalah duduk dalam pose kupu-kupu dan buka kaki seperti sedang membuka buku.

Gunakan ibu jari untuk menekan ke dalam area berongga yang lembut tepat di bawah mata kaki. Pijat titik-titik akupresur dengan tekanan perlahan dan mantap.

Sedangkan Angold menyarankan agar menggunakan kedua tangan untuk melakukan sapuan panjang dan tegas dari mata kaki hingga paha. Di paha, pegang dengan kedua tangan dan lakukan gerakan meremas lembut, yang katanya tidak hanya akan melepaskan ketegangan, tapi juga timbunan lemak di area tersebut.

5 dari 6 halaman

Produk Seri Zaitun

Selain minyak pijat, seri rangkaian zaitun dari Mustika Ratu juga punya beberapa produk lain. Masuk dalam daftarnya adalah sabun wajah anti-polusi yang diklaim dapat membantu membersihkan kotoran dan sisa polusi sampai ke dalam pori-pori, sehingga kulit wajah terasa bersih dan segar.

Ada juga masker wajah anti-polusi yang dapat membantu mengangkat kotoran, sisa polusi, dan sel-sel kulit mati. Lalu, shower gel yang menjaga kelembapan kulit. Produk tersebut juga tersedia dalam bentuk soap bar.

Terdapat pula body scrub yang efektif mengangkat sel kulit mati dengan tetap menjaga kelembapan kulit. Body butter yang melembapkan dan melembutkan kulit kering atau sangat kering. Hand and body lotion yang juga berfungsi untuk melembapkan dan menutrisi kulit.

Disusul hand and body sanitizer spray yang mengandung lima bahan alami diklaim efektif membunuh kuman, virus, dan bakteri pada tangan, benda, maupun udara sekitar. Terakhir, hand gel dengan fungsi serupa, namun di saat bersamaan menjaga kelembapan kulit tangan.

6 dari 6 halaman

Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat