uefau17.com

Penuhi Asupan Vitamin B-12, Anda Bisa Konsumsi Sederet Seafood Ini - Lifestyle

, Jakarta Sudahkah Anda memenuhi kebutuhan vitamin B-12 hari ini? Bila belum, yuk melihat kembali makanan-makanan apa saja sih yang bisa membantu kamu mencukupi vitamin yang juga disebut kobalamin ini.

Vitamin B-12 memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh manusia. Diantaranya untuk memproduksi sel darah merah, mencegah kerusakan saraf, menjaga fungsi kognitif, hingga menunjang beberapa proses biologis dalam tubuh. 

Karena tubuh manusia tidak bisa memproduksi sendiri vitamin B-12, maka Anda harus mengonsumsi produk hewani dan nabati yang mengandung vitamin B-12. Sebab, orang dewasa secara umum membutuhkan sekitar 2,4 mikrogram vitamin B-12 setiap harinya.

Dengan mencukupi asupan vitamin B-12, Anda bisa terhindari dari berbagai keluhan kesehatan, seperti anemia, tubuh mati rasa atau kebas, kesemutan, badan lemas, bahkan nyeri saraf.

Pemenuhan vitamin B-12 bisa didapatkan dari berbagai makanan, seperti produk susu, telur, ayam, daging merah dan makanan laut atau seafood. Untuk yang terakhir disebut, kira-kira jenis seafood apa saja yang bisa memenuhi asupan vitamin B-12? Berikut ini daftarnya seperti dikutip dari KlikDokter.

1. Ikan Salmon

Satu porsi salmon seberat 3 ons mengandung hampir dua kali lipat jumlah vitamin B-12 yang dibutuhkan orang dewasa dalam sehari. Selain kaya vitamin B-12, Salmon juga menyimpan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan pembuluh darah.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Ikan Tuna

Cara murah dan rendah kalori untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin B-12 Anda dengan mengonsumsi ikan tuna. Hanya dengan 3 ons tuna, dapat memberikan 100 persen nilai harian Anda. Tapi, ingat ya jangan campur tuna dengan mayones. Sebaiknya campur tuna dengan paprika merah, bawang bombay, minyak zaitun, lalu timbun di atas salad. 

3. Ikan Trout

Selain rendah kalori dan sumber protein tanpa lemak yang bagus bagi tubuh, 3 ons ikan trout dapat memberikan hampir 100 persen nilai vitamin B12 harian Anda. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa coba dengan cara panggang fillet atau seluruh ikan dengan bumbu segar, sayuran, dan banyak lemon.

3 dari 3 halaman

4. Kerang

Selain ikan, kerang juga salah satu sumber makanan yang dengan kandungan vitamin B-12 tinggi. Selain itu, besarnya protein tanpa lemak dan zat besi yang dimiliki kerang bagus untuk menunjang fungsi tubuh manusia.

5. Gurita dan Kepiting

Kedua seafood ini juga bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan asupan vitamin B-12 lho. Pastikan mengolah makanan dengan cara yang tepat dan sehat untuk mendapatkan manfaat positif.

Meskipun berperan dalam mensuplai vitamin B-12 bagi tubuh, namun jangan berlebih dalam mengonsumsi makanan laut atau seafood, agar manfaatnya bagi tubuh bisa optimal dan tidak membahayakan kesehatan.

"Konsultasikan pada dokter mengenai batas maksimal konsumsi makanan-makanan itu agar tak mengganggu kesehatan Anda secara umum," jelas dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, MSc dari KlikDokter.

Sangat penting untuk memastikan bahwa makanan kaya vitamin B12 di atas terdapat dalam menu harian Anda. Sebab, kekurangan vitamin B12 dapat mencetuskan berbagai keluhan kesehatan, seperti anemia, tubuh mati rasa atau kebas, kesemutan, badan lemas, bahkan nyeri saraf.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat