uefau17.com

Kerja Tidak Fokus karena Sering Mengantuk? Mulai Sekarang Amalkan Doa Ini - Islami

, Jakarta - Rasa kantuk merupakan suatu bawaan alamiah dari tubuh manusia. Kantuk bisa datang kapan saja, termasuk saat bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.  

Akan tetapi, ada juga orang-orang yang sangat mudah mengantuk sehingga membuat kerjaan tertunda karena tidak fokus. Walaupun umumnya seseorang mengantuk dikarenakan kurang tidur, namun ternyata ada hal lain yang menjadi faktor penyebabnya.

Sebagaimana dikutip dari laman Health , menyebutkan bahwa diantara faktor penyebab kantuk tersebut seperti tidak berolahraga sebelum bekerja, kekurangan minum air dan zat besi, tidak sarapan, dan kondisi tempat kerja yang berantakan.

Berbagai macam cara mungkin sudah dicoba misalnya dengan meneguk minuman berkafein seperti kopi dan teh untuk menghilangkan rasa kantuk, namun ternyata tetap tidak mempan. Lantas, apa yang harus dilakukan?

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Penangkal Kantuk

Mengutip dari laman NU Online, KH Achmad Chalwani dalam bukunya Risalah Doa & Shalawat menjelaskan ijazah dari Al-‘Arif Billah KH Nahrowi Dalhar (1870-1959) Watucongol, Muntilan, Magelang, tentang doa penangkal rasa kantuk. 

Doa itu merupakan penggalan Al-Qur’an Surat al-Baqarah ayat 255 atau yang lebih populer disebut ayat kursi. 

لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ 

Lā ta’khudzuḥū sinatuw walā naūm

Artinya: “Allah tidak mengantuk dan tidak tidur.” 

Adapun cara membacanya sebagaimana dijelaskan dalam buku, ayat tersebut dibaca sebanyak 7 kali setelah sholat fardhu atau sholat maktubah.  

Demikian doa agar tidak mudah mengantuk. Semoga bermanfaat untuk kita semua dalam menjalankan aktivitas kesehariannya. Aamin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat