uefau17.com

Manfaat Menakjubkan Sholat yang Jarang Disadari, Pembentukan Pribadi hingga Kesehatan - Islami

, Jakarta - Dalam Islam, sholat menjadi bagian aqidah yang penting. Sholat merupakan rukun Islam kedua dan menjadi penanda seorang muslim taat kepada Allah SWT.

Sholat tentunya salah satu hal yang hanya bersandar karena ibadah kepada Allah SWT, di sisi lain, sholat memiliki manfaat yang sangat krusial bagi kehidupan kita.

Sholat merupakan ibadah yang pertama kali diwajibkan oleh Allah SWT kepada Rosul-Nya. Melalui peristiwa Isra’ Mi’raj, Rasulullah SAW menerima perintah kewajiban mendirikan sholat lima waktu.

Allah memerintahkan umat Islam untuk mendirikan sholat lima waktu. Jumhur ulama sepakat bahwa sholat lima waktu tersebut hukumnya wajib atau fardhu ‘ain bagi umat Islam yang sudah ‘aqil-baligh.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peliharalah Sholatmu

Dalam Al-Qur’an, Alloh SWT telah berfirman mengenai ketentuan waktu sholat:

 فَإِذَا قَضَيْتُمُ ٱلصَّلَوٰةَ فَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ قِيَٰمًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا ٱطْمَأْنَنتُمْ فَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ ۚ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ كَانَتْ عَلَى ٱلْمُؤْمِنِينَ كِتَٰبًا مَّوْقُوتًا ( النساء: ١٠٣)

Artinya: "Maka apabila kamu telah menyelesaikan sholat (mu), ingatlah Alloh di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya sholat itu adalah fardlu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (Q.s An-Nisa ayat 103)

Dalam ayat lain Alloh SWT berfirman:

 حَٰفِظُوا۟ عَلَى ٱلصَّلَوَٰتِ وَٱلصَّلَوٰةِ ٱلْوُسْطَىٰ وَقُومُوا۟ لِلَّهِ قَٰنِتِينَ

Artinya: "Peliharalah semua sholatmu, dan (peliharalah) sholat wustho. Berdirilah untuk Alloh (dalam sholatmu) dengan khusyu". (Q.s Al-Baqoroh ayat 238)

 

 

3 dari 5 halaman

Sholat Tiang Agama

Bahkan, baginda Nabi juga dalam hadits nya mengatakan bahwa sholat 5 waktu merupakan tiangnya agama.

 الصلاة عماد الدين فمن اقامها فقد اقام الدين ومن هدمها فقد هدم الدين

Artinya: "Sholat itu adalah tiang agama (Islam), maka barangsiapa mendirikannya, sungguh ia telah menegakkan agama (Islam) itu; dan barang siapa merobohkannya, sungguh ia telah merobohkan agama (Islam) itu." (HR. Imam Al-Baihaqi)

Dalam sehari semalam, bagi umat Islam semua tentu tahu bahwa ketentuan sholat fardlu ada lima waktu, yakni: waktu dzhuhur, ‘ashar, maghrib, ‘isya, dan subuh.

4 dari 5 halaman

Ini Manfaat Sholat untuk Urusan Batin

Dibalik wajibnya melaksanakan Shalat fardlu, ternyata dari waktu sholat yang 5 waktu itu terkandung banyak hikmah yang bisa kita dapatkan jika dilihat dari faktor kesehatan, sains, psikologi dan lain-lain.

 1. Memberikan Ketenangan Batin

Bukan tanpa alasan Allah SWT menyuruh umat Islam untuk beribadah sholat lima waktu. Dengan melaksanakan sholat, hati kita menjadi tenang. Pada saat sholat, kita terkoneksi dengan Allah SWT dan seluruh alam semesta.

Jika Anda merasa batin tak tenang atau mudah terkena penyakit hati, maka mulai perbaiki sholat. Pada saat sholat, hayati setiap gerakan dan bacaan. Anda akan merasa lebih baik setelahnya.

2. Menjauhkan Kita dari Perbuatan Buruk

 Seseorang yang benar-benar rajin dan menghayati sholat lima waktu akan terhindar dari berbagai macam penyakit hati. Saat menunaikan sholat, kita berpasrah kepada Allah SWT dan berkontemplasi.

Hal tersebut membuat kita lebih tenang dan lebih mampu berpikir bijak.

Untuk itu, rajinlah menunaikan sholat tepat waktu agar hati menjadi lebih tenang dan pikiran jernih. Keduanya adalah modal utama untuk menjalankan hidup yang bahagia dan bermanfaat.

3. Sholat Membuat Kita Menjadi Pribadi yang Teratur dan Berkomitmen

Untuk bisa melaksanakan sholat, dibutuhkan komitmen tinggi. Bayangkan saja, di sela-sela aktivitas, kita harus meluangkan waktu lima kali sehari untuk beribadah. Tentu itu membutuhkan kemauan yang tinggi.

Kegiatan sholat lima waktu juga dapat membuat kita menjadi lebih teratur. Setiap sholat dibatasi oleh waktu-waktu tertentu dan kita tidak boleh melakukannya di luar batas waktu tersebut.

Komitmen tinggi dan sifat teratur akan menjadikan kita sebagai pribadi yang sangat bertanggung jawab. Hal tersebut wajib ada di dalam diri manusia sebagai pemimpin di muka Bumi dan sebagai makhluk yang paling sempurna.

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Sholat untuk Kesehatan Tubuh

4. Sholat Melemaskan Sendi-Sendi Tubuh

 Aktivitas yang padat dan beberapa hal menyebabkan tubuh menjadi pegal. Kondisi ini bisa membuat kita mudah lelah dan juga tidak bertenaga untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan gerakan sholat.

Gerakan sholat terbukti baik dari segi kesehatan tubuh. Ia melemaskan sendi-sendi dan membuat kita menjadi lebih rileks. Namun tentu saja hal itu akan terjadi jika kita melakukan gerakan yang tepat dan tidak asal-asalan apalagi terburu-buru waktu melakukan sholat.

5. Sholat Membuat Pencernaan Lebih Baik

Beberapa gerakan sholat sangat baik untuk pencernaan, misalnya gerakan sujud dan rukuk. Dengan rutin melakukan sholat dan mengonsumsi makanan bergizi, pencernaan pun akan lebih lancar. Hal ini akan berdampak baik pada sistem metabolisme tubuh Anda.

6. Melancarkan Peredaran Darah

Tahukah Anda bahwa gerakan-gerakan sholat sangat sempurna dalam melancarkan peredaran darah? Gerakan rukuk misalnya, memusatkan darah pada bagian atas tubuh dan tasyahud berfokus pada tubuh bagian bawah.

Dengan melaksanakan sholat secara rutin, peredaran darah akan lebih lancar dan merata. Ini akan membuat Anda merasa lebih baik dalam menjalani hari dan juga membuat Anda lebih sehat.

Nah itu dia 6 manfaat sholat bagi kehidupan yang sebaiknya umat muslim ketahui. Sejumlah ulama turut menyarankan agar umat muslim selalu meningkatkan sholatnya. Sebab, selain meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT juga berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat