uefau17.com

3 Golongan Manusia yang Tak Rasakan Takut dengan Dahsyatnya Kiamat - Islami

, Jakarta - Hari kiamat akan tiba pada waktunya. Kepastian datangnya hari kiamat merupakan janji Allah SWT sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur’an surah Al-Hajj ayat 7. 

Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur." (Al-Hajj:7)

Dalam Al-Qur’an juga gambaran tentang hari kiamat dijelaskan. Keadaan di hari akhir sangat mengerikan. 

Berdasarkan surah Al-Qoriah, manusia di hari kiamat bagaikan laron yang berterbangan di sekeliling lampu pada malam hari. Keadaan ini menggambarkan manusia yang kebingungan dan tidak tahu arah tujuannya.

Jika dibayangkan, kedahsyatan hari kiamat tentu bisa saja membuat manusia ketakutan. Apalagi pada hari akhir itu bumi yang merupakan tempat tinggal manusia akan hancur beserta isi-isinya.

Meski demikian, ada beberapa golongan yang tak akan merasakan ketakutan dengan dahsyatnya kiamat. Golongan yang tak akan merasakan ketakutan hari kiamat telah disebutkan oleh Rasulullah SAW. Siapa saja mereka? 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mereka yang Tak Akan Ketakutan saat Kiamat

Dalam hadis riwayat Thabrani, tiga golongan yang tidak akan ketakutan di hari kiamat yaitu orang yang membaca Al-Qur’an semata-mata mengharap ridha Allah, dai yang mengajak sholat semata-mata mengharap ridha Allah, serta orang yang menjaga hubungan baik dengan tuannya dan bawahannya.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِى الله عَنْهًما قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاَثَةٌ لَا يَهُوْلُهُمُ الْفَزَعُ الأكْبَرُ وَلَا يَنَالهُمُ الحِسَابُ هُمْ عَلى كَثِيبٍ مِنْ مِسكٍ حَتَّى يُفْرَغَ مِنْ حِسَابِ الخَلائِقِ رَجُلٌ قَرأَ القُرآنَ ابْتِغَآْءَ وَجْهِ اللهِ وَاَمَّ قَوْماً وَهُمْ بِهِ رَاضُوْنَ وَدَاعٍ يَدْعُوْنَ إلى الصَّلواتِ ابْتِغآء وجْهِ اللهِ وَرَجُلٌ اَحْسَنَ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ مَوَالِيهِ. (رواه الطبراني في معاجم الثلاثة).

Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda, “Tiga orang yang tidak akan mengalami ketakutan pada hari yang sangat menakutkan dan mereka tidak akan dihisab, mereka berada diatas tumpukan kasturi hingga selesai hisab terhadap semua manusia: (1) Seseorang yang membaca Alquran semata-mata mengharap ridha Allah, dan ia mengimami suatu kaum sedang mereka menyukainya; (2) Dai yang mengajak shalat semata-mata mengharap ridha Allah SWT; (3) Orang yang menjaga hubungan baik antara ia dengan tuannya dan antara ia dengan bawahannya.” (HR Thabrani)

Itulah tiga golongan yang disebutkan Rasulullah SAW tidak akan merasa takut pada hari kiamat. Semoga kita termasuk golongan tersebut. 

3 dari 3 halaman

Orang yang Tak Akan Dipandang Allah di Hari Kiamat

Di samping itu, dalam hadis nabi yang lain disebutkan bahwa pada hari kiamat juga terdapat tiga golongan yang tak akan dipandang Allah. Siapa saja mereka?

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلاَثَةٌ لاَ يَنْظُرُ اللهُ إِلَيْهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الْعَاقُّ لِوَالِدَيْهِ وَمُدْمِنُ الْخَمْرِ وَالْمَنَّانُ بِمَا أَعْطَى

Artinya: “Dari Abdullah bin Umar, Rasulullah Saw. bersabda, ‘Tiga macam orang, Allah tidak mau memandang kepada mereka di hari kiamat, yaitu orang yang menyakiti kedua orangtuanya, orang yang gemar minum khamr (minuman keras), dan orang yang suka menyebut-nyebut apa yang telah diberikannya’." (HR. Baihaqi nomor 17805, Ibnu Hibban nomor 7340, dan lainnya)

Berdasarkan hadis tersebut bahwa orang yang tak akan dipandang Allah di hari kiamat adalah orang yang menyakiti kedua orangtuanya, orang yang gemar minuman keras, dan orang yang suka menyebut kembali apa yang telah diberikannya.

Semoga kita termasuk orang yang dipandang Allah SWT di hari kiamat dan termasuk orang yang mendapat syafaat dari Rasulullah SAW. Aamiin. Wallahu’alam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat