uefau17.com

Doa untuk Pengantin Baru, Agar Menjadi Keluarga yang Samawa - Islami

, Jakarta - Pernikahan dalam Islam dipercaya sebagai penyempurna agama. Menikah merupakan ibadah seumur hidup yang bernilai pahala. Tentu saja apabila pernikahan dilakukan dengan cara yang sah sesuai syariat.

Selain itu, pasangan yang sudah menikah sudah seharusnya bersama membangun kehidupan rumah tangga yang harmonis tanpa kekerasan baik fisik maupun mental. Itulah definisi ibadah seumur hidup yang dimaksud dalam agama Islam.

Pernikahan merupakan fase kehidupan yang sangat membahagiakan, apalagi jika menikah dengan sang pujaan. Perjuangan yang berakhir di pelaminan adalah impian bagi banyak orang.

Ketika menyaksikan sahabat, keluarga, atau kerabat menjadi pengantin, kadang kita turut merasakan kebahagiaan yang mereka rasakan. Maka sebaiknya kita juga memberikan doa-doa yang terbaik untuk kedua mempelai.

Dirangkum dari laman dream.co, berikut bacaan doa yang bisa diamalkan agar rumah tangga sang pengantin menjadi sakinah, mawadah dan warahmah.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa untuk Pengantin Baru

Biasanya acara pernikahan digelar dengan mengundang sanak saudara dan teman-teman. Jika mendapatkan undangan pernikahan, dianjurkan untuk menghadiri walimah. Tak hanya memberikan ucapan selamat, menghadiri undangan walimah juga bertujuan memberikan doa untuk pengantin baru yang sedang berbahagia.

Mengutip dari Kitab Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalami Sayyid al-Abrar karya Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, terdapat doa untuk pengantin baru yang sepatutnya kita ucapkan bagi pasangan mempelai yang baru saja melangsungkan akad nikah.

Berikut doa untuk pengantin baru bahasa Arab yang disebutkan dalam kitab tersebut:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ. بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْكُمَا فِيْ صَاحِبِهِ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Baarakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Baarakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin.

Artinya: “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan."

3 dari 3 halaman

Doa Lainnya

Akad nikah biasanya disaksikan oleh orang-orang terdekat. Saat menghadiri akad nikah, sebaiknya para tamu mengucapkan doa untuk pengantin baru. Bagi mempelai pengantin juga perlu mengucapkan doa sebagai rasa syukur karena diberi kesempatan untuk menyempurnakan ibadahnya.

Berikut doa yang dianjurkan dibaca oleh mempelai laki-laki sambil memegang ubun-ubun mempelai perempuan setelah akad nikah:

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya."

Doa untuk pengantin baru setelah akad nikah ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

"Jika dari kalian menikahi seorang wanita, maka ucapkanlah: 'Ya Allah sungguh aku meminta kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang Engkau ciptakan atasnya dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan apa yang Engkau ciptakan atasnya'. Dan bila seseorang membeli unta, maka peganglah ubun-ubunnya dan ucapkanlah seperti itu.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat