uefau17.com

Top 3 Islami: Jenazah Mbah Moen Utuh Meski Sudah 4 Tahun Dimakamkan di Ma'la - Islami

, Jakarta - Semasa hidup, banyak kisah luar biasa KH Maimoen Zubair. Beliau adalah sosok kiai nan lengkap. Alim dalam ilmu agama sekaligus dalam bidang sosial kemasyarakatan.

Salah satu kekhasan Mbah Maimoen adalah tawadhu, rendah hati. Beliau juga dikenal sangat memuliakan tamu, sanak, hingga santri-santrinya.

Banyak karomah Mbah Moen yang dikisahkan oleh para santrinya. Karomah adalah keistimewaan berupa kejadian luar biasa di luar nalar yang biasanya terjadi pada waliyullah.

Bahkan, keistimewaan Mbah Moen juga terlihat ketika beliau wafat di Tanah Suci dan dimakamkan di Ma'la, Makkah. Jenazah Mbah Moen utuh meski sudah dimakamkan selama 4 tahun. Diketahui, Mbah Moen wafat pada 19 Agustus 2019 lalu.

Artikel mengenai jenazah utuh Mbah Moen ini menjadi artikel paling menyita perhatian di kanal Islami , Selasa (25/7/2023). Artikel lainnya yakni kisah sosok sahabat Nabi yang jenaka tapi jahil, Nuaiman bin Amr bin Rafa'ah.

Selengkapnya mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jenazah KH Maimoen Zubair Masih Utuh Usai 4 Tahun Dimakamkan, Ini Karomah Mbah Moen Saat Wafat

Sosok ulama kesohor KH Maimoen Zubair masih terus diperbincangkan walau sudah empat tahun meninggal dunia. Mbah Moen wafat di Tanah Suci pada Selasa, 6 Agustus 2019, saat beribadah berhaji.

Baru-baru ini, ada kabar dahsyat dari Makkah. Jenazah Mbah Moen utuh meski sudah dimakamkan empat tahun silam.

Memang, beberapa tahun sekali makam di Ma'la akan dibongkar dan dipindahkan. Sebab, kompleks tersebut sudah penuh sesak.

Kabar ini disampaikan oleh pendakwah muda, Gus Rifqil Muslim, melalui twit di akun Twitternya @rifqilmoeslim.

"Setiap 4 tahun sekali, kuburan akan dibongkar dan jenazah akan dipindahkan. Alhamdulillah Beberapa hari yang lalu makam KH. Maimoen Zubair dibongkar, jenazah beliau masih utuh & tetap dimakamkan di Ma’la," cuitnya, dikutip Senin malam (24/7/2023).

Dalam khazanah Islam, hanya orang-orang istimewa yang jenazahnya tetap utuh usai dimakamkan bertahun-tahun. Di antaranya adalah waliyullah.

Semasa hidup, Mbah Moen dikenal alim dan tawadhu. Beliau adalah ulama terkemuka yang kerap jadi rujukan. Di antara santri-santrinya yang juga dikenal alim adalah KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Masya Allah, Jenazah KH Maimoen Zubair Masih Utuh Saat Makam Ma'la Dibongkar

Almaghfurlah KH Maimoen Zubair dikenal sebagai sosok yang alim. Meski berilmu tinggi, Mbah Moen sangat tawadhu, atau rendah hati.

Beliau bisa bercengkerama dengan masyarakat biasa dan awam, namun juga biasa berinteraksi dengan petinggi negeri. Mbah Maimoen dikenal sangat memuliakan tamu.

Mbah Maimoen juga dikenal memiliki berbagai karomah. Bahkan, hingga wafat-nya di Tanah Suci, banyak kisah keistimewaannya.

Terkini, ada kabar luar biasa. Jenazah Mbah Moen utuh meski telah meninggal 4 tahun silam.

Kabar ini disampaikan oleh Gus Rifqil Muslim, pendakwah yang juga pengasuh pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikma, Kaliwungu, Kendal, melalui twit di akunnya, @rifqilmoeslim.

"Setiap 4 tahun sekali, kuburan akan dibongkar dan jenazah akan dipindahkan. Alhamdulillah Beberapa hari yang lalu makam KH. Maimoen Zubair dibongkar, jenazah beliau masih utuh & tetap dimakamkan di Ma’la," cuitnya, dikutip Senin malam (24/7/2023).

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Kisah si Jahil Nuaiman, Satu-satunya Sahabat yang Berani Kerjai Nabi SAW

Mungkin dalam bayangan kita suasana saat zaman Nabi Muhammad SAW dahulu adalah suasananya serius, berperang dan sebagainya. Terlebih di daerah padang pasir yang suasananya panas.

Jarang terlintas di benak kita jika ada sahabat Nabi Muhammad SAW yang berani melucu dan bahkah mengerjai Rasulullah. Bukannya marah, Nabi akhir zaman justru terpingkal-pingkal dibuatnya.

Ada satu sosok sahabat Nabi, namanya Nuaiman bin Amr bin Rafa'ah, ia merupakan salah satu pengikut setia dan berjasa dalam menyebarkan ajaran Islam. Beberapa riwayat menyebutkan tentang kebaikannya dan partisipasinya dalam berbagai peristiwa sejarah Islam.

Nuaiman bin Rufaah adalah salah satu sahabat yang dikenal karena kecintaannya pada Rasulullah dan Islam. Beberapa sumber menyebutkan bahwa ia adalah seorang pedagang dan seorang pahlawan dalam peperangan Islam.

Selain itu, ia juga terkenal dengan kebaikan hatinya dan kemurahan dalam membantu sesama. Ia juga sosok yang kocak dan humoris.

Selengkapnya baca di sini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat