uefau17.com

4 Keutamaan Membaca Surah Al-'Ashr, Saling Menasihati dalam Kebenaran - Islami

, Jakarta - Al-‘Ashr sendiri artinya adalah “masa”. Surah yang terdiri atas tiga ayat ini termasuk dalam golongan surah makkiyah dan diturunkan setelah surah Al-Insyirah. Diberi nama surah Al-‘Ashr karena merujuk pada lafaz al-‘ashr yang terdapat pada ayat pertama.

وَالۡعَصۡرِۙ (1) اِنَّ الۡاِنۡسَانَ لَفِىۡ خُسۡرٍۙ (2) اِلَّا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوۡا بِالۡحَقِّ ۙ وَتَوَاصَوۡا بِالصَّبۡرِ (3)

Wal’ ashr. Innal insaana lafii khusr. Illal ladziina aamanu wa ‘amilus shaali haati watawaa shaubil haqqi wa tawaa shaubis shabr.

Artinya: “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.” (QS Al-‘Ashr: 1-3)

Surah ini berisi mengenai peringatan Allah SWT tentang golongan orang yang merugi, kecuali orang yang beramal saleh. Dengan kata lain, surah ini berisi ajakan untuk melakukan kebaikan dan bersabar agar tidak termasuk dalam golongan orang-orang yang merugi tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keutamaan Membaca Surah Al-'Ashr

1. Senantiasa melakukan amal saleh

Seperti dijelaskan sebelumnya, orang-orang mukmin menjadi pengecualian dari golongan manusia merugi sepanjang hidup. Oleh karena itu, hal ini menjadi sebuah catatan penting agar kita mengerjakan amal saleh sebagai bekal di akhirat kelak.

Perintah mengerjakan amal saleh dalam surah Al-'Ashr dijelaskan juga dalam surah Al-Kahfi ayat 110 yang artinya:

“Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang shalih dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Tuhannya”.

2. Mengajarkan pentingnya keimanan

Secara etimologi, beriman bisa diartikan sebagai percaya kepada Allah dengan sepenuh hati yang dibuktikan dengan perkataan dan perbuatan. Surah ini menekankan bahwa iman menjadi pondasi utama bagi umat Muslim. 

Ikrar iman paling dasar sebenarnya tertuang dalam rukun iman yang pertama, yakni membaca dua kalimat syahadat. Dalam Al-Qur'an surah Al-Hujurat ayat 15 dijelaskan bahwa, “Sesungguhnya orang-orang mukmin yang sebenarnya adalah mereka yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu, dan mereka berjihad dengan harta dan jiwanya di jalan Allah. Mereka itu orang-orang yang benar.”

3. Menasihati dalam kebenaran

Dalam surah ini, kita diajarkan untuk memiliki kepedulian terhadap sesama manusia dalam mencari kebenaran yang hakiki. Sebab, terkadang kita dikaburkan dengan yang mana kebenaran dan mana yang bukan. Seperti disebutkan dalam surah Al-Mu'minun ayat 70, kita terkadang menganggap kebenaran sebagai kekeliruan, dan sebaliknya.

4. Melatih kesabaran

Risalah menasihati dalam kesabaran yang terkandung dalam surah Al-'Ashr adalah adanya ajaran nilai untuk bersabar dalam menjalani berbagai ujian yang diberikan oleh Allah SWT. Tidak hanya di mulut saja, makna sabar tersebut harus tertanam dalam jiwa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat