uefau17.com

Keutamaan Surat 3 Qul, Baca Rutin Setelah Shalat Fardhu - Islami

, Jakarta Keutamaan surat 3 qul, yakni surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas ada banyak sekali. Meski surat tersebut tergolong surat-surat pendek dan mudah dihafalkan, namun surat 3 qul memiliki kedudukan dan keutamaannya tersendiri dalam ajaran agama Islam.

Keutamaan surat 3 qul dapat dilihat bagaimana ketiga surat ini menjadi salah satu bacaan wirid setelah sholat. Tidak hanya itu, surat 3 qul juga dibaca dalam serangkaian bacaan Yasin dan tahlil untuk mendoakan orang yang meninggal.

Dilihat dari betapa seringnya surat 3 qul dibaca, terutama dalam wirid setelah sholat, ketiga surat tersebut jelas memiliki keutamaan yang luar biasa. Sebagai contoh, membaca surat Al-Ikhlas, sebagaimana dikatakan Nabi SAW memiliki pahala yang setara dengan membaca sepertiga Alquran.

Selain itu, masih ada banyak lagi keutamaan dari surat 3 qul. Berikut adalah keutamaan surat 3 qul seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (17/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Senilai Sepertiga Alquran

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, salah satu surat yang termasuk dari surat 3 qul adalah surat Al-Ikhlas. Surat Al-Ikhlas memiliki keutamaan, yang djika dibaca memiliki nilai seperti membaca seper tiga Alquran.

Hal ini disebutkan dalam suatu riwayat, di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada para sahabatnya, “Apakah salah seorang di antara kalian merasa lemah untuk membaca sepertiga Al-Qur’an pada satu malam?” Maka itu berat bagi mereka, dan mereka berkata, “Siapakah di antara kami yang sanggup melakukan itu, wahai Rasulullah?” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Qul huwallahu ahad Allahush shamad (surah Al-Ikhlas) adalah sepertiga Al-Qur’an.” (HR. Bukhari) [HR. Bukhari, no. 5051; Fath Al-Bari, 9:95]

Dapat Memasukkan Seseorang ke Dalam Surga

Selain mendapatkan pahala senilai membaca sepertiga Alquran, membaca dan mencintai surat Al-Ikhlas juga dapat memasukkan seseorang ke surga. Hal ini dijelaskan dalam sebuah riwayat berikut,

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, “Ada seorang lelaki berkata, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku mencintai surah ini, ‘Qul huwallahu ahad’ (surah Al-Ikhlas).’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sesungguhnya dengan mencintainya dapat memasukkanmu ke surga.’” (HR. Tirmidzi)

3 dari 4 halaman

Mendapat Perlindungan dari Jin dan Penyakit Ain

Selain surat Al-Ikhlas, yang termasuk dari surat 3 qul adalah surat Al-Falaq dan An-Nas. Kedua surat tersebut memiliki keutamaan berupa perlindungan dari jin dan penyakit ain.

Dari Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu berlindung dari jin dan ‘ain (mata hasad manusia), sampai turun dua mu'awwidzatain (surah Al-Falaq dan surah An-Naas). Ketika keduanya turun, beliau mengambil keduanya dan meninggalkan yang lainnya. (HR. Tirmidzi)

Terhindar dari Sihir

Keutamaan surat 3 qul lainnya adalah mampu menghindarkan kita dari ancaman sihir dan segala ancaman di malam hari seperti hasad, atau was-was yang berasal dari bisikan setan. Maka tidak mengherankan jika Rasulullah mengajarkan untuk membaca surat 3 qul sebelum tidur.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila menghampiri tempat tidurnya, beliau menyatukan kedua telapak tangannya kemudian meniupnya, lalu membacakan pada keduanya, “Qul huwallahu ahad, Qul a’udzu birobbil falaq, Qul a’udzu birobbin naas.” Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangannya ke seluruh tubuhnya yang dapat ia jangkau. Beliau mulai dari kepala, wajah, dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukan itu tiga kali. (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 6320 dan Muslim, no. 2714]

4 dari 4 halaman

Waktu yang Tepat untuk Mengamalkan

Melihat bagaimana keutamaan ketiga surat pendek yang juga disebut sebagai surat 3 qul tersebut, penting bagi kita untuk terus mengamalkannya dengan baik. Adapu waktu yang tepat untuk mengamalkan surat 3 qul untuk mendapatkan keutamaannya adalah sebagai berikut:

1. Pagi dan Sore

Salah satu keutamaan surat 3 qul adalah perlindungan dari berbagai bentuk kejahatan dan marabahaya. Salah satu cara mendapatkan perlindungan adalah membaca surah 3 Qul pada saat pagi dan sore hari.

Rasulullah SAW bersabda, “Katakanlah (bacalah surah) qul huwallahu ahad (surah Al-Ikhlas) dan al-mu’awwidzatain (surah Al-Falaq dan An-Naas) ketika sore dan pagi sebanyak tiga kali, maka dengan ayat-ayat ini akan menjagamu dari segala keburukan”. (HR. Abu Daud dan An-Nasai)

2. Sebelum tidur

Tak hanya sebagai perlindungan dari hal-hal buruk, mengamalkan surah 3 Qul juga termasuk sunnah Rasulullah yang bisa diamalkan dengan rutin.

3. Ketika akan meruqyah

Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas atau surat 3 qul bisa menjadi doa dan wirid penyembuhan saat sakit. Manfaat surah ini tertulis dalam kitab Shahih Bukhari pada bab Meniupkan Bacaan Ketika Ruqyah.

4. Setelah melakukan sholat fardhu

Waktu terbaik untuk membaca surat 3 qul adalah setelah melaksanakan sholat fardhu. Hal ini sesuai dengan hadits dari Uqbah bin Amir yang berkata, “Rasulullah SAW memerintahkan kepadaku untuk membaca mu'awwidzatain di akhir shalat (sesudah salam)”. (HR. An-Nasai dan Abu Dawud)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat