uefau17.com

Komunitas Pesisir Inggris Bantu Muslim Jalani Puasa Ramadhan, Tanda Toleransi Agama Meningkat - Islami

, Haverfordwest - Ramadhan, bulan suci bagi umat Islam telah tiba.

Selama sebulan, umat Islam berpuasa - pantang makan dan minum - serta fokus pada perbaikan diri, refleksi diri dan memberi kepada yang kurang beruntung.

Momen berbagi tersebut belakangan ini terlihat di masjid Haverfordwest di Wales, Inggris. Muslim dan non-Muslim terlihat sedang berbuka puasa bersama.

Menurut keluarga Muslim di pesisir Inggris, kesadaran budaya akan bulan suci Ramadhan dilaporkan tumbuh di masyarakat.

Melansir dari BBC, Kamis (6/4/2023), sekolah-sekolah di kawasan Ceredigion dan Pembrokeshire juga terpantau telah mengadakan pertemuan di bulan Ramadhan, untuk menasihati siswa tentang bagaimana mereka dapat membantu teman mereka yang sedang berpuasa.

Sajida Madni, 43, dari Haverfordwest, Pembrokeshire, mengatakan kesadaran budaya Ramadhan telah meningkat di komunitas lokalnya selama setahun terakhir setelah pembukaan masjid pertama di kota itu pada Ramadhan lalu.

Nyonya Madni berkata, "Daerah ini biasanya kurang terpapar budaya lain, jadi ada kekhawatiran ketika kami pertama kali memulai apa yang kami biasa lakukan di masjid."

"Jadi kami mengundang semua tetangga untuk berbuka puasa untuk menunjukkan kepada mereka bahwa kami adalah orang biasa yang berbagi makanan dan berkumpul bersama."

"Kami adalah bagian dari komunitas yang lebih luas, bagian tak terpisahkan dari masyarakat Inggris, dan kami harus merayakannya."

Masjid ini juga menjalankan klub pemuda dengan berbagai kegiatan untuk komunitas sekitar. Klub ini dihadiri oleh Muslim dan non-Muslim, dan banyak orang membawa teman-teman mereka untuk berbuka bersama selama bulan tersebut.

Mustafa Yunis, seorang wali di Masjid Pusat Haverfordwest, mengatakan, "Sebuah masjid dimaksudkan untuk menjadi hub, sebuah pusat komunitas di mana semua orang berkumpul dan sangat bagus untuk mempunyai perwakilan dari komunitas lokal kami yang datang untuk makan bersama."

"Kami ingin orang merasa bahwa mereka adalah bagian dari komunitas kami juga."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan Sekolah

Ibu Madni juga menyoroti tingkat dukungan yang ditawarkan oleh sekolah anak-anaknya.

Putri Nyonya Madni, Aayah Yunis, dan dua anak di mana dia menjadi wali - Aziza dan Mariam Akhtar - adalah satu-satunya Muslim di sekolah menengah mereka, tetapi dia mengatakan sekolah sangat mendukung dan membantu mereka merayakan bulan suci Ramadhan.

Castle School di Pembrokeshire bahkan telah mengadakan majelis di bulan Ramadhan, memberikan tips kepada siswa tentang bagaimana mereka dapat membantu teman sekolah mereka yang berpuasa, serta menyediakan mushola untuk ketiga anak tersebut.

Pertemuan juga membantu mendobrak batasan dan membuka percakapan tentang keyakinan Muslim.

"Begitu banyak temannya mengajukan pertanyaan yang sebelumnya mereka rasa tidak dapat ditanya setelah usai pertemuan itu," kata Nyonya Madni.

Menggambarkan pengaruhnya terhadap dirinya, Aayah berkata, "Sangat menyenangkan untuk mengajari orang tentang hal itu karena membantu orang mempelajari hal-hal baru dan membantu saya mengekspresikan identitas Islam saya."

Castle School mengatakan bahwa program yang memungkinkan siswa berinteraksi dengan budaya yang berbeda "semakin memperkaya pengalaman belajar mereka dan memperluas wawasan mereka".

3 dari 4 halaman

Pergeseran Positif

Sara Ahmed, 40, dari Ceredigion mengatakan dia telah melihat "pergeseran positif" dalam pendekatan sekolah anak-anaknya menjelang Ramadan, yang juga secara proaktif mengadakan pertemuan tentang tradisi tersebut.

"Sebelum tahun ini, saya biasanya harus menelepon ke sekolah dan menjelaskan bahwa anak-anak akan berpuasa, dan bahwa mereka tidak akan makan atau minum di siang hari dan mereka mungkin perlu istirahat selama pelajaran olahraga. Sekolah selalu baik dan positif mengenai hal ini."

Namun, ini juga bukan sesuatu yang didorong oleh orang tua. Ini adalah pertama kalinya dalam pengalaman saya hal itu terjadi dan saya sangat menghargainya," katanya.

Dia mengatakan salah satu teman putranya bahkan menghubunginya dan mengatakan dia ingin mencoba dan berpuasa bersamanya.

“Di sekolah anak-anak, mungkin ada kurang dari 10 murid Muslim. Tapi dibandingkan dengan sekolah lain di daerah itu, jumlahnya cukup tinggi,” ujarnya.

"Tidak banyak Muslim di komunitas sini dan kadang-kadang Anda bisa merasa sedikit terlalu menonjol. Jadi untuk melihat orang-orang tertarik dan merangkul budaya kami itu luar biasa."

4 dari 4 halaman

Buka Puasa Massal di Inggris Dihadiri 500 Orang

Pada bulan April tahun lalu, sekitar 500 warga Muslim dan non-Muslim berkumpul di acara yang diselenggarakan oleh amal Ramadhan Tent Project (RTP), yang menyelenggarakan Open Iftar atau Buka Puasa Bersama. 

Dikutip dari laman Independent, Rabu (20/4/2022) Ratusan orang membuat sejarah dengan berkumpul di tangga Royal Albert Hall di bulan suci Ramadhan.

Open Iftar adalah proyek di seluruh Inggris di mana orang-orang dari semua agama yang datang bersama untuk buka puasa gratis setiap hari. Acara tersebut bertujuan untuk menghubungkan satu sama lain dan belajar lebih banyak tentang agama Islam.

Ratusan orang tiba di tempat ikonik di mana hidangan kurma, air, dan biryani (hidangan nasi Asia Selatan) disajikan di salah satu dari banyak acara yang diselenggarakan oleh RTP.

Pendiri dan kepala eksekutif badan amal tersebut, Omar Salha, mengatakan bahwa sejak memulai inisiatif ini hampir sepuluh tahun yang lalu, Open Iftar telah menghubungkan lebih dari 350.000 orang dan menyajikan lebih dari 150.000 makanan.

Pada awal proyek, dia mengatakan kepada The Independent: “Saya ingin menciptakan ruang kepemilikan dan inklusi bagi Muslim di Inggris selama Ramadhan."

Untuk lanjut membaca, klik di sini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat