uefau17.com

Golongan yang Rugi di Bulan Ramadhan, Siapa Mereka? - Islami

, Jakarta - Bulan Ramadhan sudah berjalan beberapa hari. Umat Islam di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa, tarawih, sedekah, membaca Al-Qur'an, dan amalan saleh lainnya di bulan suci.

Sejatinya seorang mukmin bahagia dengan datangnya Ramadhan. Sebab, Ramadhan menjadi bulan panen raya bagi hamba-hamba terkasih Allah SWT karena di bulan ini pahala dilipatgandakan. Di bulan ini kebaikan dimudahkan oleh Allah SWT, sementara kemaksiatan dipersulit.

Kendati Ramadhan disebut bulan mulia dan agung, Pengasuh LPD Al Bahjah KH Yahya Zainul Ma'arif alias Buya Yahya mengatakan bahwa ada saja orang yang tidak beruntung di bulan suci ini. Lantas, siapakah golongan yang merugi di bulan Ramadhan?

"Yaitu mereka yang tidak pernah rindu Ramadhan. Tidak mengerti agungnya Ramadhan, mulianya Ramadhan, sehingga mereka tidak berkeinginan untuk berbuat baik di bulan Ramadhan. Ramadhan hanya dilewati begitu saja tanpa ada tambahan kebaikan yang dilakukan, tanpa ada pengurangan kemaksiatan," sebut Buya Yahya dikutip dari YouTube Buya Yahya, Selasa (29/3/2023).

"Maka (ketika) dia memasuki Ramadhan, (lalu) keluar dari Ramqdhan seperti sebelum Ramadhan. Tidak ada perubahan. Maka dialah orang yang rugi," tambah ulama kharismatik ini.

Karena itu, Buya Yahya berpesan agar memperbanyak istighfar dan memohon ampun kepada Allah. Sebab, dosa akan memperberat seseorang untuk beramal baik.

"Maka sadari siapapun dari kita. Jika kita ingin berbuat baik kok susah, sesungguhnya adalah karena dosa-dosa kita. Sehingga dikatakan oleh para ulama, hukuman Allah kepada seorang hamba yang paling tampak adalah di saat dia susah melakukan kebaikan," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Amalan Sunah di Bulan Ramadhan

Mengutip NU Online, selain amalan wajib, pada bulan Ramadhan juga terdapat amalan sunah yang dapat dikerjakan. Berikut adalah sepuluh amalan sunah yang dapat diamalkan selama bulan suci.

1. Melaksanakan sahur

2. Menyegerakan berbuka puasa

3. Membaca doa saat berbuka puasa

4. Mandi besar

5. Menjaga ucapan

6. Menghindari hal-hal yang tidak sejalan dengan hikmah puasa

7. Memperbanyak sedekah

8. Memperbanyak i’tikaf di masjid

9. Memperbanyak membaca Al-Qur’an

10. Konsisten dalam menjalankan ibadah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat