uefau17.com

Kisah Perjuangan Sunan Giri, Ciptakan Lagu dan Permainan Anak Sebagai Metode Dakwah - Islami

, Jakarta - Walisongo merupakan istilah tokoh agama yang mengajarkan dan menyebarkan dakwah Islam di Indonesia yang terdiri dari 9 orang wali yang di antaranya, Sunan Giri

Ada beberapa panggilan yang sering di lekatkan kepada beliau yaitu Raden Paku, Prabu Satmata, Sultan Abdul Faqih, Raden 'Ainul Yaqin dan Joko Samudro. Sunan Giri adalah nama salah seorang Walisongo dan pendiri kerajaan Giri Kedaton,yang berkedudukan di daerah Gresik, Jawa Timur. 

Sunan Giri membangun Giri Kedaton sebagai pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa yang pengaruhnya bahkan sampai ke Madura, Lombok,Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Sunan Giri adalah keturunan ke-23 dari Nabi Muhammad SAW.

Beliau merupakan murid dari Sunan Ampel dan saudara seperguruan dari Sunan Bonang. Sunan Giri mendirikan pemerintahan mandiri di Giri Kedaton, Gresik; yang selanjutnya berperan sebagai pusat dakwah Islam di wilayah Jawa dan Indonesia timur, bahkan sampai ke Kepulauan Maluku. 

Salah satu keturunannya yang terkenal ialah Sunan Giri Prapen, yang menyebarkan agama Islam ke wilayah Lombok dan Bima, Nusa Tenggara Barat. Makam Sunan Giri terletak di Desa Giri, Kabupaten Gresik.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kisah Perjuangan Sunan Giri

Sunan Giri membangun pesantren di daerah perbukitan tinggi. Seiring berjalannya waktu pesantren tersebut semakin terkenal di seluruh nusantara. Pesantren ini juga termasuk salah satu peninggalan Sunan Giri. 

Bahkan kurang lebih baru 3 bulan berjalan pesantren tersebut telah diminati oleh banyak santri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia hingga luar negeri yang ingin menimba ilmu di sana. 

Disebabkan banyak murid yang menuntut ilmu agama Islam di pesantren, tempat tersebut semakin terkenal. Hal inilah yang memudahkan Sunan Giri untuk melakukan dakwah di Pulau Jawa. 

Mengingat beliau adalah salah satu orang yang memiliki pengaruh kuat terhadap kerajaan-kerajaan Islam baik yang ada di pulau Jawa maupun luar pulau.

Beliau sendiri mendirikan sebuah kerajaan yang dinamakan dengan Giri Kedaton yang menjadi salah satu peninggalan Sunan Giri. Akan tetapi, kerajaan tersebut hanya bertahan hingga 200 tahun saja.  

3 dari 3 halaman

Metode Dakwah

Dalam menyebarkan agama Islam pada saat itu beliau memberikan ilmu keislamannya kepada masyarakat di daerah yang berada di kerajaan Giri Keraton, sehingga di dalam kerajaan ini banyak sekali memeluk agama Islam. 

Kebanyakan para penyebar agama Islam di Indonesia lebih banyak memakai metode dengan mendirikan pondok pesantren, sama halnya dengan yang dilakukan Sunan Giri. 

Beliau mendirikan pesantren selain sebagai tempat untuk menuntut ilmu juga untuk menyebarkan agama Islam dengan cara mendidik anak-anak dengan memperdalam ilmu agama Islam.

Dalam dakwahnya Sunan Giri menciptakan beberapa lagu anak-anak yang tujuannya agar anak-anak semakin mudah dalam menyerap pelajaran agama Islam. Lagu tersebut juga bisa disebut dengan salah satu peninggalan Sunan Giri. 

Tidak hanya lagu anak-anak saja yang beliau ciptakan, bahkan beberapa permainan dimasukkan unsur agama Islam. Permainan tersebut di antaranya yakni Jelungan atau disebut Jitungan yang hingga saat ini masih dikenal di masyarakat Jawa Timur. 

Dalam memainkan permainan Jitungan terdapat simbol satu tonggak kayu dan pohon yang sangat kuat. Beberapa lagu anak-anak hasil ciptaan sunan giri yang sampai sekarang terkenal ialah Dolanan Bocah dengan lagu Lir Ilir. Di mana kedua lagu tersebut memasukkan unsur-unsur agama Islam dalam liriknya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat