uefau17.com

Lirik Lagu Ibu Kita Kartini Ciptaan WR Supratman, Kenali Makna dan Sejarahnya - Hot

, Jakarta Lagu Ibu Kita Kartini merupakan salah satu lagu yang sangat populer di Indonesia. Lagu ini diciptakan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada seorang pejuang keadilan dan emansipasi wanita, yaitu R.A Kartini. Melalui lirik dan melodi yang kuat, lagu ini menggambarkan semangat perjuangan Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan di masa kolonial Belanda.

Lagu ini diciptakan oleh W.R Supratman pada tahun 1929. Lagu Ibu Kita Kartini segera menjadi lagu yang sangat populer dan sejak itu telah menjadi bagian penting dalam perayaan Hari Kartini yang dirayakan setiap tanggal 21 April di Indonesia. Melalui liriknya yang menginspirasi, lagu ini mengajak kita untuk menghargai peran dan kontribusi besar yang telah diberikan oleh Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan gender.

Lagu Ibu Kita Kartini juga menceritakan tentang semangat pembaruan dan kemajuan yang ditanamkan oleh Kartini kepada seluruh wanita Indonesia. Kartini adalah sosok pejuang yang menginspirasi banyak orang untuk melawan tradisi dan budaya patriarki yang membatasi perempuan. Melalui karya dan pemikirannya, ia memperjuangkan hak pendidikan bagi perempuan Indonesia agar mereka dapat lebih mandiri dan berperan aktif dalam pembangunan negara.

Akhirnya, lagu ini memberikan pesan bahwa semangat dan perjuangan Kartini harus terus diingat dan dilestarikan. Lagu Ibu Kita Kartini telah menjadi salah satu simbol penting dalam perjuangan perempuan untuk kesetaraan gender dan keadilan.

Melalui liriknya yang sederhana namun menyentuh hati, lagu ini mengingatkan kita akan pentingnya memberikan kesempatan yang setara bagi setiap individu, terlepas dari jenis kelamin mereka. Lagu ini juga mengajak kita untuk terus menghormati dan meneruskan semangat perjuangan Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (20/4/2024) tentang lirik lagu Ibu Kita Kartini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lirik Lagu Ibu Kita Kartini

Melansir KapanLagi, berikut lirik lagu Ibu Kita Kartini:

 

Ibu kita Kartini

Putri sejati

Putri Indonesia

Harum namanya

 

Ibu kita Kartini

Pendekar bangsa

Pendekar kaumnya

Untuk merdeka

 

Wahai ibu kita Kartini

Putri yang mulia

Sungguh besar cita-citanya

Bagi Indonesia

 

Ibu kita Kartini

Putri jauhari

Putri yang berjasa

Se Indonesia

 

Ibu kita Kartini

Putri yang suci

Putri yang merdeka

Cita-citanya

 

Wahai ibu kita Kartini

Putri yang mulia

Sungguh besar cita-citanya

Bagi Indonesia

 

Ibu kita Kartini

Pendekar bangsa

Pendeka kaum ibu

Se-Indonesia

 

Ibu kita Kartini

Penyuluh budi

Penyuluh bangsanya

Karena cintanya

 

Wahai ibu kita Kartini

Putri yang mulia

Sungguh besar cita-citanya

Bagi Indonesia

3 dari 3 halaman

Sejarah Lagu Ibu Kita Kartini

Setiap tahunnya di tanggal 21 April, Indonesia selalu memperingati Hari Kartini. Hari Kartini dirayakan untuk mengenang Raden Ajeng Kartini yang telah berjasa mewujudkan kesetaraan perempuan di Indonesia, sehingga perempuan di Tanah Air saat ini bisa bersekolah seperti kaum pria. 

Tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini lantaran bertepatan dengan hari kelahiran Kartini di Jepara, tahun 1879. Presiden Soekarno lewat Kepres RI Nomor 198 Tahun 1964 menetapkan R.A Kartini sebagai pahlawan Indonesia. Dalam setiap peringatan Hari Kartini, tentu tak sedikit orang yang memeriahkannya dengan menyanyikan lirik lagu Ibu Kita Kartini untuk mengenang jasa-jasanya. Lagu tersebut bahkan menjadi salah satu lagu wajib di bangku sekolah.

Lirik lagu Ibu Kita Kartini dan Kongres Wanita Indonesia seakan tidak bisa dipisahkan dalam sejarah. Pasalnya, kongres yang dilaksanakan pada 22 Desember 1929 inilah yang menjadi awal sejarah diciptakannya lagu tersebut. 

Lirik lagu Ibu Kita Kartini diciptakan oleh WR Supratman, yang kerap menciptakan lagu-lagu nasional Indonesia. WR Supratman juga merupakan pencipta lagu Ibu Kita Kartini. WR Supratman juga turut hadir dalam kongres tersebut karena rasa penasarannya mempelajari sosok Kartini. Dia kemudian menciptakan lirik lagu Ibu Kita Kartini demi mengenang jasa-jasanya semasa hidup. 

Sebenarnya lagu Ibu Kita Kartini bukan judul asli dari lagu tersebut, mulanya lirik lagu Ibu Kita Kartini berjudul Raden Ajeng Kartini. Selain itu, lirik lagu Ibu Kita Kartini juga sempat mengalami perubahan. Berikut lirik lagu Ibu Kita Kartini asli yang ditulis WR Supratman sebelum ada perubahan. 

"Raden Ajeng Kartini pendekar istri/Pendekar kaum ibu Tanah Airku/Raden Ajeng Kartini penyuluh budi/Penyuluh bangsanya karena cita-citanya." 

Namun meski begitu, para sejarahwan belum mengetahui kapan lirik lagu Ibu Kita Kartini tersebut mengalami perubahan judul dan juga lirik.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat