uefau17.com

Berapa Lama Merebus Telur? Kenali Cara Membuatnya Agar Mudah Dikupas - Hot

, Jakarta Berapa lama merebus telur perlu dipahami setiap orang. Pasalnya, hal ini dapat memengaruhi hasil dari telur yang direbus, apakah bisa sesuai keinginan atau tidak. Dalam merebus telur, kamu bisa memilih tingkat kematangannya, apakah matang sempurna, atau dengan kuning telur yang setengah matang bahkan masih basah.  

Berapa lama merebus telur juga dipengaruhi oleh telur rebus seperti apa yang ingin kamu hasilkan. Pasalnya, kedua jenis telur rebus tersebut tentu memiliki waktu yang berbeda dalam merebusnya. Selain itu, hal ini nantinya juga memengaruhi kemudahan kamu dalam mengupas telur tersebut.

Berapa lama merebus telur bisa dilakukan dalam 2 menit hingga 15 menit sesuai keinginan. Bila kamu ingin matang merata dan sempurna, kamu bisa merebusnya hingga 15 menit. Sementara itu, bila ingin membuat telur tidak matang sempurna, kamu bisa merebusnya dalam waktu yang lebih singkat.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/10/2023) tentang berapa lama merebus telur.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berapa Lama Merebus Telur?

Berapa lama merebus telur perlu dilakukan sesuai dengan panduannya. Hal ini dipengaruhi oleh jenis telur rebus yang diinginkan, apakah matang sempurna atau tidak. Berapa lama merebus telur biasanya berkisar antara 2 menit sampai 15 menit sesuai dengan tingkat kematangan yang kamu inginkan.

1. 6-7 Menit

Berapa lama merebus telur yang pertama yaitu 6 atau 7 menit. Ini dapat dilakukan bila kamu menginginkan telur setengah matang dengan tekstur kuning yang lembut dan encer, waktu perebusan yang dibutuhkan adalah 6-7 menit.

2. 8 Menit

Sementara itu, berapa lama merebus telur juga bisa dilakukan dalam 8 menit. Ini dapat dilakukan bila kamu ingin kuningnya tidak terlalu cair atau lebih bertekstur namun masih lunak, maka 8 menit adalah pilihannya.

3. 10 Menit

Berapa lama merebus telur selanjutnya yaitu dalam 10 menit. Ini dapat dilakukan untuk kamu yang ingin menikmati telur dengan tekstur dengan sebagian telah matang namun sedikit lunak di bagian tengahnya, maka waktu idealnya adalah 10 menit.

4. 12-13 menit

Berapa lama merebus telur berikutnya yaitu 12-13 menit. Tips merebus telur satu ini berguna bila kamu ingin mendapatkan telur matang sempurna, maka proses merebusnya adalah 12-13 menit.

3 dari 3 halaman

Cara Merebus Telur Agar Mudah Dikupas

Setelah mengetahui berapa lama merebus telur, kamu tentunya perlu juga mengenali cara merebus telur agar mudah dikupas. Selain menyiapkan telur itu sendiri, kamu juga perlu menyiapkan beberapa peralatan dalam merebus seperti panci dan lain sebagainya. Berikut beberapa cara merebus telur agar mudah dikupas:

1. Siapkan panci dan air sesuai kebutuhan

Cara merebus telur yang prtama yaitu siapkan panci besar dengan air secukupnya untuk proses merebus nanti. Meski tidak ada perbandingan pasti, namun idealnya telur haruslah terendam air sepenuhnya saat direbus.

2. Dinginkan telur jika baru keluar dari kulkas

Cara merebus telur yang selanjutnya adalah mendinginkan telur setelah dari kulkas dalam suhu ruangan. Hal ini dilakukan agar telur tidak pecah saat dimasukkan ke dalam panci yang berisikan air.

3. Panaskan air hingga mendidih

Cara merebus telur yang berikutnya adalah merebus air sampai mendidih. Setelah peralatan siap, panaskan terlebih dahulu air dan tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih, segera kecilkan apinya.

4. Masukkan telur ke dalam panci

Setelah air mendidih, kecilkan api kemudian masukkan telur ke dalam panci. Masukkan telur satu per satu ke dalam air secara hati-hati. Setelah semua telur dimasukkan, besarkan kembali apinya dan tunggu agar airnya kembali mendidih. Agar cangkang telur tidak mengalami keretakan, pastikan air tidak menggelembung terlalu kuat.

5. Rebus telur sesuai tingkat kematangannya

Setelah itu, kamu tinggal menunggu telur matang sesuai dengan keinginan. Berapa lama merebus telur bisa kamu ikuti panduannya sperti yang telah dijelaskan di sebelumnya. Kamu bisa merebus telur selama 6-7 menit, 8 menit, 10 menit, hingga 12-13 menit.

6. Pindahkan ke wadah untuk proses pendinginan

Cara merebus telur agar mudah dikupas berikutnya adalah memindahkannya ke wadah untuk proses pendinginan. Kamu juga bisa memindahkan telur rebus ke dalam wadah berisi es agar menghentikan proses pematangan sehingga telur lebih cepat dingin dan bisa langsung dikonsumsi.

Masukkan telur ke dalam air dingin dan biarkan sampai cangkangnya benar-benar dingin. Atau apabila kamu terburu-buru, kamu juga bisa mengganti air yang sudah hangat akibat telur, sampai airnya benar-benar dingin. Kamu juga bisa menambahkan es batu untuk membuat telur lebih mudah dikupas dalam keadaan dingin.

Selanjutnya, apabila telur sudah dikupas, kamu bisa menyimpannya di wadah tertutup. Usia telur rebus setidaknya masih bisa bertahan untuk dikonsumsi bila disimpan selama 5 hari di dalam lemari es. Pastikan telur tersimpan di dalam wadah tertutup sehingga tidak terkontaminasi bakteri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat