uefau17.com

Till Jannah Artinya Menuju Surga, Simak Cara Menggapainya Sesuai Syariat Islam - Hot

, Jakarta Till Jannah artinya? Secara harfiah, "Till Jannah" merupakan gabungan dari istilah dalam bahasa Inggris "till" yang artinya sampai dan "jannah" dalam bahasa Arab yang artinya surga. Maka dapat disimpulkan, arti till jannah adalah hingga sampai surga atau menuju surga.

Till Jannah artinya? Dalam konteks bahasa dan budaya tertentu, mungkin memiliki makna yang berbeda-beda. Namun secara umum, "till jannah" adalah ungkapan yang digunakan oleh umat Muslim, untuk mengungkapkan harapan atau doa agar seseorang, atau sesuatu bisa mencapai surga atau kebahagiaan abadi dalam kehidupan akhirat.

Till Jannah artinya? Frase dalam bahasa Arab ini memiliki arti menuju surga, dan kerap digunakan oleh umat Muslim untuk menggambarkan upaya mereka, dalam menjalankan ajaran agama Islam agar bisa masuk surga nanti.

Berikut arti Till Jannah yang rangkum dari berbagia sumber, Selasa (12/9/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Till Jannah dalam Konteks Suami-Istri

Till (bahasa Inggris) yang artinya hingga atau sampai. Sedangkan Jannah (bahasa Arab) memiliki arti surga. Perpaduan dua kata dari dua bahasa ini fenomena di kalangan millenials.  Dalam kehidupan sehari-hari, kata Till Jannah juga sering digunakan sebagai sebuah ungkapan untuk menyemangati dan memberikan harapan kepada seseorang.

Till Jannah artinya? Ungkapan ini kerap digabung dengan kata-kata Samawa bagi pasangan suami istri yang telah menikah, atau barakallah till jannah yang menjadi salah satu ucapan favorit para umat muslim,  ketika memberikan selamat kepada para pengantin. Kalimat ini mungkin terdengar singkat, namun mempunyai keutamaan yang luar biasa. Menurut para ulama, ucapan barakallah ini lebih baik daripada ucapan selamat dan sejenisnya.

Untuk mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah till jannah, tentunya diperlukan usaha maksimal dan sikap saling memenuhi hak-hak antar pasangan (suami istri). Rasulullah Saw. bersabda: "Ingatlah! sesungguhnya kalian memiliki hak atas istri-istri kalian dan istri-istri kalian juga memiliki hak juga atas kalian". HR. Sunan Empat (Abu Daud, At-Thirmidzi, An-Nasa'i, Ibnu Majah), dishahihkan oleh At-Thirmidzi.

3 dari 4 halaman

Pengertian Barakallah Till Jannah

Barakallah till jannah adalah sebuah ungkapan dalam bahasa Arab, yang memiliki arti “semoga Allah memberkahi kita sampai ke surga”. Ungkapan ini biasanya diucapkan sebagai doa atau harapan untuk keberkahan dan kebaikan dalam hidup di dunia dan akhirat. 

Secara etimologis, kata “baraka” berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti “keberkahan” atau “rahmat”. Sedangkan “jannah” artinya adalah “surga”. “Till” adalah kata dalam bahasa Inggris yang memiliki beberapa arti, di antaranya adalah “sampai”, “hingga”, atau “sebelum”. Namun, dalam frasa “Barakallah Till Jannah” yang berasal dari bahasa Arab, kata “till” merujuk pada makna “sampai” atau “hingga”, yang berarti “Barakallah sampai surga” atau “Barakallah hingga surga”.

Dalam sejarah Islam, frasa "barakallah till jannah" juga sering digunakan dalam berbagai acara, seperti pernikahan atau kelahiran anak, sebagai tanda doa dan harapan yang baik bagi pasangan yang menikah atau ibu dan bayi yang baru lahir. Di samping itu, dalam tradisi Islam, ungkapan "barakallah till jannah" juga sering digunakan sebagai cara untuk mengungkapkan rasa syukur dan penghormatan kepada seseorang yang telah memberikan kontribusi atau jasa yang berarti dalam kehidupan orang lain.

4 dari 4 halaman

Keutamaan dan Cara Menggunakan

Barakallah Till Jannah adalah sebuah ungkapan, yang memiliki keutamaan penting dalam agama Islam. Berikut ini beberapa keutamaan dari ungkapan ini:

  1. Dalam agama Islam, setiap Muslim diwajibkan untuk menjaga hubungan baik dengan Allah. Dengan mengucapkan "barakallah till jannah," seseorang menunjukkan rasa syukur dan penghormatan terhadap segala yang diberikan Allah.
  2. Ucapan "barakallah till jannah" juga diyakini dapat membawa keberkahan dalam kehidupan. Dalam Islam, keberkahan dianggap sebagai hal yang sangat penting dan diharapkan oleh setiap Muslim.
  3. Mengucapkan "barakallah till jannah" juga dapat membantu memperbaiki hubungan dengan sesama Muslim. Dengan mengucapkan doa ini, seseorang menunjukkan kebaikan hati dan niat baik kepada orang lain.

Cara Menggunakan Barakallah Till Jannah

Barakallah Till Jannah dapat digunakan dalam berbagai situasi. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaannya:

1. Ketika Mendengar Kabar Baik

Ketika seseorang mendengar kabar baik dari teman atau keluarga, seseorang dapat mengucapkan "barakallah till jannah" sebagai ungkapan syukur dan harapan agar keberkahan terus mengalir.

Contoh dalam Kalimat: "Alhamdulillah, saya sangat senang mendengar kabar baik tersebut. Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan pada saudara dan selalu mengaruniakan rahmat-Nya. Barakallah Till Jannah."

2. Ketika Memberikan Hadiah

Ketika memberikan hadiah kepada seseorang, seseorang dapat mengucapkan "barakallah till jannah" sebagai ungkapan doa agar hadiah tersebut membawa keberkahan dan kebaikan bagi penerima hadiah. Misalnya, ketika memberikan hadiah kepada sahabat yang baru saja menyelesaikan program studinya, kita bisa memberikan ucapan seperti: "Selamat ya, semoga apa yang telah kamu capai menjadi jalan yang membawamu menuju kesuksesan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Barakallah Till Jannah untukmu."

3. Ketika Menyampaikan Ucapan Selamat

Ketika menyampaikan ucapan selamat kepada seseorang, seseorang dapat mengucapkan "barakallah till jannah" sebagai ungkapan harapan agar keberkahan dan kebaikan selalu menyertai penerima ucapan selamat. Contoh penggunaan "barakallah till jannah" dalam memberikan selamat untuk pernikahan adalah dengan mengucapkan: "Selamat menempuh hidup baru, semoga Allah memberkahi pernikahanmu sampai ke surga. Barakallah till jannah." Dengan begitu, kita memberikan doa dan harapan yang baik, agar pernikahan tersebut mendapat keberkahan dari Allah. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat