uefau17.com

Hasbiyallah adalah Dzikir bagi Umat Islam, Kenali Bedanya dengan Hasbunallah - Hot

, Jakarta Hasbiyallah adalah istilah yang mungkin belum dipahami oleh sebagian umat Islam. Hasbiyallah merupakan salah satu kalimat dzikir bagi muslim. Dzikir hasbiyallah ini kerap kali dianggap sama dengan hasbunallah, padahal keduanya berbeda. 

Hasbiyallah adalah dzikir yang biasa dilafalkan pada pagi hari dan sore hari. Dzikir ini bertujuan untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT. Sementara itu, hasbunallah biasanya dilafalkan secara lengkap menjadi hasbunallah wanikmal wakil.

Hasbunallah Wanikmal Wakil sebenarnya adalah bagian dari penggalan surah Ali Imran ayat 173. Kalimat ini menjadi bagian dari dzikir umat Islam untuk memohon perlindungan Allah SWT. Hasbunallah Wanikmal Wakil merupakan wujud bahwa manusia menyerahkan segalanya pada Allah SWT.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/8/2023) tentang hasbiyallah.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasbiyallah adalah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hasbiyallah merupakan salah satu kalimat dzikir bagi muslim. Hasbiyallah adalah dzikir yang biasa dilafalkan pada pagi hari dan sore hari oleh umat Islam. Arti dari hasbiyallah adalah cukuplah bagiku Allah SWT sebagai penolong dan sebaik-baiknya pelindung. Hasibiyallah adalah dzikir yang biasanya dilafalkan ketika seseorang meminta pertolongan kepada Allah SWT.

Penjelasan tentang dzikir habisyallah ini dijelaskan dalam sebuah hadis dari Ibnu Sunni, yang artinya:

"Barangsiapa yang di waktu pagi dan petang mengucapkan ‘Hasbiyallah laa iaaha illaa huwa ‘alaihi tawakkaltu wahuwa rabbul arsyil adziim,’ (Cukuplah bagiku Allah (sebagai pelindung), Tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Dia. Kepadanya-Nya aku bertawakal dan Dia Tuhan Arsy yang Agung), niscaya Allah akan mencukupkan keinginannya di dunia dan akhirat." (HR. Ibnu Sunni)

Hasbiyallah merupakan bacaan dzikir pagi yang  juga dilafalkan agar mendapat kecukupan dalam hidup. Doa atau dzikir hasbiyallah ini merupakan petikan dari Surat At Taubah ayat 129. Berikut zikir hasbiyallah:

"Hasbiyallahu la ilaha illa huwa alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul-arsyil-azhim”

Artinya: "Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain Dia, hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan pemilik 'Arsy yang Agung."

3 dari 4 halaman

Makna Hasbunallah Wanikmal Wakil

Hasbiyallah adalah dzikir yang berbeda dengan hasbunallah wanikmal wakil. Hasbunallah Wanikmal Wakil artinya adalah "cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami". Hasbunallah Wanikmal Wakil bisa menjadi doa yang kuat untuk mengatasi rasa takut, cemas, atau tertekan.

Dalam sebuah hadis, Ibn 'Abbas berkata: Ketika (Nabi) Ibrahim AS dilemparkan ke dalam api, dia berkata: “Cukuplah Allah (saja) bagi kami, dan Dialah sebaik-baik Pemelihara urusan. .” Begitu juga Rasulullah, Muhammad SAW, ketika dia diberitahu: "Pasukan besar orang-orang kafir telah berkumpul melawan dia, jadi takutlah mereka". Tetapi (peringatan) ini hanya meningkatkan dia dan kaum Muslimin dalam Iman dan mereka berkata: “Cukuplah Allah (Sendiri) bagi kami, dan Dia adalah Pemelihara Terbaik (bagi kami)” – [Al-Bukhari].

Hasbunallah Wanikmal Wakil akan memberi seseorang kekuatan besar untuk mengatasi apa pun yang dihadapi. Dengan membaca kalimat ini, seorang hamba akan menempatkan semua kepercayaannya kepada Allah di masa-masa sulit dan memahami kekuatan, kekuasaan, dan kecerdasan-Nya. Menyerahkan diri pada kehendak Allah dan menyerahkan urusan kepada-Nya seperti mengangkat beban berat dari pundak.

Kalimat Hasbunallah Wanikmal Wakil disebutkan dalam surah Ali Imran ayat 173. Bentuk utuh dari ayat ini berbunyi:

“Allażīna qāla lahumun-nāsu innan-nāsa qad jama'ụ lakum fakhsyauhum fa zādahum īmānaw wa qālụ ḥasbunallāhu wa ni'mal-wakīl.”

Artinya:

“(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, “Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.”

4 dari 4 halaman

Hasbunallah Wanikmal Wakil sebagai Dzikir

Dzikir ini sangat baik bagi seorang Muslim yang merasa tidak berdaya, yang menghadapi masalah pernikahan, fluktuasi karir, takut musuh, atau ketika orang itu terjebak dalam situasi di mana tidak ada yang bisa membantu selain Allah. Hasbunallah Wanikmal Wakil menjadi doa yang dipanjatkan saat zikir. Berikut beberapa manfaat yang akan diperoleh dengan menjadikan doa ini sebagai bagian dari zikir harian:

  1. Tugas yang sulit menjadi mudah ketika bertawakal kepada Yang Maha Kuasa dengan meyakini firman-Nya
  2. Masalah uang, kekayaan dan rezeki yang terkait bisa terselesaikan dan Allah akan menggantikan kesulitan dengan kemudahan.
  3. Masalah dalam pernikahan terpecahkan.
  4. Cinta di antara anggota keluarga, pasangan dan kerabat menjadi meningkat.
  5. Keinginan dan masalah terkait kesehatan teratasi Insya Allah.
  6. Iman kepada Allah semakin kuat. - Semua jenis ketakutan berakhir
  7. Penyakit mental seperti kecemasan, depresi dan fobia berakhir jika seseorang berpegang teguh pada doa ini dengan sepenuh hati dan jiwanya.
  8. Keyakinan diperoleh.
  9. Hajat apa pun yang dimiliki di hati akan terpenuhi ketika membacanya dengan penuh keyakinan kepada Allah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat