uefau17.com

Ashar Hari Ini Bekasi dan Sekitarnya, Pahami Tata Cara dan Bacaan Doanya - Hot

, Jakarta Ashar hari ini Bekasi tepat pukul 15.20 WIB. Perlu dipahami, bahwa ashar adalah salah satu salat yang dilakukan, saat matahari mulai condong ke barat dan sebelum matahari terbenam. Ritual salat ini menjadi momen penting bagi umat Muslim, untuk berkomunikasi dengan Allah dan merenungkan kebesaran-Nya.

Ashar hari ini Bekasi menjadi kesempatan, untuk mempererat tali silaturahmi antar warga. Setelah salat, banyak orang berkumpul di masjid atau tempat-tempat lain untuk bertukar cerita, berdiskusi, dan bersilaturahmi. Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, kota Bekasi juga menyambut momen Ashar dengan memanfaatkan teknologi, sehingga  memudahkan umat Muslim dalam menjalankan ibadah.

Ashar jam berapa sering menjadi pertanyaan, ketika umat hendak menunaikan sholat 5 waktu. Salat Ashar merupakan sholat kelima dalam satu hari. Ashar hari ini Bekasi menjadi bentuk ketaatan dan pengabdian kepada Allah SWT, yang juga memiliki tata cara pelaksanaan dengan jumlah rakaat yang berbeda.

Berikut ini waktu salat Ashar Bekasi yang rangkum dari berbagai sumber, Senin (31/7/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waktu Ashar dan Perintahnya

Ashar hari ini Bekasi adalah pukul 15.20 WIB, di mana waktu salat Ashar dimulai kira-kira ketika matahari terbenam, dari tengah hari hingga matahari terbenam. Ada yang mengatakan bahwa itu dimulai ketika bayangan suatu benda sama dengan panjang sebenarnya, ditambah bayangannya pada siang hari. Lainnya mengatakan bahwa panjang sebenarnya harus digandakan.

Biasanya, Ashar dimulai sekitar pukul 3 sore sampai waktu Maghrib dimulai. Ashar jam berapa berbeda waktunya di tiap daerah. Ini karena pergerakan matahari juga berbeda tiap daerah. Ashar hari ini Bekasi juga bisa berbeda setiap harinya. Sholat Ashar berakhir saat matahari terbenam, ketika shalat Maghrib dimulai.

Shalat Ashar terdiri dari empat rakaat wajib. Ia juga bisa diiringi dua atau empat rakaat sunnah sebelumnya.

وَمِنَ الَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَاَدْبَارَ السُّجُوْدِ

Bertasbihlah pula kepada-Nya pada sebagian malam hari dan setiap selesai salat. (Qāf [50]:40)

Ketiga, di dalam QS al-Isra' : 78 disebut perintah mendirikan salat dimulai dari waktu tergelincirnya matahari (duluukis-syams) sampai waktu gelapnya malam (ghasyaqil-lail) serta pada waktu yang bersamaan dengan terbitnya fajar (qur'aanal-fajr) dalam firman Allah Swt.:

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْفَجْرِۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا

Dirikanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula salat) Subuh! Sesungguhnya salat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat). (Al-Isrā' [17]:78)

Kalimat "tergelincirnya matahari hingga gelapnya malam" menjadi petunjuk perintah salat Zuhur dan Asar. Sedangkan kalimat "gelapnya malam" sendiri menunjukkan waktu pelaksanaan salat Maghrib dan Isya, hingga waktu bersamaan dengan terbitnya fajar dikerjakan salat Subuh.

Keempat, di dalam QS. al-Ruum: 17-18 disebut berangkaian salat di waktu petang (hiina tumsuun), di waktu pagi (hina tusbihuun), di waktu sore ('asyiyyan), serta di waktu luhur (hiina tuzdhiruun). Allah Swt berfirman:

فَسُبْحٰنَ اللّٰهِ حِيْنَ تُمْسُوْنَ وَحِيْنَ تُصْبِحُوْنَ

Bertasbihlah kepada Allah ketika kamu berada pada waktu senja dan waktu pagi. (Ar-Rūm [30]:17)

وَلَهُ الْحَمْدُ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَعَشِيًّا وَّحِيْنَ تُظْهِرُوْنَ

Segala puji hanya bagi-Nya di langit dan di bumi, pada waktu petang dan pada saat kamu berada pada waktu siang.584). (Ar-Rūm [30]:18)

3 dari 4 halaman

Tata Cara Salat Ashar

Salat Ashar adalah salah satu dari lima salat wajib dalam agama Islam. salat ini dilakukan setelah tergelincirnya matahari hingga menjelang masuknya waktu Maghrib. salat Ashar termasuk dalam kategori salat fardhu (wajib) dan memiliki jumlah rakaat yang telah ditetapkan.

Niat salat Ashar

أُصَلِّى فَرْضَ العَصْرِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Ushalli fardlal 'ashri arba'a raka'aatain mustaqbilal qiblati adaa-an lillahi ta'aala

Artinya: "Aku menyengaja shalat fardlu 'Ashar empat raka'at menghadap qiblat karena Allah."

Jumlah rakaat yang harus dilakukan dalam salat Ashar adalah empat rakaat. Setiap rakaat memiliki rangkaian gerakan yang meliputi takbir, membaca surat Al-Fatihah, membaca surat pendek dari Al-Quran, melakukan rukuk, sujud, dan posisi-posisi lain yang dilakukan sesuai dengan tuntunan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Berikut adalah ringkasan tata cara melaksanakan salat Ashar:

  1. Membaca bacaan doa sholat Ashar, kemudian takbiratul Ihram yang dilakukan setelah membaca niat dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga untuk laki-laki, dan sejajar dengan dada untuk perempuan, sambil membaca: “Allaahu akbar”
  2. Kemudian kedua tangan disedekapkan pada dada dan membaca do’a iftitah: "Kabiiraa wal hamdu lillaahi katsiiraa wasubhaanallaahi bukrataw waashiilaa. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa ana minal musyrikiin. Inna shalaatii wanusukii wamahyaaya wamamaatii lillaahirabbil ‘aalamiin. Laa syariika lahuu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.”
  3. Dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah: “Bismillaahir rahmaanir rahiim. Alhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin. Arrahmaanir rahiim. Maalikiyaumiddiin. Iyyaaka na’budu waiyyaaka nasta’iinu. Ihdinash shiraathal mustaqiim. Shiraathal ladziina an’amta ‘alaihim ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladhdhaalliin. Aamiin.” Dilanjutkan dengan membaca salah satu surah pendek atau ayat-ayat dalam Al-Qur’an.
  4. Setelah selesai membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek, tata cara sholat ashar selanjutnya adalah ruku’. Kedua tangan diangkat setinggi telinga dan membaca Allaahu akbar, kemudian badan dibungkukkan, kedua tangan memegang lutut dan ditekankan. Usahakan antara punggung dan kepala supaya rata. Setelah sempurna, kemudian membaca do’a berikut sebanyak tiga kali: “Subhaana rabbiyal ‘adziimi wa bihamdih”. (3x)
  5. Setelah ruku’, kemudian bangkit tegak dengan mengangkat kedua tangan setinggi telinga sambil membaca: “Sami’allaahu liman hamidah.” “Rabbanaa lakal hamdu mil’us samaawati wa mil ‘ulardhi wa mil ‘umaasyi’ta min syai’in ba’du.”
  6. Selesai I’tidal lalu sujud dengan meletakkan dahi di alas sholat. Ketika turun, yaitu dari berdiri i’tidal ke sujud sambil membaca “Allahuu akbar”. Dan saat sujud membaca tasbih sebanyak tiga kali: “Subhaana rabbiyal a‘laa wa bihamdih.” (3x)
  7. Setelah sujud, lakukan duduk di antara dua sujud dan membaca: “Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafinii wa’fu ‘annii.”

 

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa

Sebelum melaksanakan sholat Ashar, setiap umat Muslim harus membaca bacaan doa niat sholat Ashar terlebih dahulu. Jika melupakan atau melewatinya, maka sholat Ashar yang dikerjakan tidak sah. Berikut bacaan doa niat sholat Ashar baik jamaah maupun sendiri:

Sendiri

أُصَلِّى فَرْضَ العَصْرِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى.

Arab Latin: Ushollii fardhal ‘ashri arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati adaan lilaahi ta’aalaa.

Artinya:  “Saya berniat sholat fardu ashar sebanyak empat rakaat menghadap kiblat, pada waktunya karena Allah Ta'ala.”

Jamaah menjadi makmum

أُصَلِّى فَرْضَ العَصْرِأَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لله تَعَالَى.

Arab Latin: Ushollii fardhal ‘ashri arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati ma’muman lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Saya (niat) mengerjakan sholat fardhu Ashar sebanyak empat rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai makmum, karena Allah Ta'ala.”

Jamaah menjadi imam

Arab Latin: Ushollii fardhal ‘ashri arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati imaaman lillaahi ta’aalaa.

Artinya: “Saya (niat) mengerjakan sholat fardhu Ashar sebanyak empat rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai imam karena Allah Ta'ala.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat