uefau17.com

Forehand adalah Pukulan dengan Punggung Tangan Membelakangi Arah Lawan - Hot

, Jakarta Forehand adalah salah satu pukulan yang digunakan pada olahraga tenis, bulutangkis, dan squash. Forehand adalah pukulan dasar dan sebaiknya dilakukan pada awal latihan yang biasanya lebih mudah dan cepat dikuasai oleh setiap pemain pemula.

Secara umum, forehand adalah pukulan yang dilakukan dengan mengayunkan raket ke seluruh tubuh dengan telapak tangan terlebih dahulu. Pada olahraga tenis maupun bulu tangkis, pukulan forehand lebih mengacu  pada jenis pukulan pukul pantul di mana bola atau kok memantul sebelum dipukul.

Forehand adalah pulukan yang bisa dipraktikkan dengan mudah. Anda hanya perlu mempelajari langkah-langkahnya saja. Dengan belajar pukulan forehand sejak awal, maka akan lebih mudah untuk menguasai permainan dan teknik yang lainnya.

Berikut ulas mengenai pengertian forehand dan cara melakukannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (15/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Forehand Adalah

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa forehand adalah pukulan yang dilakukan dengan mengayunkan raket ke seluruh tubuh dengan telapak tangan terlebih dahulu. Pada olahraga tenis maupun bulu tangkis, pukulan forehand lebih mengacu pada jenis pukulan pukul pantul di mana bola atau kok memantul sebelum dipukul. Secara sederhana, forehand adalah pukulan dengan punggung tangan membelakangi arah pukulan.

Sementara itu defisini lain dari forehand adalah pukulan yang dilakukan di sebelah kanan pemain dan pemain kidal di sebelah sisi kirinya. Pukulan forehand adalah jenis pukulan tenis maupun bulutangkis yang mempunyai peran penting untuk meraih kemenangan.

Sedangkan pengertian lain menjelaskan bahwa forehand adalah sebuah pukulan di mana telapak tangan yang memegang raket menghadap ke arah datangnya bola. Forehand sendiri tergolong teknik pukulan yang paling dasar dan paling mudah diajarkan dalam tenis dan bulutangkis.

Ada cara khusus untuk melakukan teknik ini, pukulan forehand dilakukan dengan cara meletakkan telapak tangan searah dengan bola yang dipukul. Teknik pukulan ini dapat memberikan kontribusi terbesar dalam setiap pertandingan tenis meja dan bulutangkis dibandingkan dengan teknik pukulan lainnya.

3 dari 6 halaman

Cara Melakukan Forehand

Ada beberapa cara melakukan forehand yang baik dan benar dalam permainan tenis adalah sebagai berikut:

  1. Berdiri di belakang meja menghadap ke arah permainan.
  2. Salah satu kaki ditempatkan di depan dan kaki yang lainnya di belakang.
  3. Salah satu tangan memegang bet di samping badan dengan lengan bawah membentuk sudut 90 derajat,
  4. Pukulan dilakukan dengan menggerakkan bet dari belakang ke depan. Pada gerak ini berat badan yang semula di kaki kiri pindah ke kaki kanan.
  5. Bet harus mengenai bola pada saat bola mencapai titik tertinggi.

Sedangkan cara melakukan forehand yang baik dan benar dalam permainan bulutangkis adalah:

  1. Pegang raket dengan tangan kiri, kepala raket menyamping. Pegang rket dengan cara seperti “jabat tangan”. Bentuk “V” tangan diletakkan pada bagian gagang raket.
  2. Tiga jari, yaitu jari tengah, jari manis, dan kelingking menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk agak tepisah.
  3. Letakkan ibu jari di antara tiga jari dan telunjuk.
4 dari 6 halaman

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pukulan Forehand

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pukulan forehand di permainan tenis, yakni:

  1. Terjadi perubahan pada posisi bet akibat bergeraknya pergelangan tangan, hal ini justru menyulitkan saat kontak dengan bola.
  2. Kuatkan pergelangan tangan saat sikap permulaan, sehingga bet tidak akan mudah berubah posisi.
5 dari 6 halaman

Perbedaan Forehand dan Backhand

Perbedaan dari kedua istilah tersebut terletak dari pengertian dan cara melakukannya. Forehand adalah pukulan yang dilakukan dengan mengayunkan raket ke seluruh tubuh dengan telapak tangan terlebih dahulu. Sedangkan backhand adalah pukulan yang dilakukan dengan punggung tangan menghadap ke arah pukulan dengan posisi memukul di samping kiri badan. Selain itu, pukulan backhand juga dapat dilakukan dengan membelakangi net agar jangkauan lengan lebih luas, sehingga shuttlecock dapat dipukul dengan maksimal.

Selain itu, perbedaan lainnya dari forehand dan backhand adalah cara melakukannya. Secara singkat, cara melakukan forehand adalah pukulan yang dilakukan dengan punggung tangan membelakangi arah pukulan. Sementara itu, backhand adalah pukulan yang terletak pada posisi tangan terhadap arah pukulan.

6 dari 6 halaman

Cara Memagang Raket Forehand dalam Permainan Bulutangkis

Memegang raket bulutangkis tidak dapat sembarangan, apalagi akan melakukan teknik pukulan forehand. Pegangan forehand sendiri termasuk dalam pegangan dasar dan sering digunakan dalam permainan bulutangkis.

Bagi yang dominan menggunakan tangan kanan atau tidak kidal, pukulan forehand dilakukan pada sisi kanan pemain. Cara memegang raket dengan menggunakan teknik forehand adalah aket berada di posisi miring, kemudian dipegang dengan posisi ibu jari dan telunjuk seperti sedang mengepal atau mengunci bagian dalam grip raket. Bagian V antara ibu jari dan telunjuk sejajar dengan batang raket.

Anda perlu memastikan bahwa pegangan raket solid dan tidak berubah-ubah atau bergeser kemanapun, dengan rileks dan tidak kaku maka pukulan anda akan sangat kuat dan sesuai yang anda inginkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat