uefau17.com

7 Penyebab Gagal Move On dari Mantan Setelah Putus Cinta - Hot

, Jakarta Penyebab gagal move on perlu dipahami oleh setiap orang. Pasalnya, hal ini menjadi salah satu kondisi yang kerap kali menjadi kesulitan banyak orang. Sebelum itu, kamu perlu memahami apa itu move on terlebih dahulu.Move on sering kali dikaitkan dengan orang yang baru saja patah hati karena putus cinta. Banyak orang yang kesulitan untuk move on karena tidak dapat berdamai dengan kenangan bersama mantan kekasihnya.

Move on artinya pindah atau berjalan terus. Hal ini tentunya berkaitan dengan hal-hal yang ingin kamu tinggalkan di masa lalu. Baik itu kenangan indah atau buruk, kamu perlu move on untuk melanjutkan kehidupan yang lebih damai.

Move on artinya dalam hal ini yaitu membuka hari dan memulai lembaran baru dalam kehidupan.  Move on artinya kerap dihubungkan dengan hubungan cinta yang baru saja putus, kemudian seseorang merasakan sakit hati, kecewa, dan putus asa. Penyebab gagal move on bisa beragam tergantung situasi dari seseorang.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/7/2023) tentang penyebab gagal move on.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Dia adalah Cinta Pertama Kamu

Penyebab gagal move on dari mantan yang pertama adalah karena dia adalah cinta pertama kamu. Move on dari putus cinta itu memang sangat sulit, apalagi ketika kamu baru pertama kali mencintai seseorang. Rasa sakit kehilangan seseorang menjadi hal baru bagimu, itulah mengapa sangat sulit untuk move on. Jadi, tidak mengherankan bila kamu membutuhkan waktu cukup lama untuk melupakan semua kenangan di masa lalu.

3 dari 8 halaman

2. Masih Stalking

Penyebab gagal move on dari mantan berikutnya adalah masih stalking media sosialnya. Memeriksa akun media sosial mantan tidak akan membantumu melupakannya. Hal ini justru dapat menyebabkan kamu merasakan cemburu ketika melihat dia telah menemukan seseorang yang baru. Membatasi diri untuk tidak stalking dapat sangat membantu dalam prosesmu untuk move on. Kamu bisa memblokir media sosialnya untuk sementara agar kamu bisa memulihkan perasaanmu.

4 dari 8 halaman

3. Terjebak Nostalgia

Terjebak nostalgia merupakan salah satu penyebab gagal move on dari mantan yang kerap ditemui. Sebaik apapun mantan, ia masih tetap seorang manusia yang tidak luput dari kesalahan. Namun, lazimnya ditemui pada orang-orang yang gagal move on adalah hanya melihat sisi baiknya saja dan mengabaikan fakta bahwa ia juga sering menyakiti kamu.

Memanf tidak bisa dimungkiri bahwa menghabiskan banyak waktu dan menciptakan momen bahagia bersama mantan bukanlah hal yang mudah dilupakan. Namun kamu tidak boleh terus-menerus mengingat kenangan-kenangan indah dan meyakini bahwa kamu tak akan menemukan orang lain sesempurna dirinya.

5 dari 8 halaman

4. Masih Menyimpan Kenangan

Hal ini sejalan dengan terjebak nostalgia, penyebab gagal move on berikutnya yaitu masih menyimpan kenangan-kenangan bersamanya. Masih menyimpan foto, barang, dan kenangan-kenangan lainnya membuatmu jadi gagal move on dari mantan. Ketika kamu masih menyimpan barang-barang darinya, suatu saat kamu masih bisa melihatnya lagi yang akan membuat kamu teringat kembali dengan dirinya.

Coba singkirkan semua yang bisa membangkitkan kenangan masa lalu, seperti foto, video, barang-barang pemberiannya, bahkan history percakapanmu. Itu semua akan menyiksa mental dan batin sehingga membuatmu susah melupakannya. Kamu bisa menyimpan barang tersebut di tempat yang sulit dijangkau atau mengembalikan kepadanya. Kamu juga bisa membuangnya jika barang tersebut selalu membuatmu ingat kepada dirinya.

6 dari 8 halaman

5. Belum Rela dan Belum Mau Melupakan

Penyebab gagal move on dari mantan selanjutnya adalah belum merelakannya. Terkadang, pikiran kamu masih dipenuhi oleh dirinya dan berharap dia akan kembali. Merelakan orang yang disayang memang tidak mudah, namun kamu perlu mengingat jika kamu merelakannya pergi maka akan ada kebahagiaan yang datang kepadamu suatu saat nanti.

Belajar melupakan adalah salah satu langkah paling penting untuk melepaskan diri dari masa lalu.Agar kamu tak terus-terusan membayangkan dia kembali, hindari membangkitkan romantisme masa lalu, stop berandai-andai, dan percayalah bahwa kamu layak mendapatkan pasangan yang lebih baik suatu saat nanti.

7 dari 8 halaman

6. Kesepian Namun Tidak Mencari Kesibukan

Salah satu alasan utama mengapa kamu belum bisa melupakan masa lalu adalah karena merasa kesepian pada saat ini. Putus cinta memang terkadang membuat seseorang kaget dengan situasi yang terjadi secara tiba-tiba. Kamu akan menjadi lebih sering melamun dan memikirkan kenangan yang sudah-sudah.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan banyak kesibukan untuk mengalihkan perhatian dari sakit hati tersebut. Kamu boleh sedih dan menangis sesuka hatimu, namun jangan terlalu lama berlarut dalam kesedihan. Cobalah cari kesibukan yang bisa membuatmu sedikit lupa dengannya. Lakukan hobimu dan jalanlah bersama teman-temanmu.

8 dari 8 halaman

7. Merasa Bersalah dan Menyesal

Penyebab gagal move on dari mantan juga bisa terjadi karena masih ada rasa bersalah dan penyesalan.  Perpisahan adalah kesempatan bagimu untuk belajar lebih banyak tentang dirimu, di mana kamu juga dapat berkembang. Sayangnya, karena kebanyakan orang mengalami kesulitan menoleransi rasa sakit emosional, ego masuk dan itu menghasilkan rasa bersalah.

Terus-terusan menyalahkan diri sendiri maupun orang lain tidak membantumu memperbaiki keadaan. Segera lakukan hal yang positif dan mulai berdamai dan belajarlah mencintai diri. Jangan biarkan penyesalan menghantui perasaanmu. Kenangan masa lalu menjadi pelajaran untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Selain beberapa penyebab gagal move on tersebut, beberapa faktor lainnya, seperti belum ada kata pisah, berada dalam lingkaran sosial yang sama, hingga hubungan telah berlangsung lama, juga bisa menjadi penyebab gagal move on yang kerap terjadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat