uefau17.com

Ciri Utama Desain Poster Adalah Apa? Simak Pula Definisi dan Jenis-Jenisnya - Hot

, Jakarta Ciri utama desain poster adalah penting untuk diketahui semua orang, hal ini untuk membedakan poster dengan iklan. Poster merupakan media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi khalayak ramai.

Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum. Dengan kata lain, poster adalah media untuk menyampaikan pesan dengan cara yang lebih informatif dan menarik.

Ciri utama desain poster adalah dibuat dengan menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas. Selain itu, poster juga berisikan tulisan maupun gambar yang menarik perhatian orang agar tertarik untuk membacanya.

Berikut ulas mengenai ciri utama desain poster beserta definisi dan jenis-jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Definisi Poster

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum. Dengan kata lain, poster adalah media untuk menyampaikan pesan dengan cara yang lebih informatif dan menarik.

Melansir Ensiklopedia Britannica, poster adalah pengumuman kertas cetak atau iklan yang dipertontonkan secara umum. Baik mempromosikan produk, acara, atau sentimen (seperti patriotisme), poster harus segera menarik perhatian orang yang lewat.

Definisi lainnya menjelaskan bahwa poster adalah perpaduan gambar dan tulisan yang memuat suatu hal dan dipasang atau ditempel di tempat umum, untuk menarik perhatian pembaca untuk memakai atau mengikutinya.

Poster bertujuan untuk mengumumkan dan mengajak banyak orang untuk melakukan sesuatu sesuai dengan yang tertulis pada poster. Poster mengutamakan gambar atau desain dengan warna yang menarik, kata-kata yang jelas dan tegas.

3 dari 7 halaman

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Dikutip dari Buku Ajar Pengantar Desain Komunikasi Visual (2022) karya Mustofa Hilmi, menjelaskan bahwa terdapat beberapa pendapat para ahli mengenai definisi poster, yakni:

1. Anton M. Moelino

Poster adalah sebuah karya seni atau desain grafis yang memuat gambar dan teks pada selembar kertas besar.

2. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai

Poster adalah kombinasi visual dan desain yang powerful, dengan warna dan pesan yang bertujuan untuk menarik perhatian orang yang lewat, namun cukup panjang untuk menyampaikan ide-ide penting dalam ingatan mereka.

3. Wikipedia

Poster adalah karya seni grafis yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka pada selembar kertas yang relatif besar.

4 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Desain Poster

Berikut ini ada beberapa ciri utama desain poster adalah:

  1. Ciri utama desain poster adalah desain grafis dari poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
  2. Ciri utama desain poster adalah cara pengaplikasiannya dapat dengan cara ditempel pada dinding, tempat umum atau permukaan datar yang lain dengan sifat membidik perhatian mata semaksimal mungkin.
  3. Ciri utama desain poster adalah poster pada umumnya dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.
  4. Ciri utama desain poster adalah poster lazimnya mempergunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu agar mudah dipahami.
  5. Ciri utama desain poster adalah pesan yang ingin disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar.
  6. Ciri utama desain poster adalah poster dapat dibaca secara sambil lalu.
  7. Ciri utama desain poster adalah memiliki tema yang jelas.
  8. Ciri utama desain poster adalah ukuran relatif besar.
  9. Ciri utama desain poster adalah teks dan gambar harus menonjol.
  10. Ciri utama desain poster adalah mengandung pemberitahuan, imbauan, atau pengumuman.
5 dari 7 halaman

Syarat Desain Poster

Setelah mengetahui ciri utama desain poster, berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai syarat sebuah desain poster adalah:

  1. Poster wajib mempergunakan bahasa yang mudah dipahami.
  2. Susunan kalimat poster harus singkat, padat, jelas, tetapi berisi.
  3. Poster sebaiknya dikombinasikan dengan bentuk gambar.
  4. Poster harus mampu menarik minat khalayak.
  5. Media poster harus mempergunakan bahan yang tidak mudah rusak atau sobek.
  6. Ukuran poster sebaiknya disesuaikan dengan tempat atau lahan pemasangan serta target pembaca.

Sementara itu, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat poster adalah:

  1. Gambar dibuat mencolok dan sesuai dengan ide yang akan dikomunikasikan.
  2. Kata-kata yang digunakan dalam poster harus efektif, sugestif, serta mudah diingat.
  3. Jenis font sebaiknya adalah jenis yang mudah dibaca dan dengan size yang besar.
6 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Poster

Mengutip dari Buku Ajar Pengantar Desain Komunikasi Visual (2022) karya Mustofa Hilmi, ada beberapa jenis-jenis poster adalah sebagai berikut:

a. Poster Kegiatan

Adalah jenis poster yang memuat informasi tentang suatu kegiatan yang akan dilakukan, sehingga kegiatan tersebut dapat diketahui banyak orang dengan harapan masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

b. Poster Layanan Masyarakat

Adalah jenis poster yang memuat informasi pelayanan masyarakat, seperti poster pelayanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat.

c. Poster Niaga

Adalah jenis poster yang mengandung unsur penjualan atau promosi sebuah jasa ataupun produk yang dijual dari lembaga atau instansi.

d. Poster Pendidikan

Adalah jenis poster yang bertujuan untuk mendidik masyarakat atau pembaca.

7 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Poster Berdasarkan Tujuannya

Selain jenis-jenis poster di atas, berikut ini ada beberapa jenis poster berdasarkan tujuan pembuatannya adalah:

  1. Poster Propaganda adalah poster yang memilik tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.
  2. Poster Kampanye adalah poster yang bertujuan untuk mencari simpati dari masyarakat pada saat dilakukannya pemilihan umum.
  3. Poster 'Dicari' atau "Wanted“ adalah poster yang bertujuan yang memuat orang hilang atau suatu perusahaan yang membutuhkan pekerja.
  4. Poster "Cheescake“adalah poster yang bertujuan untuk menarik perhatian publik, seperti bintang rock, artis, penyanyi, dan lain sebagainya.
  5. Poster Film adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mempopulerkan suatu film yang diproduksi dalam industri perfilman.
  6. Poster Komik adalah poster yang digunakan untuk mempopulerkan buku-buku komik.
  7. Poster Afirmasi adalah poster untuk memotivasi pembacanya, biasanya tentang kepemimpinan, dan lain sebagainya.
  8. Poster Riset adalah poster untuk mempromosikan berbagai kegiatan riset sehingga mengundang para pelaku akademik untuk ikut dalam mengapresiasikan kegiatan tersebut.
  9. Poster Kelas adalah poster yang berada didalam kelas pelajar yang bertujuan untuk memotivasi pelajar, adapun juga poster tata tertib kelas.
  10. Poster Komersial adalah poster yang hampir sama dengan poster niaga yaitu yang bertujuan untuk mempromosikan sesuatu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat