uefau17.com

Manfaatkan Barang Bekas, Pria Ini Ajarkan Cara Ubah Penutup Kipas Angin Jadi Sapu - Hot

, Jakarta Barang rumah tangga yang sudah tidak terpakai sering kali dibuang karena tidak tahu cara memanfaatkannya lagi. Khususnya alat elektrnik yang sudah rusak. Namun, seorang pemuda berhasil mengubah barang yang tidak terpakai itu menjadi barang baru yang punya nilai guna.

Salah satu video yang diunggah oleh laman TikTok @mycraftidea99 menjadi viral setelah memperlihatkan DIY atau Do It Yourself. Ia tampak memodifikasi atau mendesain suatu objek baru, yaitu kipas angin bekas menjadi sapu. Bahkan, videonya itu kini sudah ditonton hingga 4 juta kali.

Video DIY tersebut dapat dicoba, apalagi jika sedang menghadapi situasi ekonomi yang sulit. Hal itu dapat dilakukan untuk berhemat. Jadi tidak perlu beli barang baru, selama masih ada yang bisa digunakan.

Dikutip dari laman TikTok @mycraftidea99, Jumat (9/6/2023), pria tersebut membagikan tips DIY sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Ia menunjukkan cara menggunakan kembali tutup kipas berdiri yang tidak lagi berfungsi sebagai sapu di halaman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara ubah tutup kipas angin jadi sapu

Proyek DIY sering dikaitkan dengan penggunaan objek yang tidak terpakai dan nantinya hanya perlu mengubah menjadi sesuatu yang lain. Namun, tidak banyak orang yang memiliki bakat untuk mengerjakan proyek DIY ini karena mungkin melibatkan peralatan yang sedikit sulit digunakan.

Namun, pemilik akun TikTok @mycraftidea mencoba untuk memberikan tips termudahnya. Pertama, ia menggunakan penutup kipas yang sudah tidak terpakai, pipa PVC dan sekrup atau tali kawat. Kemudian, ia memotong penutup kipas sesuai ukuran yang diinginkan.

Pastikan untuk memotongnya dalam bentuk segitiga agar mudah ditangani. Untuk memotong tutup kipas angin, Anda bisa menggunakan peralatan yang ada di rumah seperti gergaji besi atau lebih baik lagi menggunakan mesin 'grinder'.

Langkah selanjutnya adalah memanaskan nosel pipa PVC. Kemudian tekan nozzle pipa PVC hingga menjadi rata. Pipa PVC ceper tersebut dipotong agar mudah untuk memasukkan besi kipas yang sudah dipotong tersebut. Lalu ikat pipa PVC dengan besi yang telah dipotong dengan kuat.

Pastikan terpasang dengan kuat dan tidak mudah goyah. Selesai semua langkah tadi, sekarang sapu anda sudah siap. Hanya dengan menggunakan alat yang ada di rumah Anda sudah bisa membuat proyek DIY.

 

3 dari 3 halaman

Video dan komentar warganet

@mycraftidea99

#kreatif #kreatifyuk #diy #idejualan #xyzbca #idea

♬ Dj Dayak Full Beat Lagu Malihi Janji - Jeremya Ginting

Video singkat memperlihatkan cara memanfaatkan kipas angin bekas jadi sapu ini menuai sorotan warganet hingga sudah ditonton 4 juta kali. Banyak yang salut dengan kreativitas pria tersebut dalam membuat life hack.

"Kenapa baru nemu sekarang vtnya tutup kipasnya udah dijual ke tukang loak," ujar akun @lanzgemini.

"Kreatif," tulis akun @hendrigoenawan8.

"Woillaa ini terlalu rapih dan bagus," tulis akun @semacambabangramvan.

"Kalo di Papua sapunya kaya gini juga kak," ungkap akun @kreatif rika_pujiani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat