uefau17.com

7 Makanan untuk Kura-Kura Brazil, Penuhi Kebutuhan Nutrisinya - Hot

, Jakarta Memilih makanan untuk kura-kura Brazil harus memenuhi nutrisi yang diperlukan. Kura-kura Brazil merupakan hewan peliharaan yang cukup populer. Kura-kura ini telah dibudidayakan sejak lama oleh penggemar binatang baik pemula maupun profesional.

Kura-kura Brazil bisa sangat ramah dan akan sering berenang mendekati orang untuk meminta makanan. Sebagai pemilik yang baik, penting untuk memberi makanan untuk kura-kura Brazil yang tepat. Kura-kura Brazil adalah omnivora. Di alam liar, mereka memakan vegetasi air, ikan kecil dan bahan peluruhan seperti ikan mati dan katak.

Meski merupakan pemakan segala, kamu tak boleh sembarangan memberikan makanan untuk kura-kura Brazil. Lebih disarankan untuk memberi makanan yang dapat mendukung pertumbuhan dan kesehatan kura-kura brazil.

Ada sejumlah jenis makanan untuk kura-kura Brazil yang kaya nutrisi. Makanan kura-kura Brazil ini dapat ditemukan dengan mudah bahkan sudah ada disekitarmu. Berikut makanan untuk kura-kura Brazil yang berhasil rangkum dari berbagai sumber, Jumat(1/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Daging

Makanan untuk Kura-Kura Brazil bisa dari berbagai jenis daging sangat tinggi protein dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan kura-kura. Daging bisa berupa daging ayam, sapi atau ikan. Kura-kura sangat suka daging mentah tapi, daging mentah masih mengandung banyak lemak yang bisa membuat kura-kura kegemukan. Daging mentah juga rentan terkontaminasi.

Jadi disarankan untuk memasak daging terlebih dahulu. Coba untuk merebus atau mengukus daging. Setelah matang, potong-potong daging sesuai ukuran mulut kura-kura.

Kamu juga bisa memberikan ikan kecil-kecil untuk kura-kura yang sudah agak dewasa. Ikan kecil-kecil bisa didapat dari sungai atau membeli anakan ikan mas di setra ikan hias.

Jangan memberi makan ikan beku, atau setidaknya tidak terlalu sering. Membekukan beberapa jenis ikan meningkatkan kadar enzim dalam ikan yang menghancurkan vitamin B1.

3 dari 8 halaman

Telur

Telur kaya akan protein yang baik untuk kura-kura. Rebus telur dan potong sesuai ukuran kura-kura. Berikan sumber protein untuk kura-kura hanya setiap dua atau tiga hari untuk menghindari kegemukan.

Berikan telur dalam potongan-potongan kecil yang lebih mudah dimakan kura-kura, terutama kura-kura bayi. Kura-kura tidak memiliki gigi dan menggunakan rahangnya untuk memotong makanan menjadi potongan seukuran gigitannya.

4 dari 8 halaman

Pelet

Makanan untuk Kura-Kura yang paling praktis dan aman adalah pelet. Makanan ini banyak dijual di toko kebutuhan hewan. Pelet ini sudah dikemas dengan nutrisi yang dibutuhkan kura-kura. Biasanya tersedia jenis pelet sesuai umur kura-kura.

Berikan pelet sedikit demi sedikit sesuai dengan ukuran kura-kura. Hindari memberi pelet dalam jumlah banyak karena hanya akan membuat keruh air dan menyebabkan kura-kura sakit. Pelet juga tidak boleh diberikan terlalu sering. Kamu bisa menyelinginya dengan jenis makanan lain.

5 dari 8 halaman

Buah dan Sayur

Kura-kura juga doyan makan buah dan sayur. Buah dan sayur dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya. Buah yang cocok untuk kura-kura adalah pepaya, pisang, apel, dan tomat. Sementara untuk sayuran, kura-kura menyukai sawi, selada, wortel, bayam, dan sayuran hijau lainnya.

Sayuran dan buah yang kaya kalsium baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tempurung kura-kura. Namun, pemberian buah dan sayur juga perlu diselingi makanan lain untuk meyeimbangkan nutrisinya. Terlalu banyak buah dan sayur hanya akan membuat kura-kura lebih sering BAB.

Makanan segar adalah yang terbaik. Tapi pastikan jangan sampai makanan untuk Kura-Kura Brazil di akuarium tersisa dalam waktu yang lama. Sayur dan buah ini akan membusuk dan bisa mengganggu kesehatan kura-kura.

6 dari 8 halaman

Serangga

Di habitat bebasnya, kura-kura biasa makan serangga-serangga kecil dan cacing. Organisme ini menjadi mangsa kura-kura yang sangat disukainnya. Kamu bisa memberi serangga seperti jangkrik, belalang, semut, nyamuk atau jentik nyamuk. Untuk cacing kamu bisa memberkan jenis cacing sutra, mealworm, atau cacing tanah.

Kamu bisa menangkap langsung menu-menu makanan untuk Kura-Kura Brazil ini disekitarmu. Atau jika ingin lebih praktis, kamu bisa membelinya di petshop atau kebutuhan ikan hias. Di sana kamu juga bisa menemukan cacing beku yang juga bergizi untuk kura-kura.

7 dari 8 halaman

Tulang sotong

Tulang sotong adalah sumber kalsium yang sangat baik untuk kura-kura. Kalsium adalah bahan utama untuk pembentukan tulang yang sehat, dan akan membantu mencegah penyakit tulang metabolik pada kura-kura. Tulang sotong adalah suplemen makanan yang luar biasa untuk kura-kura terutama ketika mereka tumbuh.

Di alam liar, reptil ini secara alami menyerap kalsium dengan mengonsumsi cangkang keong yang mereka temui. Tulang sotong dapat dibeli di toko-toko hewan termasuk di toko burung.

8 dari 8 halaman

Tanaman air

Di akuarium atau kolam, kamu dapat menambahkan tanaman air yang biasanya disukai kura-kura. Selain meningkatkan kualitas air, tanaman air ini bisa menjadi pilihan makanan untuk Kura-Kura Brazil.

Tanaman air ini seperti eceng gondok, selada air, atau tanaman yang biasa tersedia untuk akuarium. Kamu bisa mendapatkan tanaman air ini di sentra kebutuhan ikan hias terdekat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat