uefau17.com

8 Jenis Foundation yang Perlu Diketahui, Pakai Sesuai Kondisi Kulit - Hot

, Jakarta Memahami jenis-jenis foundation penting bagi yang akan mulai belajar makeup dengan hasil mulus dan glowing. Selain wajib memperhatikan warna, pastikan untuk memilih alas bedak sesuai kondisi kulitmu, ya!

Urutan jenis-jenis foundation yang ringan ke berat, yakni dari BB atau CC Cream, pelembap berwarna, liquid atau cair, krim, dan compact. Gunakan foundation yang ringan untuk aktivitas sehari-hari dan berat hasil mengkilap untuk acara-acara tertentu saja.

Selain itu, gunakan jenis-jenis foundation sesuai kondisi kulitmu. Bagi pemilik kulit kering gunakan jenis foundation yang liquid atau krim. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, gunakan jenis foundation dengan formula liquid, mineral, dan bubuk.

Pemilik kulit berminyak memang lebih sulit mencari foundation yang cocok. Agar lebih mudah, pastikan foundation tersebut memiliki kandungan witch hazel, seng, dan asam salisilat. Berikut ulas jenis-jenis foundation dari berbagai sumber, Kamis (4/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Foundation

BB Cream atau CC Cream

Beauty Balm Cream atau Blemish Balm dan Color Correction Cream bisa disebut sebagai jenis-jenis foundation sekaligus pelembap yang memiliki warna. Tidak hanya sekadar melembapkan, biasanya disertai formula tabir surya, anti aging, dan pencerah kulit.

Jenis-jenis foundation yang BB Cream memiliki gigmen warna yang mampu menutupi noda yang tergolong ringan. Bila biasanya aktivitas di pagi hari pakai tabir surya dan concealer, maka BB Cream atau CC Cream bisa dijadikan alternatif yang lebih praktis.

Untuk bisa aman menggunakannya, pahami kondisi kulit yang dimiliki. Pastikan bagi yang memiliki kulit berminyak pilih yang kandungan minyaknya sedikit atau memiliki oil control. Untuk kulit kering, pilih BB atau CC Cream yang tinggi kandungan pelembap.

Mousse Foundation

Jenis-jenis foundation yang kedua ada mousse foundation. Foundation ini memiliki ciri khas bentuk busa. Penggunaan foundation ini cocok bagi yang ingin kulitnya terlihat lebih mulus namun tetap terlihat alami.

Begitu juga tidak ingin pakai produk yang terasa berat di kulit. Penggunaan dari jenis-jenis foundation mousse ini sangat praktis, cukup digosokkan ke kulit menggunakan jari. Memang memiliki hasil akhir matte, kulit wajah akan tetap terlihat halus dan tidak terlalu kering. Sayangnya jenis ini hanya bisa bertahan 2-3 jam saja.

Foundation yang mirip whipped cream ini dapat memberikan  hasil halus di seluruh wajah karena teksturnya. Selain menggunakan jari, jenis-jenis foundation yang mousse dapat diaplikasikan dengan spons bagi tingkat coverage medium.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Foundation

Airbrush Foundation

Airbrush foundation disebut sebagai jenis-jenis foundation yang pengaplikasiannya perlu dilakukan oleh ahli. Pasalnya alat yang digunakan berbentuk spray atau semprotan. Dapat memberikan hasil yang mulus dan merata.

Akan tetapi bila diaplikasikan oleh yang belum ahli, jangan berharap lebih dengan jenis-jenis foundation tipe airbrush. Biasanya yang menggunakan foundation jenis ini adalah para profesional atau makeup artist.

Harga dari jenis-jenis foundatin airbrush sudah pasti mahal. Akan tetapi hasil yang dihasilkan pasti tidak akan mengecewakan. Sebelum mengaplikasikan pastikan untuk belajar terlebih dahulu.

Tinted Moisturizer 

Tinted moisturizer adalah jenis-jenis foundatin yang dapat melembapkan dan mengandung pigmen warna yang ringan. Foundation ini bisa dibilang cikal bakal dari BB dan CC Cream.

Perbedaannya adalah tinted moisturizer memiliki kadar SPF yang tak setinggi BB Cream. Lalu jenis-jenis foundatin tinted moisturizer tidak dilengkapi dengan antioksidan dan penyerap minyak.

Tinted moisturizer merupakan jenis-jenis foundatin  yang sebenarnya hanya memiliki sedikit pigmen warna. Penggunaannya hanya cocok untuk menyempurnakan riasan sehari-hari, ringan dan nyaman.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Foundation

Compact Foundation 

Jenis-jenis foundatin yang compact atau berbentuk padar seperti bedak memiliki tekstur sangat ringan. Dapat digunakan beberapa kali untuk hasil yang lebih mulus. Bisa juga dengan sekali saja menggunakan kuas kering untuk hasil sangat alami.

Bila ingin hasil yang sangat bagus dan mulus, aplikasikan jenis-jenis foundatin compact dengan spons lembap. Foundation jenis bedak padat ini mampu menyerap minyak dengan sangat baik hingga pengaplikasiannya di kulit benar-benar matte lebih lama.

Compact foundation merupakan jenis-jenis foundatin yang terinspirasi dari produk kecantikan Korea. Biasanya cushion foundation ini dilengkapi dengan skincare, tekstur light, dan hasil akhir glowing.

Liquid Foundation

Liquid foundation adalah jenis-jenis foundatin cair yang memberikan hasil akhir matte. Sayangnya bagi pemilik kulit berminyak akan memberikan hasil akhir makeup pecah.

Untuk pengaplikasian jenis-jenis foundatin liquid, gunakan spons lembap agar hasil akhirnya tipis alami. Bila dengan spons kering maka akan didapatkan hasil akhir yang sangat mulus dan menutup noda dengan total.

Jenis-jenis foundatin liquid ini paling umum dan mudah diaplikasikan sesuai intensitas yang diinginkan. Teksturnya disebut paling friendly, tetapi pastikan formulanya cocok untuk kondisi kulitmu.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Foundation

Foundation Krim

Jenis-jenis foundatin yang krim memiliki julukan ratu dari segala foundation. Jenis ini mampu menutupi segala noda dengan menyeluruh, termasuk mampu menutupi tato. Memiliki persentase pigmen warna yang tinggi dan tekstur yang pekat.

Penggunaan jenis-jenis foundatin krim mampu menutup seluruh noda dan membuat kulit nampak ekstra mulus. Cocok sekali digunakan untuk acara resmi dan digunakan sebagai rias pengantin.

Krim pasti memiliki tekstur yang lembut. Umumnya jenis-jenis foundatin krim mampu melembapkan kulit secara lebih optimal. Formulanya memang lebih berat, tetapi memiliki daya cover yang tinggi pada kulit.

Matte Foundation

Matte foundation adalah jenis-jenis foundatin yang terakhir diulas. Jenis ini sangat cocok untuk kondisi kulit yang berminyak. Namun sayangnya kebanyakan jenis-jenis foundatin ini harganya lebih mahal.

Formula matte akan membuat minyak pada kulit jadi lebih terkontrol. Dipercaya tidak akan boros penggunaan karena diterapkan secara tipis-tipis sudah cukup sekali. Penggunaan yang sedikit juga akan membuat kulit tidak terlalu kering berlebihan.

Benar sekali, jenis-jenis foundatin ini dapat memberikan tampilan full-coverage dan tahan lama. Sangat cocok digunakan pada saat acara-acara special agar wajah lebih mulus sempurna.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat