uefau17.com

6 Cara Menghilangkan Rasa Benci pada Diri Sendiri - Hot

, Jakarta Setiap manusia diciptakan dengan berbagai perasaan. Terdapat rasa cinta maupun rasa benci di dalam diri seseorang. Tak menyangkal sebagian orang kerap dirundung kebencian pada dirinya sendiri. Terperangkap dalam ketidaksukaan terhadap diri sendiri memang sering terjadi.

Perihal menerima diri sendiri terkadang bukan sesuatu yang mudah. Self-love belum tentu dimiliki oleh setiap orang. Bahkan orang yang paling percaya diri pun terkadang merasa benci pada dirinya sendiri.

Kebencian pada diri sendiri dapat menghambat kehidupan dan kebahagiaan seseorang. Meski tak mudah, ada banyak cara untuk berdamai dengan hati dan belajar mencintai diri sendiri. Mengubah cara pandang dengan pikiran yang positif.

Sebelum terlambat, cobalah untuk melepas pikiran negatif dan lebih mencintai diri sendiri. Berikut beberapa cara menghilangkan rasa benci pada diri sendiri dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Membiasakan positif self-talk

Untuk lebih mencintai diri sendiri, cobalah untuk berbicara positif tentang diri sendiri. Berbicara tentang keburukan, akan membebani batin. Hal itu akan semakin merusak mindset.

Meski tak mudah, jika sudah terbiasa melakukan kebiasaan itu akan menghilangkan rasa benci terhadap diri sendiri. Seperti mengatakan "Saya cantik, saya kuat, saya pintar" di cermin setiap hari.

3 dari 7 halaman

2. Berdamai dengan masa lalu

Mencoba berdamai dengan masa lalu merupakan salah satu cara untuk mencintai diri sendiri. Terjerat masa lalu akan membuat sulit merasa bahagia sehingga hanya bisa menyalahkan diri dan keadaan.

Jika mengalami hal tersebut, kamu harus menyadari bahwa masa lalu sudah lewat. Kesalahan tersebut bisa dijadikan teman, kemudian memaafkan diri dan melanjutkan hidup.

4 dari 7 halaman

3. Kenali diri sendiri

Saat membenci diri sendiri, kamu bisa mencari alasan di baliknya. Segala sesuatu yang terjadi tentunya disertai dengan alasan. Ketika kamu merasa membenci diri sendiri karena perilaku, situasi, atau orang tertentu, belajarlah untuk mengidentifikasi sejak awal.

Hal tersebut akan menghentikan pikiran ke arah yang negatif. Jika kamu merasa belum sepenuhnya mengembangkan diri pada lingkungan tersebut, belajarlah untuk mencoba keluar dari zona nyaman dan tingkatkan kemampuan dengan tekad yang kuat.

5 dari 7 halaman

4. Lupakan kesempurnaan

Mengubah cara pandang merupakan salah satu cara untuk menerima diri sendiri. Terus mengejar kesempurnaan akan membuat batinmu tersiksa. Di dunia memang tidak ada manusia yang sempurna.

Jika terobsesi untuk menjadi sempurna, kamu akan merasa tidak puas dan menyalahkan diri. Untuk melawan hal tersebut, kamu bisa fokus untuk melakukan yang terbaik tanpa berpatok pada kesempurnaan.

6 dari 7 halaman

5. Berhenti menyenangkan orang lain

Berhentilah untuk menyenangkan orang lain dan fokus pada kebahagiaan diri sendiri. Selama ini kamu tahu jika memperlakukan orang lain dengan baik itu adalah hal penting.

Namun, apakah sudah sadar bahwa kamu pun wajib memperlakukan diri sendiri dengan baik. Terkadang hal yang dapat menyakitimu bukanlah orang lain, melainkan diri sendiri. Jika ingin bebas dari siksaan batin tersebut, maka mulailah fokus untuk menyenangkan diri.

7 dari 7 halaman

6. Menulis hal-hal baik

Tulislah semuah hal baik seperti pujian yang diberikan seseorang kepada kamu. Selain itu, kamu bisa menulis beberapa kebaikan tentang diri sendiri.

Kemudian, kamu bisa menyimpan tulisan itu di dalam toples berlabel "Perasaan Baik". Setiap kali merasa sedih dan benci, bacalah tulisan tersebut sebagai pengingat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat