uefau17.com

Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat, Ketahui Tips Melatihnya - Hot

, Jakarta Cara mengetik 10 jari merupakan salah satu metode mengetik cepat di keyboard komputer. Kemampuan mengetik menggunakan kedua tangan dan kesepuluh jari tersebut dikenal dengan keterampilan mengetik 10 jari. Dengan cara mengetik 10 jari kamu bisa menggunakan keyboard komputer secara efisien.

Cara mengetik 10 jari membutuhkan beberapa latihan dan posisi jari yang benar. Cara mengetik 10 jari biasanya diajarkan kepada pengetik terlatih untuk membantu mereka mengetik dengan cepat. Orang yang terampil mengetik 10 jari akan bisa mengetik dengan cepat tanpa melihat keyboard-nya.

Jika cara mengetik 10 jari ini diterapkan secara rutin, kamu telah mengembangkan keterampilan mengetik dengan sentuhan dua tangan melalui memori otot. Dengan cara mengetik 10 jari pekerjaanmu akan terlihat lebih profesional.

Berikut cara mengetik 10 jari, manfaat dan cara melatihnya, dirangkum Liptan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (30/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat belajar cara mengetik 10 jari

Menggunakan metode 10 jari memiliki beberapa keuntungan yang meningkatkan pekerjaan harian dengan komputer. Keterampilan mengetik 10 jari biasanya disyaratkan oleh pemberi kerja untuk hampir setiap pekerjaan karena mereka membantu pekerjanya menjadi lebih produktif dengan peningkatan fokus pada pekerjaan. Berikut beberapa manfaat cara mengetik 10 jari:

Kecepatan

Dengan menggunakan cara 10 jari secara tidak sadar kamu dapat meningkatkan kecepatan mengetik secara signifikan. Dengan kata lain kamu akan menghemat waktu untuk mengetik.

Efisiensi

Karena kamu tidak perlu berfokus lagi untuk menekan satu tombol, kamu dapat berkonsentrasi pada teks yang kamu tulis. Kamu tidak perlu bolak-balik lagi melihat keyboard dan layar, otakmu menjadi lega dan dapat bekerja lebih efisien.

Postur tubuh yang baik

Bolak balik melihat keyboard dan layar mendukung postur tubuh yang tidak sehat di tempat kerja. Dengan menggunakan cara mengetik 10 jari, kamu tidak perlu terus-menerus melihat keyboard. Ini membantu kamu duduk tegak dan dalam posisi yang baik.

3 dari 6 halaman

Dasar cara mengetik 10 jari

Konsep dasar pengetikan cepat adalah meletakkan kesepuluh jari di beberapa kunci keyboard. Jari kiri ditempatkan pada kunci A, S, D dan F. Jari kanan berada pada kunci J, K, L dan titik koma. Sementara kedua jempol ada di bilah spasi.

Kamu bahkan dapat menemukan posisi kunci tanpa melihat keyboard. Tombol F dan J, tempat jari telunjuk ditempatkan, memiliki tonjolan kecil. Ini membantumu bisa merasakan di mana harus meletakkan jari telunjuk, sisa jarimu kemudian bisa disesuaikan.

Ketika sepuluh jari ini ditempatkan di bilah kunci. Tiap jari punya tugas masing-masing untuk menekan bilah-bilah lain yang sudah ditentukan.

4 dari 6 halaman

Posisi jari tangan kanan

Berikut posisi jari tangan kanan dalam cara mengetik 10 jari:

- Telunjuk: Jari telunjuk harus di letakkan pada tombol huruf J, H, U, Y, M, N, 7 dan 8

- Tengah: Jari tengah Bertugas menekan huruf K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 9.

- Jari Manis: jari manis diletakkan pada huruf L, O, 0, dan titik (.).

- Kelingking: Jari kelingking diletakkan pada tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku { } / [ } , garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen), alt serta Shift dan Ctrl kanan.

- Jempol: Jari jempol fokus pada spasi. Khusus yang ini baru digunakan kalau salah satu dari jari kiri yang terakhir kali menekan tombol. Jadi prinsip kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri.

5 dari 6 halaman

Posisi jari tangan kiri

Berikut posisi jari tangan kiri dalam cara mengetik 10 jari:

- Telunjuk: Jari telunjuk sebelah kiri berfungsi untuk mengetik huruf F, R, V, G, T, B, angka 6 dan 5.

- Tengah: Jari tengah sebelah kiri digunakan untuk huruf D, E, C, dan angka 4.

- Manis: Jari manis digunakan untuk huruf S, W, X, dan 3.

- Kelingking: Sedangkan kelingking sebelah kiri diletakkan pada hurud A, Q, Z, 1, 2, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.

- Jempol: Adapun jempok diletakan pada menekan pada spasi.

Jika jari di tangan kanan yang terakhir menekan tombol maka jempol kiri yang digunakan menekan spasi dan demikian sebaliknya.

6 dari 6 halaman

Cara mengetik 10 jari dengan cepat

Berikut adalah beberapa tip berguna untuk meningkatkan keterampilan cara mengetik 10 jari:

Fokus pada penempatan jari

Teknik yang kamu gunakan untuk mengetik selalu berperan besar dalam peningkatan kecepatan dan akurasi. Posisi tangan dan penempatan jari harus tepat jika kamu ingin mulai meningkatkan keterampilan mengetik 10 jari.

Cobalah untuk tidak melihat keyboard

Kamu perlu mencoba mengetik menggunakan 10 jari tanpa melihat keyboard. Ini memang dapat membuat lebih banyak kesalahan pada awalnya. Namun, seiring waktu, ini akan menjadi trik luar biasa untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi, meningkatkan keterampilan mengetik 10 jari.

Terus berlatih

Latihan membuat segalanya sempurna, termasuk terutama dalam hal mengetik. Ini karena mengetik sebagian besar bergantung pada memori otot dan otot-otot tersebut memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan teknik baru. Semakin banyak kamu berlatih, semakin cepat kamu jago dalam mengetik 10 jari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat