uefau17.com

15 Makanan dan Minuman Khas Bali Paling Terkenal, Lezat dan Menyegarkan - Hot

, Jakarta Mencicipi makanan dan minuman khas Bali seperti menjadi sebuah keharusan. Berkunjung untuk menghabiskan waktu berlibur atau singgah sebentar kurang pas rasanya jika tidak mencicipi sajian kuliner khas Pulau Dewata ini. 

BACA JUGA: VIDEO: Turis Inggris Dianiaya dengan Balok Kayu dan Dirampok di Pantai Batu Bolong Kuta Utara

Layaknya destinasi wisata lainnya, Bali menyimpan segudang makanan dan minuman khas Bali. Uniknya sajian makanan dan minuman khas Bali tidak terlepas dari sentuhan adat atau peninggalan sejarah.

Bukan hanya lezat dan menyegarkan, kamu akan merasakan sensasi berbeda ketika menikmati makanan dan minuman khas Bali. Mulai dari cita rasanya yang sangat kaya, khasiat bagi kesehatan tubuh, serta pemandangan alam yang menemani santap kuliner mu.

Berikut kumpulan makanan dan minuman khas Bali yang telah rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Makanan dan Minuman Khas Bali

Nasi Jinggo

Makanan dan minuman khas Bali pertama yang bisa kamu cobain adalah nasi jingo. Makanan khas Bali ini mirip dengan nasi kucing. Makanan tersebut dibungkus daun pisang.

Isinya berupa satu kepal nasi putih, daging ayam suwir, tempe goreng, mie goreng dan sambal yang ekstra pedas. Nasi jinggo tergolong sebagai street food di Bali. Kamu bisa menemukan pedagang makanan ini di pinggir-pinggir jalan.

Sate Lilit

Sate lilit merupakan makanan khas Bali yang sangat populer. Tidak seperti sate-sate pada umumnya, sate lilit dibuat dengan cara melilitkan daging cincang pada batang daun serai dan dibalur dengan bumbuh rempah khas Bali.

Sate lilit menawarkan rasa yang khas. Daging yang digunakan bukan hanya daging ayam, bisa daging babi atau ikan tenggiri. Bagi kamu yang mencari makanan khas Bali halal bisa memilih sate lilit daging ayam atau ikan tenggiri.

3 dari 8 halaman

Makanan dan Minuman Khas Bali

Lawar

Lawar merupakan teman setia segala lauk pauk di setiap makanan khas Bali. Makanan khas Bali ini terbuat dari sayur-mayur seperti kacang panjang, nangka, dan parutan kelapa, lalu dicampur dengan bumbu khas Bali.

Bagi kamu yang mencari makanan khas Bali halal bisa memilih Lawar kuwir (berisi daging entog) atau lawar ayam. Pastikan untuk memilih lawar putih yang menggunakan dengan santan.

Nasi Tepeng

Makanan dan minuman khas Bali berikutnya adalah nasi tepeng. Makanan khas Bali ini disajikan cukup lembek bahkan teksturnya mirip seperti bubur. Nasi tepeng dilengkapi dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut.

Untuk lauknya ada suwiran ayam goreng dan telur. Rasanya semakin khas karena disajikan di atas daun pisang. Apalagi ditambah dengan siraman bumbu rempah-rempah ala Bali, menambah kelezatan nasi tepeng satu ini.

4 dari 8 halaman

Makanan dan Minuman Khas Bali

Tipat Blayag

Makanan khas Bali ini mirip dengan lontong sayur. Tipat Blayag terdiri dari tipat (Basa Bali untuk ketupat), telur, ayam suwir, lawar, kacang kedelai, kerupuk kulit ayam dan sambal yang kemudian disiram dengan kuah bersantan dengan bumbu rempah khas bali yang rasanya gurih dan sedikit manis, seperti kari.

Tipat Blayag adalah makanan khas Bali dari daerah Buleleng (Singaraja), Bali Utara. Tipat Blayag sangat mudah ditemui di Singaraja atau rumah-rumah makan berlabel Singaraja yang ada di Kuta dan Denpasar.

Lak-lak

Makanan yang satu ini merupakan kue serabi khas Bali. Dimasak menggunakan kendi tradisional di atas api besar. Ukurannya sedikit lebih kecil daripada serabi yang sering ditemui di pulau Jawa dan cara penyajiannya pun sedikit berbeda.

Jika kue serabi biasa disajikan dengan kuah gula merah yang dicampur santan, kalau makanan khas Bali ini disajikan dengan taburan parutan kelapa lalu disiram dengan sirup gula merah.

 

5 dari 8 halaman

Makanan dan Minuman Khas Bali

Bagiak

Makanan khas Bali ini sangat populer di kalangan wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Bagiak hadir dalam berbagai rasa seperti kacang, jahe, kayu manis serta susu dan sangat nikmat disantap bersama secangkir kopi hangat. Camilan ini terbuat dari tepung sagu yang adonannya dibuat menjadi bulat panjang, sebesar jempol orang dewasa.

Serombotan

Makanan khas Bali ini mirip dengan urap. Serombotan sedikit berbeda dengan urap, karena disajikan dengan berbagai sayuran, seperti bayam, kangkung, kacang panjang, buncis, taoge, terong bulat dan pare.

Sajian khas kabupaten Klungkung ini juga dibumbui rempah-rempah khas, antara lain kunyit tumbuk, kencur, lengkuas dan dipadukan dengan bumbu kacang pedas. Makanan khas Bali bisa disantap sendiri atau bersama tipat atau nasi.

6 dari 8 halaman

Makanan dan Minuman Khas Bali

Es Kuwet

Bukan hanya makanan khas, Bali juga memiliki minuman khas yang sudah sangat terkenal. Salah satunya adalah es kuwet. Minuman ini mirip dengan es campur.

Perpaduan antara beberapa jenis buah dengan kelapa, seperti belewah dan biji selasih. Minuman khas Bali ini sangat mudah ditemukan dan cocok buat suasana Bali yang panas.

Es Daluman

Makanan dan minuman khas Bali berikutnya adalah es daluman. Es daluman sebenarnya dikenal dengan nama es cincau. Daluman adalah cincau hijau yang memiliki khasiat untuk memperlancar buang air besar.

Biasanya es daluman disajikan dengan siraman gula merah, kuah santan, dan juga es batu. Kamu bisa menemukan kesegaran es daluman ini di setiap rumah makan yang menjual makanan khas Bali.

7 dari 8 halaman

Makanan dan Minuman Khas Bali

Es Tambring

Minuman khas Bali yang satu ini benar-benar hanya bisa kamu jumpai di Bali saja. Es tambring merupakan es kelapa muda yang dicampur dengan gula jawa, putih telur ayam kampung, serta asam jawa. Kalau kamu melihat campuran pada minuman ini pasti terdengar aneh.

Namun siapa sangka, minuman ini sangat istimewa dan menyegarkan. Selain segar, minuman khas Bali ini bisa bantu mengobati panas dalam dan penyakit seputar pencernaan.

Es Loloh Jamu ala Bali

Loloh dalam bahasa Bali berarti jamu. Namun Loloh ini berbeda dari jamu pada umumnya. Minuman khas Bali yang satu ini memiliki rasa pedas, manis, asam, dan asin yang tercampur menjadi satu.

Tak banyak orang juga yang menyebut minuman ini dengan Loloh Cemcem karena mengandung daun Cemcem. Minuman ini dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah dan melancarkan pencernaan, serta baik juga untuk ibu menyusui.

8 dari 8 halaman

Makanan dan Minuman Khas Bali

Es Bir

Minuman khas Bali yang satu ini berbeda dengan namanya. Walaupun namanya bir, ternyata tidak ada campuran bir atau alkohol sedikitpun di dalamnya. Es bir ini merupakan salah satu minuman khas Bali berupa campuran antara kelapa muda dan perasan jeruk nipis.

Minuman ini sudah sangat terkenal, apalagi di kalangan turis. Wajib kamu coba saat berkunjung ke Bali. Cocok dengan nuansa Bali yang terik.

Tuak

Penikmat minuman beralkohol, pasti sudah enggak asing dengan yang namanya tuak. Tuak merupakan salah satu minuman beralkohol atau minuman keras yang berasal dari Indonesia.

Di Bali tuak sangat terkenal, khususnya di kalangan wisatawan mancanegara. Minuman khas Bali ini terbuat dari fermentasi beras, nira, atau buah yang mengandung gula lainnya.

Arak Bali

Bukan hanya tuak, ada minuman dengan nuansa sejenis yang khas Bali, yaitu Arak Bali. Minuman khas Bali ini bisa dibilang sekelas dengan wine. Arak Bali terbuat dari hasil penyulingan kelapa. Kandungan alkohol pada Arak Bali ini cukup tinggi, jadi bisa memberikan efek mabuk yang luar biasa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat