uefau17.com

Penyebab Jerawat di Leher dan Cara Mengatasinya Secara Alami - Hot

, Jakarta Penyebab jerawat di leher bisa dipengaruhi oleh kebersihan leher dan rambut ataupun efek dari konsumsi obat-obatan. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman, sehingga kamu juga menjadi kurang percaya diri. 

Jerawat di leher bisa diobati dengan obat-obatan maupun menggunakan bahan alami. Kamu bisa memilih obat-obatan seperti Benzoil peroksida, Asam salisilat, hingga sulfur atau perawatan alami seperti madu, teh hijau, hingga cuka apel.

Penyebab jerawat di leher dan cara mengatasinya secara alami bisa kamu terapkan di rumah. Beberapa bahan alami memang ampuh digunakan sebagai cara mengatasi jerawat. Namun, tentunya akan lebih efektif jika kamu langsung berkonsultasi dengan dokter agar lebih aman.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/3/2020) tentang penyebab jerawat di leher

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Jerawat di Leher

Penyebab jerawat di leher tidak jauh berbeda dengan jerawat yang biasanya terjadi di wajah, yaitu meningkatnya produksi minyak atau penumpukan sel-sel kulit mati ataupun bakteri pada pori-pori kulit. Dalam hal ini tentunya di pori-pori kulit leher.

Berikut beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab jerawat di leher:

- Leher tidak bersih

- Obat dan pengobatan tertentu.

- Hormon yang berubah.

- Stres.

- Diet atau perubahan pola makan.

- Riwayat keluarga dengan kulit berjerawat.

- Produk kosmetik yang sedang digunakan.

- Rambut, pakaian, syal, atau scarf yang digunakan di area leher.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Jerawat di Leher Secara Alami

Berbagai penyebab jerawat di leher tentunya bisa kamu hindari. Namun, jika jerawat sudah terlanjur muncul di leher, kamu bisa menggunakan obat-obatan dan beberapa bahan alami untuk mengatasinya.

Walaupun belum terlalu teruji efektivitasnya, tidak ada salahnya mencoba menggunakan bahan alami yang aman. Namun, untuk lebih amannya lagi, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terkait perawatan yang ingin kamu terapkan.

Berikut beberapa bahan alami yang dipercaya mampu mengatasi jerawat di leher:

Madu dan Kayu Manis

Cara mengatasi jerawat di leher yang pertama adalah dengan menggunakan madu dan kayu manis. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu dan kayu manis mampu mengatasi peradangan dan mengatasi jerawat di leher. Hal ini disebabkan karena kedua zat tersebut memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri.  

Cara menggunakannya, cukup mengoleskan campuran 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis bubuk ke leher yang berjerawat.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Jerawat di Leher

Teh Hijau

Teh hijau juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di leher. Teh hijau kaya akan antioksidan yang dipercaya mampu melawan perkembangan bakteri dan mengurangi peradangan.

Caranay menggunakannya, oleskan teh hijau yang sudah diseduh selama 3-4 menit ke kulit leher. Hal ini dipercaya dapat mengurangi jerawat.

Cuka Apel

Bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi jerawat di leher selanjutnya adalah cuka apel. Cuka apel yang memiliki sifat asam yang dipercaya dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, bahkan mengurangi risiko munculnya bekas luka.

Untuk mengatasi jerawat dengan cuka apel, kamu bisa mengoleskan campuran cuka apel dan air ke leher. Namun, jika memiliki kulit yang sensitif, berhati-hatilah dalam menggunakan bahan ini karena dapat menimbulkan iritasi.

Walaupun bukanlah sesuatu yang berbahaya, kamu perlu untuk lebih memperhatikan perawatannya. Setidaknya kamu harus selalu menjaga kebersihan leher agar tidak menjadi penyebab jerawat di leher ini.

Jika jerawat di leher tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsulltasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat