uefau17.com

Apa yang Dimaksud dengan Ikhtiar? Pahami Pengertian, Bentuk dan Contoh Perilakunya - Hot

, Jakarta Apa yang dimaksud dengan ikhtiar? Ikhtiar merupakan istilah dalam bahasa Arab yang berarti "usaha" atau "berupaya". Dalam konteks agama dan spiritualitas, ikhtiar merujuk pada tindakan aktif, yang dilakukan oleh individu untuk mencapai tujuan atau mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Apa yang dimaksud dengan ikhtiar? Dapat dipahami bahwa ikhtiar melibatkan tindakan nyata, dan kesungguhan hati dalam meraih tujuan, baik itu dalam bidang pendidikan, pekerjaan, hubungan interpersonal, atau aspek spiritual. Hal ini mencakup perencanaan yang matang, usaha yang sungguh-sungguh, ketekunan, dan konsistensi dalam menjalankan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Pada dasarnya, apa yang dimaksud dengan ikhtiar mencerminkan keyakinan, bahwa manusia harus berusaha semaksimal mungkin dengan segala kemampuan dan sumber daya yang dimilikinya. Namun, seseorang juga diharapkan untuk meletakkan hasil dari ikhtiar tersebut sepenuhnya dalam kehendak Tuhan. Dalam Islam, ikhtiar sangat ditekankan sebagai bagian integral dari iman dan kehidupan Muslim. 

Berikut ini arti ikhtiar yang rangkum dari berbagi sumber, Rabu (31/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Ikhtiar sesuai Al-Quran

Apa yang dimaksud dengan ikhtiar? Menurut istilah bahasa, kata ikhtiar berasal dari bahasa arab yaitu ikhtara – yakhtaru yang artinya memilih, satu akar dengan kata “khair” dengan demikian arti ikhtiar adalah memilih mana yang lebih baik di antara yang ada. Ikhtiar juga diartikan berusaha, karena pada hakikatnya orang yang berusaha berarti memilih. Dalil Al-Qur’an yang mengandung perintah ikhtiar, baik yang berhubungan dengan perkara dunia maupun akhirat terdapat dalam surat Ar-Ra’d ayat 11:

"Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia." (Ar-Ra’d ayat 11).

Ikhtiar adalah usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan dalam hidupnya, baik material, spiritual, kesehatan dan masa depannya agar tujuan hidupnya selamat sejahtera dunia dan akhirat. Ikhtiar juga dilakukan dengan sungguh-sungguh, sepenuh hati, dan semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan dan keterampilannya, tetapi bila usaha gagal hendaknya tidak berputus asa. 

Al-Qur'an surat Al-Jumu’ah ayat 10

"Apabila telah di tunaikan shalat, maka bertebarlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia allah dan ingatlah allah banyak-banyak supaya kamu beruntung" (QS. Al-Jumu’ah 10). 

Ikhtiar artinya berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Dalam pandangan Islam, Ikhtiar adalah hal-hal yang diperintahkan oleh Allah, yang mengacu pada ayat dalam Al Quran, surat Ar-Rad ayat 11:

Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

3 dari 4 halaman

Pentingnya Ikhtiar dalam Kehidupan

Dikutip dari Jurnal FITRA STAI Tapaktuan, arti ikhtiar dari segi bahasa adalah “usaha atau bekerja”. Sedangkan jika ditinjau dari segi istilah, usaha (ikhtiar) adalah suatu upaya sungguh-sungguh dengan memberdayaka seluruh pemikiran dan zikir, untuk dapat mengaktualisasikannya atau menampakkan arti dirinya sebagai hamba Allah SWT, dan juga menempatkan dirinya bagian dari masyarakat yang terbaik (khaira ummah).

Bagi seorang muslim, dalam berusaha haruslah mempunyai visi dan misi yang jelas, yakni tidak bekerja asal-asalan. Tapi pandangan seperti tersebut sungguh sangat jelas tertanam dengan sangat kokohnya dalam diri setiap pribadi Muslim, sehingga ia akan membuat suatu perencanaan, bahwa setiap pekerjaan harus dilaksanakan dengan penuh semangat dan antusias.

Dalam Al-Qur’an, banyak ayat yang mengisyaratkan agar manusia berusaha (ikhtiar) dalam kehidupannya. Sebagaimana firman Allah Swt, berbunyi:

"Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah Swt dan ingatlah Allah Swt banyak-banyak supaya kamu beruntung." (Q.S., al-Jum’āh: 10).

Dari keterangan ayat di atas, dapat dipahami bahwa Allah SWT menyuruh manusia untuk tampil berusaha (ikhtiar), sebagai pekerja dalam rangka menggapai keberuntungan hidup di dunia ini, di samping tidak meninggalkan atau mengabaikan amalan untuk kesiapan hidup di akhirat nantinya, salah satunya dengan cara mendekatkan diri kepada-Nya.

Al-Qur'an surat al Kahfi ayat 23-24

"Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan terhadap sesuatu: “Sesungguhnya aku akan mengerjakan itu besok”, kecuali (dengan menyebut): “Insya-Allah”. Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: “Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini" (Q.S. al Kahfi:23-24).

Al-Qur'an surat Ar-Ra’du ayat 11

"Sesungguhnya allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri" (QS. Ar-Ra’du:11).

 

 

 

4 dari 4 halaman

Bentuk dan Contoh Perilaku Ikhtiar

Mengutip dari laman an-nur, hampir disetiap waktu mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi manusia melakukan ikhtiar kehidupan, diantara bentuk-bentuk ikhtiar yaitu :

  1. Bekerja keras, dan tidak menggantungkan nasibnya pada orang lain.
  2. Rajin belajar, walaupun tidak ada tugas dari Gurunya.
  3. Memiliki sikap perwira, sehingga disukai banyak teman.
  4. Semangat dalam melakukan pekerjaannya.
  5. Tidak pernah putus asa dalam menghadapi kesulitan

Sebagai seorang muslim di wajibkan untuk senantiasa berikhtiar sekuat tenaga dan sekuat kemampuanya. setelah dia berikhtiar maka dia harus menyerahkan segala usahanya kepada Allah SWT. Contoh-contoh ihktiar yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali, karena Allah Swt memberi kebebasan untuk manusia berikhtiar dengan syarat tidak melanggar syariat Allah SWT. Adapun contoh perilaku membiasakan diri berikhtiar diantaranya:

  1. Giat dan bersemangat dalam berusaha
  2. Tekun dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan terhadap dirinya
  3. Pandai memanfaatkan waktu senggangnya untuk hal-hal yang positif
  4. Tidak mudah putus asa apabila menghadapi kesulitan.Jeli melihat peluang. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat