uefau17.com

10 Cara Menggunakan Baking Soda untuk Cerahkan Ketiak - Hot

, Jakarta Warna ketiak bisa berubah menjadi gelap karena beberapa alasan. Area kulit yang gelap dapat terjadi ketika sel pigmen di kulit berkembang lebih cepat dari biasanya. Ini bisa terjadi akibat pencukuran rutin, penumpukan sel kulit mati, iritan kimia, dan kondisi kesehatan lain.

Meski bukan kondisi serius, warna ketiak yang gelap bisa menurunkan kepercayaan diri. Beberapa cara alami bisa membantu mencerahkan ketiak. Salah satu bahan untuk mencerahkan ketiak adalah baking soda.

Meski tidak memiliki efek pemutih, baking soda bisa membantu mengangkat sel kulit mati penyebab kulit menghitam. Dengan memadukan bahan alami lainnya, baking soda bisa membantu mencerahkan ketiak.

Namun, penggunaan baking soda untuk ketiak juga perlu berhati-hati. Karena bersifat abrasif, bahan ini tidak boleh digunakan pada kulit sensitif. Penggunaannya pun cukup satu sampai dua kali seminggu. Berikut cara menggunakan baking soda untuk cerahkan ketiak, dirangkum dari Stylecraze, Selasa(25/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara menggunakan baking soda untuk ketiak

Baking soda dan air

Cara menggunakan baking soda untuk ketiak ini paling sederhana. Campurkan 2 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan air. Sesuaikan jumlah air hingga membentuk konsistensi pasta. Oleskan campuran tersebut ke ketiak dan pijat sebentar. Biarkan selama 25-30 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan 2 kali seminggu.

Baking soda dan alpukat

Alpukat membantu melembapkan kulit, mencegah kulit kering ketika menggunakan baking soda. Campurkan 2 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan alpukat yang telah dihaluskan dan setengah sendok teh air lemon yang telah dilarutkan dengan air.

Jika konsistensinya terlalu kental, tambahkan beberapa tetes air mawar hingga membentuk pasta halus. Oleskan pada ketiak sambil dipijat lembut. Biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan 2 kali seminggu.

3 dari 6 halaman

Cara menggunakan baking soda untuk ketiak

Baking soda dan maizena

Tepung maizena kerap digunakan sebagai pereda iritasi kulit seperti sengatan matahari dan alergi kulit. Mencampurkannya dengan baking soda bisa membantu menenangkan kulit ketiak. Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan maizena dan 1 sendok teh jus timun.

Campurkan semua bahan sampai membentuk pasta kental. Aplikasikan pada ketiak dan biarkan hingga kering. Bilas dengan air dingin. Lakukan 2 sampai 3 kali seminggu.

Baking soda dan minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki efek anti peradangan dan menjaga kelembapan kulit. Asam lemak rantai menengah yang ditemukan dalam minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba yang melindungi kulit dari bakteri berbahaya.

Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan minyak kelapa secukupnya hingga membentuk pasta kental. Aplikasikan pada ketiak dan gunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Diamkan selama 15 menit atau sampai kering. Bilas dengan air dingin. Lakukan 2 sampai 3 kali seminggu.

4 dari 6 halaman

Cara menggunakan baking soda untuk ketiak

Baking soda dan susu

Susu memiliki efek mencerahkan pada kulit. Menggunakannya bersama baking soda bisa mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan susu secukupnya hingga membentuk pasta kental. Aplikasikan pada ketiak dan lakukan scrubbing lembut selama beberapa menit. Diamkan hingga kering dan bilas dengan air suam kuku. Lakukan 2 sampai 3 kali seminggu.

Baking soda dan air lemon

Lemon memiliki efek pencerah pada kulit. Air lemon secara alami mengandung vitamin C, antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerusakan kulit dan penuaan dini.

Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan air lemon yang telah dilarutkan dengan air. Campurkan hingga membentuk pasta. Oleskan pada ketiak dan pijat selama beberapa menit. Diamkan sampai mengering kurang lebih 20 menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan 2 kali dalam seminggu.

5 dari 6 halaman

Cara menggunakan baking soda untuk ketiak

Baking soda dan timun

Timun terdiri dari 96% air. Menggunakan jus timun bisa membantu melembapkan kulit ketiak dan mencegah penggelapan kulit. Mentimun juga dapat menenangkan kulit, mengurangi bengkak dan kemerahan.

Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan jus timun segar. Aplikasikan pada ketiak, diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air suam kuku. Lakukan 3 kali seminggu.

Baking soda dan madu

Madu dikemas dengan antioksidan alami dan sifat anti-mikroba. Madu membantu melindungi, memperbaiki, dan mencegah kerusakan kulit.

Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan madu. Tambahkan beberapa tetes air mawar jika konsistensinya terlalu kental. Oleskan pada ketiak, biarkan mengering selama 20 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan 3 kali seminggu.

6 dari 6 halaman

Cara menggunakan baking soda untuk ketiak

Baking soda dan cuka sari apel

Asam malat dalam cuka sari apel dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dalam lapisan kulit terluar. Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan cuka sari apel yang sudah dilarutkan air hingga membentuk pasta kental. Oleskan pada ketiak dan pijat sebentar. Biarkan mengering selama 15-20 menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Baking soda dan tomat

Tomat bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Tomat kaya akan vitamin C, A, B, dan kalium yang baik untuk kesehatan kulit. Campurkan 1 sendok makan baking soda dan 1 sendok makan jus tomat sampai membentuk pasta. Oleskan pada ketiak dan pijat beberapa saat. Diamkan 20-30 menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat