uefau17.com

10 Manfaat Sorgum untuk Kesehatan, Bisa Jadi Pengganti Nasi - Hot

, Jakarta Pernahkah Anda mendengar nama Sorgum? Sorgum merupakan salah satu jenis tanaman serelia yang memiliki bentuk seperti biji-bijian. Manfaat sorgum juga menjadi salah satu dari lima bahan makanan pokok bersama dengan padi, jagung, kedelai, dan gandum. 

Budidaya tanaman sorgum juga banyak diminati karena memiliki biaya perawatan yang cenderung mudah dan terjangkau. Bahkan, sorgum juga dapat ditanam secara tumpangsari dengan kedelai, tembakau, kacang tanah, dan padi gogo. Selain itu, sorgum juga dapat ditanam secara monokultur. Sorgum ini sangat menguntungkan bagi petaninya karena memiliki tingkat produktivitas yang tinggi, hal ini lantaran sekali tanam sorgum dapat dpanen hingga lebih dari satu kali.

Sorgum juga banyak dibudidayakan sebagai alternatif pengganti beras. Sorgum dinilai rendah gula dan baik untuk kesehatan terutama bagi penderita penyakit diabetes. Selain itu, manfaat sorgum juga baik lainnya untuk tubuh.

Berikut ini merupakan ulasan mengenai manfaat sorgum untuk kesehatan yang ternyata dipercaya dapat mencegah penyakit diabetes hingga kanker, dirangkum dari berbagai sumber oleh , Senin (2/10/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Sorgum untuk Kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Seperti halnya tanaman jenis serelia yang lainnya, manfaat sorgum merupakan salah satu pilihan terbaik untuk memperoleh serat makanan. Dalam sorgum, mengandung banyak serat sehingga bisa memperlancar fungsi pencernaan tubuh secara keseluruhan dan menjaga saluran pencernaan terhindar dari sembelit.

2. Kaya antioksidan

Saat ini, antioksidan merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terlebih lagi dengan adanya partikel radikal bebas yang berkeliaran di luar sana. 

Dalam tanaman sorgum ternyata mengandung phytochemical yang bermanfaat sebagai antioksidan dalam tubuh. Sebuah studi mengungkapkan lapisan dedak dari sorgum memiliki jumlah antioksidan yang jauh lebih tinggi dari buah-buahan seperti blueberry dan stroberi. 

Dengan mengonsumsi sorgum, maka kita dapat memperoleh antioksidan yang tinggi darinya. Sehingga mampu memperlambat penuaan dini, mengurangi risiko penyakit kanker, jantung, diabetes tipe II, dan berbagai penyakit lainnya.

3. Nilai gizi tinggi

Manfaat sorgum yang sudah diolah menjadi bahan makanan pokok pengganti nasi ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu dalam sorgum juga mengandung berbagai nutrisi seperti kalsum, kalium, magnesium, fosfor, dan lain sebagainya. Semua nutrisi tersebut merupakan zat-zat yang diperlukan tubuh untuk menjadi sumber energi sehari-harinya.

 

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Sorgum untuk Kesehatan

4. Menghambat kanker

Dilansir dari sebuah studi, ternyata rutin mengonsumsi sorgum dalam jumlah tertentu bisa menurunkan risiko terkena paparan kanker. Fitokimia yang ada dalam sorgum memiliki sifat penghambat kanker, terutama kanker saluran pencernaan dan kanker kulit.

5. Mencegah penyakit celiac

Penyakit celiac merupakan alergi yang disebabkan oleh gluten, hal ini biasanya ditemukan pada produk yang berbahan dasar gandum. Penyakit celiac dapat menyebabkan peradangan, mual dan kerusakan sistem pencernaan. Bagi penderita penyakit ini, maka manfaat sorgum bisa menjadi bahan makanan pokok alternatif. 

6. Meningkatkan Energi

Senyawa vitamin B6 yang dikenal sebagai niacin ditemukan dalam tanaman sorgum. Senyawa ini dapat membantu mengubah makanan menjadi energi yang berguna bagi tubuh. Proses ini dapat memetabolisme nutrisi menjadi energi dan menjaganya sepanjang waktu.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sorgum untuk Kesehatan

7. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang tengah menjalani program diet, maka sorgum ini sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini lantaran manfaat sorgum memiliki konsentrasi serat makanan yang tinggi jika dibandingkan jenis-jenis tanaman serelia lainnya.

Dengan kandungan serat yang tinggi, membuat tingkat rasa kenyang yang dirasakan menjadi bertahan lebih lama. Hal ini juga mempengaruhi nafsu makan yang dimiliki. Sehingga, dengan mengonsumsi sorgum secara rutin dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Dalam satu porsi sorgum mengandung lebih dari 12 gram atau ikut andil berkontribusi sekitar 48% dari asupan serat yang direkomendasikan setiap hari.

8. Baik untuk kesehatan jantung

Konsentrasi serat tinggi yang dimiliki oleh sorgum ternyata bisa mebantu untuk menurunkan kadar kadar LDL atau kolestrol jahat dalam tubuh sehingga mengurangi risiko serangan jantung. Sifat-sifat penurun kolesterol pada sorgum juga mengurangi kemungkinan terhambatnya aliran darah, arteriosklerosis, dan pembentukan plak. 

9. Membantu mengontrol gula darah dalam tubuh

Gula darah yang tinggi seringkali menjadi permasalahan umum bagi orang yang berusia lanjut, namun ternyata hal ini sekarang juga menghantui orang-orang usia muda. 

Manfaat sorgum dapat membantu mengontrol gula darah yang di mana setiap sorgum masuk dalam tubuh akan dicerna secara lambat, sehingga mendorong peningkatan gula darah secara bertahap.

10. Baik untuk kesehatan tulang

Selain berbagai manfaat di atas, ternyata sorgum juga mengandung magnesium yang tinggi. Kadar magnesium ini dapat membantu menjaga kalsium, yang di mana kalsium adalah makanan utama bagi tulang. Dengan kata lain magnesium meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

Selain itu, kosumsi sorgum yang sudah diolah menjadi bahan makanan dibarengi dengan susu sangatlah baik untuk pertumbuhan anak. Selain menguatkan kesehatan tulang, manfaat sorgum juga sumber energi yang baik karena mengandung konsentrasi serat yang tinggi.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat