uefau17.com

3 Cara Menghitung Berat Badan Ideal untuk Pria dan Wanita Dewasa, Mudah Dilakukan - Hot

, Jakarta Cara menghitung berat badan ideal tidaklah sulit. Berat badan ideal merupakan tanda tubuh sehat. Berat badan berlebih atau kurang dapat memengaruhi risiko seseorang terkena sejumlah kondisi kesehatan. Ini sebabnya penting mengetahui cara menghitung berat badan ideal.

Ada banyak cara menghitung berat badan ideal yang bisa dilakukan.

Cara menghitung berat badan ideal yang paling populer dan bisa dihitung dengan mudah adalah penghitungan indeks massa tubuh (IMT) atau Body mass index (BMI). Cara menghitung berat badan ideal yang juga sering digunakan adalah dengang penghitungan Broca.

Cara menghitung berat badan ideal bisa membantumu mengetahui berat badan yang sehat. Cara menghitung berat badan ideal ini berlaku bagi orang dewasa, pria maupun wanita. Berikut cara menghitung berat badan ideal, dirangkum dari berbagai sumber, Rabu(24/02/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara menghitung berat badan ideal dengan indeks massa tubuh

Indeks massa tubuh (IMT) atau body mass index (BMI) adalah cara menghitung berat badan ideal dengan menghitung perkiraan lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan. IMT dapat membantu menentukan apakah seseorang memiliki berat badan yang sehat atau tidak sehat.

IMT yang tinggi yang tinggi bisa jadi tanda terlalu banyak lemak di tubuh, sedangkan IMT yang rendah bisa jadi tanda terlalu sedikit lemak di tubuh. Makin tinggi IMT, semakin besar peluang untuk mengembangkan kondisi serius tertentu, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Sementara IMT yang sangat rendah juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk pengeroposan tulang, penurunan fungsi kekebalan, dan anemia.

Saat ini banyak aplikasi atau situs yang bisa membantu mengukur IMT. Kamu juga bisa mengukur sendiri IMT dengan rumus yang sudah ada.

3 dari 6 halaman

Rumus cara menghitung berat badan ideal dengan IMT

Cara menghitung berat badan ideal dengan IMT dilakukan dengan rumus tersendiri. Cara menghitung berat badan ideal ini berlaku bagi pria ataupun wanita berusia 20 tahun ke atas. Berikut rumus cara menghitung berat badan ideal dengan IMT:

IMT = Berat badan : (tinggi badan (m) x tinggi badan (m))

Contohnya:

Seorang pria memiliki berat badan 50 kg dengan tinggi badan 1.60 m. Maka cara menghitung IMT-nya adalah:

IMT = 50 : (1.60 x 1.60)

= 50 : 2.56 = 19.53 Indeks massa tubuh pria tersebut adalah 19.53. Lalu idealkah IMT ini?

Dalam perhitungan IMT terdapat beberapa indikator berat badan ideal. Indikator ini meliputi:

1. IMT antara 18.5 sampai 24.9 merupakan berat badan normal atau ideal.

2. IMT dibawah 18.5 dikategorikan sebagai kekurangan berat badan.

3. IMT di antara 25.0 – 29.9 termasuk kelebihan berat badan atau bisa disebut pre-obesitas.

4. IMT di antara 30-34,9 termasuk obesitas tingkat I.

5. IMT di antara 35-39,9 termasuk obesitas tingkat II.

6. IMT lebih dari 40 termasuk obesitas tingkat III.

4 dari 6 halaman

Cara menghitung berat badan ideal dengan formula Broca

Selain IMT, ada cara menghitung berat badan ideal dengan dengan formula Broca. Formulai ini dikembangkan pada tahun 1871 oleh Pierre Paul Broca, seorang dokter, ahli bedah, dan antropolog Perancis (1824-1880). Awalnya, rumus Broca digunakan untuk menghitung berat badan normal tetapi kemudian diperluas menjadi Berat Badan Ideal.

Awalnya rumus Broca adalah Tinggi badan (cm) - 100. Hasil pengurangan ini adalah berat badan normal, namun itu bukanlah yang ideal. Rumus kemudian dikembangkan untuk mendapatkan berat badan ideal pria dan wanita.

Cara menghitung berat badan ideal dengan formula Broca terbagi menjadi dua, untuk perempuan dan laki-laki. Rumus ini menggunakan pengukuran tinggi badan.

5 dari 6 halaman

Cara menghitung berat badan ideal dengan formula Broca

Rumus cara menghitung berat badan ideal dengan formula Broca adalah:

Perempuan: {tinggi badan (cm) - 100} - {[tinggi badan (cm) - 100] x 15%}

Laki-laki: {tinggi badan (cm) - 100} - {[tinggi badan (cm) - 100] x 10%}

Contohnya seorang wanita memiliki tinggi badan 165, maka cara menghitung berat badan ideal wanita itu dengan cara:

(165-100) – {(165-100) x 15%} = 65 – 9.75 = 55,25

Maka berat badan ideal wanita tersebut adalah 55,25 kg.

Contoh lain, seorang pria memiliki tinggi badan 180 cm. Maka cara menghitung berat badan idealnya dengan rumus Broca adalah:

(180-100) – {(180-100) x 10%} = 80 - 8 = 72

Maka berat badan ideal pria tersebut adalah 72 kg.

6 dari 6 halaman

Cara menghitung berat badan ideal dengan rasio pinggang-pinggul

Rasio pinggang-pinggul adalah salah satu dari beberapa pengukuran yang dapat digunakan dokter untuk melihat apakah seseorang kelebihan berat badan atau tidak. Rasio pinggang-pinggulmengukur rasio lingkar pinggang dengan lingkar pinggul. Ini menentukan berapa banyak lemak yang disimpan di pinggang, pinggul, dan bokong.

Rumus rasio pinggang-pinggul adalah: Lingkar pinggang : lingkar pinggul

Kamu bisa melakukan cara menghitung berat badan ideal ini di rumah dengan langkah berikut:

1. Berdiri dan bernapas dengan normal. Kemudian buang napas dan gunakan pita pengukur untuk mengukur inci di sekitar pinggang, yang merupakan bagian terkecil di atas pusar. Angka ini adalah lingkar pinggang.

2. Kemudianukur di sekitar bagian terbesar dari pinggul dan bokong. Angka ini adalah lingkar pinggul.

3. Bagilah lingkar pinggang dengan lingkar pinggul untuk mendapatkan nilai rasio pinggang-pinggul.

Rasio yang sehat untuk wanita adalah 0,85 atau kurang. Untuk pria, ini 0,9 atau kurang. Rasio pinggang-pinggul yang lebih tinggi dari 1 dapat menunjukkan peningkatan risiko kelebihan berat badan.

Contohnya seorang wanita memiliki lingkar pinggang 38 inci dan lingkar pinggul 46 inci. Cara menghitungnya adalah 38 : 46 = 0.82. Jadi wanita tersebut dapat dikatakan memiliki berat badan ideal.

Contoh lainnya, seroang pria memiliki lingkar pinggang 49 inci dan lingkar panggul 55 inci. Cara menghitungnya adalah 49 : 55 = 0.89. Jadi pria tersebut dapat dikatakan memiliki berat badan ideal.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat